Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

REGULASI SARANA DAN PRASARANA KANTOR

 

Kantor, baik itu kantor swasta maupun milik pemerintah mempunyai kewajiban untuk menyediakan sarana dan prasarana yang layak untuk menunjang untuk aktivitas pekerjanya. Penyediaan layanan antar jemput bagi karyawan merupakan kendaraan wajib yang harus disedaikan untuk meminimalisir kecelakaan dijalan saat berangkat ataupun pulang kerja. Dengan tersedianya antar jemput, karyawan dapat menjaga kesehatannya dengan baik karena terhindar kelelahan. Karyawan juga dapat menghemat biaya akomodasi. Selain peraturan mengenai atarjemput, layanan apa saja yang disediakan oleh perusahaan bagi pekerjanya? Bagaimana oemerintah membuat terkait aturan-aturan terkait hal tersebut? Mari kita pelajari pelajaran berikut ini untuk menjawab dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

PENGERTIAN REGULASI

Regulasi merupakan tata aturan atau peraturan tertentu yang digunakan oleh masyarakat dalam melakukan suatu kegiatan. Pembuatan regulasi dapat membantu mengendalikan kegiatan organisasi agar berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan yang telah disepakati. Tujuan pembuatan regulasi adalah untuk mengendalikan manusia atau masyarakat dalam batasan-batasan tertentu.

Regulasi dalam bidang saran dan prasarana kantor telah diatur dalam undang-undang berikut.

  1. Permen PAN-RB No. 48 Tahun 2013 tentang Standar Sarana dan Prasarana Kantor di Lingkungan Kemen PAN-RB
  2. Permendagri No. 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah
  3. Permendagri No. 7 Tahun 2006 tentang Standarisasi Sarana dan Prasarana Kerja Pemerintah Daerah
Silahkan klik tiap-tiap permen untuk melihat isinya berupa pdf.

Sumber: 
- Buku Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasana untuk SMK/MAK Kelas XI - Sri Endang R, Suyetti, Sri Mulyani.
- Ciptakarya.pu.go.id
- bpkp.go.id
- jdih.menpan.go.id

1 comment for "REGULASI SARANA DAN PRASARANA KANTOR"

  1. Dengan basa-basi lagi, mari lanjutkan dan unduh android emulator alternatif Bluestacks dengan peringkat terbaik di PC Anda

    ReplyDelete