Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TEKS SUNGKEMAN ACARA PERNIKAHAN

Pernikahan Ari Purwanti dan Kusmanto


Sungkeman adalah salah satu tradisi adat jawa. Duduk bersimpuh dihadapan orang tua maupun orang-orang terkasih lainnya. Biasanya sungkeman bertujuan untuk memohon maaf juga meminta restu. Selain acara pernikahan, sungkeman biasanya dilakukan saat lebaran idul fitri. Teks sungkeman acara pernikahan ini bukan lah sesuatu yang baku. Teman-teman bisa merubahnya sesuai dengan kondisi. Lebih dalam pencarian data yang dilakukan, maka feel nya akan lebih dapet. 

Sejauh yang saya ketahui, teks sungkeman acara pernikahan ada beberapa jenis dilihat dari sudut pandangnya. Ada yang dibacakan MC tapi menggunakan sudut pandang orang pertama. Kalau teks sungkeman acara pernikahan yang akan saya berikan ini menggunakan sudut pandang orang kedua. Kalian boleh mengeditnya sesuka hati kalian. Langsung saja, berikut teks sungkeman acara pernikahan.

TEKS SUNGKEMAN ACARA PERNIKAHAN

ARI DAN KUSMANTO, SILAHKAN UNTUK DATANG BERSIMPUH KEPADA IBUNDAMU, MOHONLAH RESTU KEPADA IBUMU, SEKIAN TAHUN YANG LALU IA MELAHIRKAN DAN KEMUDIAN  MENGASUH, SEMBILAN BULAN LAMANYA IA MENGANDUNGMU, MELAHIRKANMU BERJUANG ANTARA HIDUP DAN JUGA MATI. IA MEMBESARKANMU DENGAN PENUH KASIH DAN SAYANG, KETIKA KAU BAYI BELIAU MENYUSUI DAN MEMBELAIMU. KETIKA KAU KECIL, BELIAU MEMANDIKAN DAN MENGURUSMU, KETIKA KAU PULANG SEKOLAH, BELIAU MENYIAPKAN MAKAN DAN MINUMMU, BAHKAN SAMPAI MENCUCI DAN MENYETRIKA BAJU-BAJUMU. MOHONLAH RIDHO, MOHONLAH MAAF, DAN MOHONLAH AMPUNANNYA. ORANG INILAH YANG PALING RAJIN MENGINGATKAN DAN MENEGURMU SEMATA-MATA KARENA RASA SAYANGNYA KEPADAMU. RASAKANLAH GETARAN ENERGI CINTA YANG MENGALIR DERAS KETIKA MENGINGAT BETAPA BANYAKNYA PENGORBANAN YANG TELAH IA LAKUKAN UNTUKMU. MOHONLAH RESTU KEPADA IBUNDAMU, AGAR DAPAT MENGARUNGI BAHTERA RUMAH TANGGA, YANG SAKINAH MAWADAH WAROHMAH.

SILAHKAN ARI DAN KUSMANTO UNTUK DAPAT MENUJU KE AYAHANDA MASING-MASING. ARI DAN KUSMANTO SILAHKAN BERSIMPUH KEPADA AYAHMU MOHONLAH DOA DARINYA. TATAPLAH AYAHMU, SELAMA INI IA MEMBESARKANMU TANPA LELAH DENGAN PENUH KASIH DAN SAYANGNYA. PERHATIKANLAH AYAHMU, GENGGAMLAH TANGANNYA. SADARLAH BETAPA BADAN YANG DULU KEKAR DAN GAGAH ITU KINI SEMAKIN TUA DAN RINGKIH. BETAPA KERUT MARUT MULAI TERPAHAT DIWAJAHNYA. TANGAN YANG HANGAT NAMUN MULAI TERASA KERIPUT KARENA LELAH BERJUANG UNTUK DIRIMU. ORANG INILAH YANG SETIAP HARI BEKERJA KERAS UNTUK KESEJAHTERAAN ANAK-ANAKNYA. ORANG INILAH YANG RELA MELAKUKAN APA SAJA ASAL PERUTMU KENYANG DAN PENDIDIKAN KALIAN BERJALAN DENGAN LANCAR. SEKARANG MOHON AMPUNLAH ATAS SEGALA KEKHILAFAN DAN KESALAHAN SERTA MOHONLAH DOA RESTU ATAS BABAK BARU PERJALANAN HIDUPMU INI. MINTALAH NASIHAT DAN BIMBINGANNYA SEHINGGA ARI DAN KUSMANTO DAPAT MENJALANI KEHIDUPAN PERNIKAHAN YANG SAKINAH MAWADAH WAROHMAH.

ARI DAN KUSMANTO, MOHONLAH RIDHO MAAF DAN JUGA AMPUNANNYA, MEREKALAH YANG BERJASA MEMBESARKAN PENDAMPING HIDUPMU. HARGAILAH DAN HORMATILAH SELAYAKNYA ORANGTUAMU SENDIRI. AYAHANDA DAN IBUNDA, TERIMALAH ARI DAN KUSMANTO SELAYAKNYA PUTRA DAN PUTRIMU SENDIRI. BIMBINGLAH KEDUANYA UNTUK DAPAT BERBAKTI DAN SALING MEMBAHAGIAKAN. BERIKANLAH DOA RESTU BAGI KEDUANYA UNTUK MENGARUNGI BAHTERA RUMAH TANGGA YANG SAKINAH MAWADAH WAROHMAH.

DOWNLOAD TEKS SUNGKEMAN ACARA PERNIKAHAN DALAM FORMAT DOC

Acara pernikahan Ari Purwanti dan Kusmanto
Senin, 28 Desember 2020
Foto dokumentasi pribadi
MC by Debi Pranata dan Siti Kurnia



Post a Comment for "TEKS SUNGKEMAN ACARA PERNIKAHAN"