Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

GuruInovatif.id: PLATFORM BELAJAR ONLINE untuk GURU MERDEKA

“Every teacher needs to improve, not because they are not good enough, but because they can be even better.” And “THE BEST TEACHER NEVER STOP LEARNING.” - PLC

KENAPA GURU HARUS BELAJAR?

Tugas utama seorang guru adalah menjadi pengajar. Baik mengajarkan nilai-nilai kehidupan atau mengajarkan mata pelajaran yang ada di sekolah-sekolah. Namun, TIDAK BENAR ketika menjadi seorang pengajar, lantas guru berhenti untuk belajar.

Pernah tidak kita sebagai seorang guru merasa kesal dengan siwa yang kita ajar? Misal “Saya kesal dengan kelas itu, kalau dikasih tugas tidak pernah mengerjakan”, “Kelas itu rebut sekali, sampai saya pusing bagaimana menanganinya” dan permasalahan lain-lain yang kerap kali muncul di kelas. Kebanyakan guru membabi buta dan selalu menyalahkan siswa. Pokoknya yang salah siwa. Padahal kalau kita mau merefleksi diri sendiri sebagai seorang guru, jangan-jangan permasalahan itu muncul karena kurang kompetennya kita sebagai seorang guru.

Bukankah adanya akibat itu karena adanya sebab. Bukan tersebab siswanya belajar seenaknya berakibat guru menjadi kesal dan pusing dibuatnya. Tetapi, tersebab guru yang mengajar seenaknya berakibat pada gaya belajar siswa seenaknya susah dikontrol. Penting bagi kita untuk memperpanjang akar permasalahan, memperpanjang hubungan sebab akibat. Kalau seorang guru sudah mau mengakui kekurangan dirinya, maka haruslah ia mencari solusinya. Kalau kurang mengetahui tentang proses belajar mengajar menjadi kekurangannya, maka tiada cara lain selain belajar dan terus belajar untuk menutupi kekurangan itu.

Belajar adalah tugas manusia. Guru juga manusia bukan? Manusia yang juga komplit dengan segala kekurangannya. Saat berada di sekolah atau dihadapan murid, kita seolah harus tampil sempurna dan mempesona untuk mempertahankan kredibilitas gelar guru yang kita sandang. Tapi jangan lupa, sesempurna apapun kita pada saat aktifitas kita terekam oleh siswa, kita adalah manusia. Kalau semangat belajar kita menyelami ilmu pendidikan terus membara. Dampak baiknya bukan hanya kita yang merasakan, tapi instansi kita, dan yang terpenting siswa-siswi kita. Bapak/Ibu guru, kita memang manusia biasa, tapi kita akan menjadi manusia luar biasa dan dimuliakan oleh Tuhan dengan terus berusaha menjadikan anak didik kita menjadi sosok yang luar biasa pada bidang yang mereka suka.

Beberapa hal berikut menjadi alasan penting lainnya kenapa kita sebagai seorang guru harus belajar:

Pengetahuan yang semakin berkembang. Perkembangan ilmu pengetahuan di dunia ini sangat cepat sekali, belum ada satu windu, gaya belajar siswa sudah berubah, hal tersebut tentu menuntut seorang guru juga mengubah cara mengajarnya. Setidaknya ada dua bidang keilmuan yang harus seorang guru pelajari, yakni pengetahuan bidang keilmuannya dan pengetahuan pedagoginya. Hal tersebut harus berjalan beriringan. Semua penting. Apa jadinya jika seorang guru jenius dalam ilmu yang disampaikan tapi tidak memiliki skill bagaimana cara mendidik anak yang baik. Tentu kita sepakat bahwa pendidikan bukan sekedar transfer knowledge bukan?. Sebaliknya guru yang lihai berbagai metode dan cara mengajar tanpa memahami konsep dari konten yang diajarkan juga akan hambar dan susah dipahami oleh siswa materinya.

Berikutnya, yaitu karakter siswa yang terus berubah dari masa ke masa. Tidak bisa dipungkiri, cara kita belajar dulu pastilah berbeda dengan cara anak-anak hari ini belajar. Namun naasnya sering kali dengan atau tanpa sengaja para guru saat di kelas membandingkan jaman ia belajar dahulu dengan siswa yang sekarang. Siswa-siswa hari ini, juga harus dididik dengan cara kekinian.

Apa jadinya jika seorang guru berhenti belajar?

Jika seorang guru berhenti belajar, tentu hal tersebut dapat berdampak besar bagi pendidikan di Indonesia. “Ah, mana mungkin? Kedengarannya lebay”, Bapak/Ibu guru inovatif tahu bahwa guru memiliki peran penting dalam struktural suatu sistem kewilyahan.

Kita semua tahu bahwa hari ini Jepang adalah salah satu negara maju dan negara superpower di dunia ini. Ditahun yang sama dengan kemerdekaan negera Indonesia, kota Hirosima dan Nagasaki di Bom oleh tentara sekutu, hal itu menyebabkan Jepang porak poranda. Enam hari setelah kejadian itu, Kaisar Hirohito mulai berupaya membangun kembali bangsanya. Pertama, ia memerintahkan menteri pendidikan untuk menghitung berapa jumlah guru yang masih Jepang miliki. Tampak bahwa guru sangat diperhatikan pada kondisi genting ini.

