Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH INSTRUMEN LEMBAR VALIDASI PRODUK PENELITIAN R&D LENGKAP FORMAT DOC


Salam sejahtera untuk kita semua,
Instrumen penelitian merupakan alat yang digunakan untuk mencari/mengetahui data dari sebuah penelitian atau sejenisnya. Menjadi penting keberadaannya, karena dari instrumen yang digunakanlah bisa menjadi salah satu indikator valid atau tidaknya penelitian yang telah dilakukan. Jika proses pembuatan, pencarian data melalui intrumen, langkah-langkah yang digunakan benar, maka besar kemungkinan juga penelitian yang dilakukan sudah memenuhi kaidah/valid.

Salah satu jenis penelitian yang sedang HITS akhir-akhir ini yakni Research and Development atau yang lebih dikenal dengan sebutan RnD. Tujuan akhir dari penelitian ini adalah menghasilkan produk baru atau bisa juga mengembangkan produk yang sudah ada. Pada penelitian ini Instrumen penelitian berupa lembar validasi produk digunakan. Penentuan ragam dan jumlah validator bergantung jenis produk yang dihasilkan.

Sebagai contoh, dalam tugas akhir S1 saya mengambil jenis penelitian RnD, mengembangkan sebuah mobile apps untuk media pembelajaran, dengan judul lengkap skripsi saya:

PENGEMBANGAN MOBILE APPS ANDROID DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERNUANSA ISLAM UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

Skripsi lengkap bisa temen-temen baca di Repositor UIN Raden Intan Lampung/5174

Intrumen penelitian berupa lembar validasi yang saya pilih ketika itu adalah Ahli materi, Ahli Media, dan Ahli agama, serta angket respon oleh siswa.

Bagi temen-temen yang sedang membutuhkan lembar instrumen, silahkan bisa unduh melalui link dibawah ini, format .doc yang bisa temen-temen revisi sesuai kebutuhan. Sebagai peneliti yang beretika mohon tetap mencantumkan judul penelitian yang telah saya lakukan pada lembar daftar pustaka. Perlu saya informasikan lembar validasi ini saya adopsi dari penelitian Yuhan Futri Basya, mahasiswi UIN SUKA yang telah melakukan penelitian serupa pada tahun 2017. Kemudian lembar validasi saya revisi sesuai kebutuhan dibawah bimbingan dosen pembimbing skripsi Bapak Komarudin, M.Pd dan Ibu Farida, S.Kom., MMSI.

PENTING!
Petunjuk DOWNLOAD: KLIK PADA TULISAN
Jangan panik jika setelah klik yang muncul koding data xml.
Format file XML doc dibuat demikian agar bisa beradaptasi dengan semua versi microsoft word yang digunakan (alias agar tidak berantakan). Tips: gunakan laptop/komputer untuk mendapatkan performa terbaik, download, kemudian open, baru file akan terbaca. Atau bisa juga didownload dihp dulu setelah itu dipindah kelaptop untuk membuka.


Semoga bermanfaat. Saya doakan untuk temen-temen yang lagi garap skripsi semoga Allah mudahkan proses pengerjaannya, dihindarkan dari rasa malas, dan disegerakan menggapai gelar sarjana dengan predikat terbaik. Aamiin.

Sumber gambar: Pixabay.com

Post a Comment for "CONTOH INSTRUMEN LEMBAR VALIDASI PRODUK PENELITIAN R&D LENGKAP FORMAT DOC"