#11 BUKU BAGUS BELUM TENTU LARIS - AHMAD RIFA'I RIF'AN

Yang perlu anda ketahui, dalam dunia  perbukuan, buku laris belum tentu bagus, dan buku bagus belum tentu laris. Banyak buku 'receh' yg larisnya minta ampun, karena penulisnya punya massa, followernya banyak, atau strategi marketing yg wow.

Fenomena ini bisa anda amati dengan mudah ketika menyaksikan buku-buku yang best seller di Indonesia. Yang menentukan adalah selera pembaca di Indonesia. Jadi tentukan target pembaca kita. Besarkan pangsa pembaca kita.

Lalu apa hubungannya dengan strategi agar buku kita bisa dipastikan terbit? Tentu saja hubungannya dekat sekali. Sebagian besar penerbit adalah sebuah bisnis atau perusahaan.

Sebagaimana dalam dunia bisnis, motif utama tentu saja bagaimana agar bisnis mereka bisa menghasilkan profit. Nah, profit dalam usaha penerbitan adalah ketika buku yang diterbitkan bisa terjual dengan oplah besar. Ketika buku yang diterbitkan itu laris, maka industri ini akan terus eksis.

Maka kawan-kawan yang hendak mengajukan naskah ke penerbit, karena sebagian besar penerbit buku di negeri ini adalah sebuah industri yang profit oriented, maka tunjukkan potensi pasar dari buku yang kita tulis. Ketika redaksi menerima sebuah naskah untuk diterbitkan, mereka akan mempertimbangkan, buku yang dicetak ribuan eksemplar ini nantinya bisa diserap pasar atau tidak. Karena jika tidak, maka modal melayang. Sementara buku-buku hanya terpajang sejenak di toko buku, untuk kemudian diretur ke penerbit karena nggak ada peminat. 

Kalau penerbitnya besar, itu mungkin tak terlalu bermasalah, karena kerugian akibat tak lakunya buku kita masih terbantu oleh meledaknya buku yang lain. Tapi bagi penerbit yang modalnya masih kembang kempis, jebloknya penjualan buku kita bisa berakibat fatal. Banyak penerbit yang gulung tikar akibat salah memprediksi pasar.

Kalo targetnya adalah penerbit yang motif utamanya profit, ya sudah, hasilkan ide yang fresh, yang kira-kira bakal diminati oleh banyak kalangan. Yakinkan naskah kita punya pasar yg luas. Kalo punya komunitas besar, baik online maupun offline, sampaikan. Itu untuk membuat penerbit yakin dg naskah kita.

Selain itu, pelajari sifat-sifat buku yang bener-bener best seller, darisana kita akan tahu dimana kesamaan buku yg laris. Tapi nanti tentang trik best seller akan kita bahas di materi tersendiri.

(Ahmad Rifa'i Rif'an, Griya Menulis Indonesia)
_______________________
SERI LENGKAP MATERI KEPENULISAN AHMAD RIFA'I RIF'AN
#1 MATERI KEPENULISAN AHMAD RIFA'I RIF'AN
#2 TEKNIK MENEMUKAN DAN MENENTUKAN IDE - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#3 RISET SEBELUM MENULIS - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#4 TIPS MEMBUAT OUTLINE - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#5 DRAFTING DAN WRITING - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#6 MACAM-MACAM TEKNIK MENULIS - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#7 MACAM-MACAM TEKNIK MENULIS 2 - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#8 TRIK MENYUSUN DAFTAR ISI YANG MENARIK - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#9 TAHAP EDITING - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#10 TAHAP PUBLISHING - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#11 BUKU BAGUS BELUM TENTU LARIS - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#12 ADA APA DENGAN PENERBIT INDIE? - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#13 ADA APA DENGAN PENERBIT INDIE? 2 - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#14 MENULIS BUKU DALAM 10 HARI - AHMAD RIFA'I RIF'AN
#15 Q & A TENTANG KEPENULISAN - AHMAD RIFA'I RIF'AN
Semoga Bermanfaat :)

0 Response to "#11 BUKU BAGUS BELUM TENTU LARIS - AHMAD RIFA'I RIF'AN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel