Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TEKS MC PERNIKAHAN ISLAMI

Card MC teks pernikahan Islami design with canva

Alhamdulillah, beberapa waktu yang lalu, saya bersama rekan saya diberikan kesempatan untuk memandu acara penting dalam hidup sahabat-sahabat saya tercinta. Beberapa respon positif saya dapatkan setelah membawakan acara pernikahan tersebut, sampai-sampai ada yang meminta teks MC Pernikahan Islami yang kami bacakan. Atas pertimbangan itu pula, saya berniat membagikan teks MC ini kepada teman-teman sekalian, tentunya dengan ijin kedua mempelai. Besar harapan kami, Teks MC ini bisa dimanfaatkan dengan baik, baik untuk acara pernikahan teman-teman, atau saat teman-teman mendapatkan amanah untuk menjadi MC pernikahan.

Sepengetahuan saya pribadi tidak ada aturan baku dalam membawakan acara pernikahan, yang paling penting adalah disesuaikan dengan adat masyarakat setempat. Penting juga saat hendak membawakan acara lakukan pengumpulan data terlebih dahulu baik seputar pernikahan yang akan digelar maupun rekam jejak kedua calon mempelai. Jadi teks MC Pernikahan Islami berikut bisa dirubah sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Berikut teks MC lengkapnya.

Pernikahan Ari Purwanti dan Kusmanto


Selamat datang kami ucapkan kepada rombongan mempelai pria, keluarga besar Almarhum Bapak Sukardi dan Ibu Tukiyah di kediaman mempelai wanita, keluarga besar Bapak Sarmin dan Ibu Jamiah. Semoga Rahmat Allah Swt selalu menyertai bapak dan ibu beserta rombongan pada pagi hari ini.

Senang sekali dan menjadi kehormatan bagi kami, atas kedatangan keluarga Almarhum Bapak Sukardi dan Ibu Tukiyah yang sudah kami tunggu-tunggu, sekali lagi kami ucapkan selamat datang, dan kami  persilahkan untuk menempati tempat duduk yang telah disediakan.

Rasa syukur yang tiada terhingga yang telah menginjinkan kita semua hadir menyaksikan acara ijab dan qobul nya Ari Purwanti dengan Kusmanto. Semoga acara proses akad nikah mereka berdua berjalan dengan lancar.

Bapak ibu hadirin yang berbahagia, kami haturkan untuk menikmati hidangan yang telah disediakan, mohon maaf kami mengingatkan, harap membaca Basmallah dan menggunakan tangan kanan saat hendak menikmati hidangan.

“Pernikahan adalah ibadah, dan setiap ibadah bermuara pada cinta-nya sebagai tujuan. Sudah sewajarnya setiap upaya meraih cinta-Nya dilakukan dengan penuh suka-cita”. 

Berikut akan kami bacakan riwayat hidup dari kedua calon mempelai,

“Calon mempelai wanita, Ari Purwanti dalam keseharianya biasa dipanggil dengan Ari, lahir pada tanggal 03 April 1996 di Desa Adi Luhur Kecamatan Panca Jaya Kabupaten Mesuji. Ari adalah anak ke 4 dari pasangan Bapak Sarmin dan Ibu Jamiah. Riwayat pendidikannya berawal di SDN 1 Adi Luhur, selanjutnya bersekolah di SMPN 1 Panca Jaya, lalu melanjutkan di SMKN 1 Simpang Pematang dengan Jurusan Bisnis Menejemen Akuntansi, setelah lulus dari jenjang sekolah menengah kejuruan, lalu iapun melanjutkan pendidikanya di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung di Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi tepatnya pada Jurusan Menejemen Dakwah. Aktifitas yang ditekuni saat ini ialah, ia bangga sebagai seorang pendidik di SMKN 1 Simpang Pematang, dengan harapan ilmu yang pernah ia raih bisa bermanfaat untuk mempersiapkan generasi di masa yang akan datang.”

Selanjutnya akan saya bacakan riwayat hidup calon mempelai pria.

“Calon mempelai pria bernama Kusmanto, lahir di Semuli Raya, Lampung Utara pada tanggal 16 Maret 1996 dari pasangan bpk. Sukardi (alm) dan Ibu Tukiyah, pendidikan yang pernah ia lalui diantaranya SDN 2 Gedung Boga, MTs Darul Ulum Mukti Karya, SMKN 1 Simpang Pematang lalu melanjutkan ke jenjang sarjana di kampus Universitas Lampung pada Fakultas Hukum Konsentrasi Ilmu Hukum Tata Negara. Semasa dikampus, ia pernah mewakili provinsi Lampung dalam ajang ASEAN Islamic Student Summit di Kuala Lumpur, Malaysia dan mendapatkan penghargaan best paper atau penulis karya ilmiah terbaik dibidang sosial dan humaniora. Saat ini ia beraktifitas dilingkungan pendidikan, sebagai kepala SDIT Bina Insani Mesuji, mendedikasikan diri untuk Mesuji.”

Bapak ibu, serta hadirin yang berbahagia sebentar lagi, acara akan kita mulai.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera untuk kita semua,
Tabikpun…, Tabik Oiy...,

Yang kami hormati
Bapak Suharman (Kepala Desa Adi Luhur) beserta jajarannya
Keluarga Besar Bapak Sarmin dan Ibu Jamiah dari calon mempelai wanita
Keluarga besar almarhum Bapak Sukardi dan Ibu Tukiyah beserta rombongan dari calon mempelai pria
Tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama Desa Adi Luhur
Keluarga besar SMKN 1 Simpang Pematang dan SD IT Bina Insani Mesuji
Panitia acara serta hadirin sekalian

Alhamdulillah, alhamdulillahi robbil 'alamin wabihi nasta'inu ala umuriddunya waddin wa'ala 'alihi washahbihi ajma'in. Amma ba'du.  

Puja, marilah kita panjatkan kepada Allah Yang Maha Kuasa. Puji, marilah kita panjatkan kepada Allah Yang Maha Suci. Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, yang tak pilih kasih dan tak pilih sayang. Segalanya dikasihi dan disayangi. Atas kasih dan sayangnya pada hari ini, Senin, 28 Desember 2020 kita semua bisa bertatap wajah dan bertemu pandang dalam rangkaian acara prosesi akad nikah antara Ari Purwanti dengan Kusmanto.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia,
Daun-daun tak akan mungkin terjatuh jika tidak ada yang menggerakan. Debu-debu beterbangan tak akan mungkin terjadi jika tidak ada yang menggerakkan. Ombak yang menggulung lautan pun tak akan terjadi jika tidak ada yang menggerakkan. Begitu pun dengan pertemuan kita pada pagi hari ini, tak akan mungkin terjadi jika tidak ada yang menggerakkan. Maka sudah sepantasnya kita awali dengan rasa syukur karena atas izin allah-lah kita bisa bergerak lalu berjumpa di pagi hari yang penuh dengan kedamaian ini.

Sholawat serta salam, semoga senantiasa tercurah limpah kepada sosok teladan yang membawa perubahan besar bagi dunia, sosok yang akan selalu menjadi panutan dan rahmat bagi semesta yakni baginda Nabi Muhammad Saw. Beliau adalah contoh bagi umat manusia. Dan sesaat lagi akan segera diselenggarakan satu acara yang telah beliau contohkan yaitu prosesi akad nikah.

Kami ucapkan selamat datang kepada keluarga besar calon mempelai pria, bapak ibu tamu undangan, sahabat, kerabat, keluarga tercinta, keluarga terkasih, dan tamu-tamu kehormatan yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Terimakasih atas kehadiran anda, terimakasih atas dukungan, semangat, dan doa restunya kepada calon kedua mempelai.

Hadirin yang kami hormati, perkenankanlah saya Debi Pranata dan rekan saya Siti Kurnia akan memandu serangkaian acara akad nikah hingga akhir nanti. Dan untuk mengawali kebersamaan yang indah kita pada pagi hari ini, marilah kita bersama-sama membuka akad nikah ini dengan mengucap basmallah. Bismillahirrokhmaanirrokhiim.

Selanjutnya, agar acara akad nikah pada hari ini semakin mendapat keberkahan dari Allah SWT kita akan dengarkan bersama terlebih dahulu pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dibacakan oleh saudara kami Arjun Bayu Pratama. Kepada kami silakan. ---[tilawah]--- kami sampaikan terimakasih kepada saudara Arjun Bayu Pratama. Semoga ayat suci yang dilantunkan membawa keberkahan untuk kita semua.

Bapak ibu hadirin yang berbahagia, untuk mengetahui lebih dalam terkait kedatangan dan tujuan rombongan dari calon pengantin pria, akan kita simak bersama sambutan penyerahan dari pihak calon pengantin pria yang akan disampaikan oleh bapak Ahang Suyanto, S.Ag.  Kepada bapak kami persilakan.  ---[sambutan]--- terimakasih bapak Ahang Suyanto, S.Ag atas sambutannya.

Bapak ibu hadirin yang berbahagia, sungguh niat yang sangat mulia sudah terdengar jelas dari sambutan penyerahan pihak calon pengantin pria. Selanjutnya akan kita simak dan dengarkan bersama sambutan penerimaan dari pihak calon pengantin wanita yang akan disampaikan oleh Bapak Suharman. Kepada bapak kami persilakan. ---[sambutan]--- terimakasih bapak Suharman atas sambutannya.

Alhamdulillah, sudah kita simak bersama sambutan dari kedua keluarga. Insyaaallah tujuan sudah bulat dan tekadpun sudah mantab. Selanjutnya, sebagai tanda cinta dari keluarga calon pengantin pria, akan ada seserahan secara simbolis yang akan diberikan oleh ibunda dari Kusmanto kepada ibunda dari Ari. Kepada ibunda dari Kusmanto dan juga Ari kami udangan untuk maju kedepan.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia, kini tiba saatnya pada acara yang paling ditunggu-tunggu khususnya oleh calon mempelai yaitu akad nikah antara Ari Purwanti dengan Kusmanto. Kami persilahkan calon mempelai pria, orang tua atau wali beserta saksi dari calon mempelai pria, orang tua atau wali beserta saksi dari calon mempelai wanita, dan bapak petugas PPN Desa Adi Luhur untuk mengambil tempat yang telah disediakan.

Akad nikah merupakan sebuah ikrar yang luar biasa. Langit ikut bergema dan malaikat turun mendoakan sepasang insan yang mengucap ijab kabul. Agar proses akad nikah bisa berjalan dengan khidmat, kami menghimbau agar semuanya bisa mengikuti dengan khusyu’, mengkondisikan alat komunikasnya dalam kondisi silent. 

Kemudian, kami juga mengingatkan kepada rekan-rekan sekalian yang ingin mendokumentasikan akad nikah untuk tidak terlalu dekat dengan prosesi, agar semua hadirin yang ada disini bisa menyaksikan prosesi akad nikah dengan jelas.

Lalu ketika ijab sudah terucap, kami ajak bapak ibu dan hadirin sekalian bersama-sama mengucapkan hamdallah seraya berdoa, “Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair”.

Prosesi akad nikah yang dilanjutkan dengan doa akan langsung dipandu Oleh Bapak Pegawai Pencatat Nikah (PPN) Desa Adi Luhur Kecamatan Panca Jaya. Kepada bapak kami persilakan.

Acara sungkeman [SUNGKEMAN]

Bapak ibu serta hadirin tamu undangan yang berbahagia, acara demi acara telah kita lalui bersama, tibalah kita dipenghujung acara yakni penutup. Untuk menutup acara resepsi pernikahan Ari Purwanti dan Kusmanto pada hari ini, marilah bersama-sama kita tutup dengan mengucapkan bacaan hamdallah. Alhamdulillahirobbil’alamiin.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada bapak ibu hadirin sekalian atas dukungan, doa, dan restunya kepada kedua mempelai hari ini, sesudah acara ini hadirin dan tamu udangan sekalian kami persilahkan untuk menikmati hidangan yang telah kami sediakan.

Saya Siti Kurnia dan rekan saya Debi Pranata mohon maaf apabila ada kesalahan, kami mohon pamit undur diri kami akhiri, wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.


Kredit:
- Teks MC oleh Kusmanto dan Debi Pranata
- dalam acara pernikahan Ari Purwanti dan Kusmanto
- Senin, 28 Desember 2020
- Design MC card with canva
- MC by Debi Pranata dan Siti Kurnia

8 comments for "TEKS MC PERNIKAHAN ISLAMI"

  1. teks mc nya Bagus. Trimakasih. Sangat brmanfaat

    ReplyDelete
  2. Barangkali nanti sebagai referensi, izin download ya.. teksnya bagus, insyaAllah ini sangat membantu yg sedang membutuhkan. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh-boleh. Senang bisa membantu. Terimakasih kembali ya :)

      Delete
  3. Trima kasih atas teks MCnya sangat bermanfaat bagi kami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga lancar acaranya, dan bisa dijadikan referensi di hari-hari bahagia selanjutnya.

      Delete
  4. awesome post, keep continue blogging brooo!!! sinaumedia

    ReplyDelete