Hari ini pandemi bukan hanya menjadi bencana bagi negara Indonesia, tetapi juga negara diseluruh dunia yang memberi dampak pada seluruh bidang, termasuk bidang pendidikan. Indonesia menyadari sejak dini, bahwa setelah pandemi akan membutuhkan banyak guru-guru kompeten yang bisa memajukan bangsa ini kedepannya. Salah satu upaya pemerintah untuk mempersiapkan guru yang kompeten adalah melalui kementerian keuangan dengan beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) jalur pendidik. Tidak hanya itu, melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan Indonesia juga sangat memperhatikan kebutuhan belajar guru, misalnya dengan program guru penggerak dan guru belajar.

Kedua hal tersebut sudah cukup menjadi dasar bahwa guru adalah profesi yang sangat penting dalam suatu sistem kewilayahan. Siswa-siswi yang lulus adalah produk dari olahan guru selama di kelas. Sebagai subyek guru bertanggungjawab secara penuh akan kualitas objek/produk yang akan dihasilkan dari proses belajar mengajar. Jika kualitas guru tidak ditingkatkan, selain perkembangan bidang pendidikan akan stagnan atau bahkan mengalami kemunduran, tentu hal ini akan beribas pada bidang-bidang lainnya.

Bersyukur saat ini sangat banyak sekali inovasi-inovasi dibidang pedidikan baik berupa komunitas ataupun platform yang memfasilitasi guru untuk terus mengupgrade kemampuan mengajarnya. Salah satu tempat belajar guru yang inovatif adalah platform online GuruInovatif.id.

GuruInovatif.id PLATFORMNYA GURU MERDEKA

GuruInovatif.id adalah platform online learning bersertifikat untuk guru. Platform GuruInovatif.id merupakan salah satu produk kelas online dari HAFECS. Apa itu HAFECS? Singkatnya HAFECS (Highly Functioning Education Consulting Service) adalah lembaga yang turut andil mendorong transformasi pendidikan di Indonesia melalui kualitas pengajaran para guru.

Bagaimana saya percaya bahwa HAFECS adalah lembaga yang kredibel? Lembaga ini tidak lahir secara konstan dan hasil coba-coba. HAFECS lahir melalui proses yang bisa dikatakan tidak singkat, berproses dengan serius. Dilahirkan melalui riset mendalam bertahun-tahun disebuah sekolah Islam berasrama di Kalimantan selatan. Lembaga ini beritikad baik untuk menyebarkan energi positif bagi guru-guru, praktisi pendidikan juga calon guru di Indonesia melalui berbagai programnya. Yuk cari tau lebih lanjut tentang HAFECS dengan klik gambar di bawah ini.

GuruInovatif.id memberikan banyak Pelatihan Guru secara online untuk siapapun yang tertarik dalam dunia pendidikan. Beberapa topik pelatihan tersebut antara lain:

MINI COURSE

  1. Membangun harga diri dan rasa tanggung jawab anak
  2. Peran kompetensi pedagogy & pentingnya literasi abad 21
  3. Cara mengajar efektif dengan PCK
  4. Tips mengajar efektif – kimia untuk SMA*
  5. Cara mengajar dengan contextual learning – kasus mapel kewarganegaraan untuk SMP
  6. Cara mengjaar efektif – matematika SMP*
  7. HOTS jenjang SMP/MTs/SMA/MA/SMK*
  8. 9 langkah mengajar efektif dikelas

PRODUCTIVITY COURSE

  1. Cara membuat ujian online menggunakan Google form
  2. Tutorial membuat absensi online
  3. Cara menerbitkan sertifikat online secara otomatis
  4. Teknik menggunakan animasi sederhana untuk materi siswa menggunakan powepoint
  5. Rumus-rumus dasar pembuatan excel bagi guru
  6. Cara menggunakan Google classroom untuk mengajar di kelas sekolah
  7. Cara menggunakan zoom untuk mengajar di kelas sekolah
  8. Cara merekam materi pembelajaran melalui screen recorder (OBS)

ONLINE CERTIFICATION

  1. PCK Matematika (SMP/MTs/SMA/MA/SMK)*
  2. Pengembangan profesionalisme guru di abad 21
  3. HOTS matematika*

Untuk online course bertanda bintang (*) tersedia juga berbagai jenis mapel/jenjang.

Topik pelatihan di atas jika kita perhatikan tentu topik yang relevan dengan kebutuhan guru saat ini. Guru Belajar Mengajar di GuruInovatif.id memberikan banyak sekali benefit. Selain pengetahuan dan wawasan yang semakin bertambah, Bapak/Ibu guru juga berhak mendapatkan sertifikat lengkap dengan alokasi jam yang telah dituntaskan, tentunya ini sangat berguna untuk sertifikasi guru. Proses pendaftaran dan pengoperasian ke LMS (Learning Management System) di GuruInovatif.id juga sangat mudah digunakan.

GuruInovatif.id yang digagas oleh HAFECS juga sejalan dengan program-program pemerintah khususnya kementerian pendidikan dan kebudayaan, jadi tidak perlu khawatir materi-materi yang didapatkan tidak bisa diimplementasikan jangka panjang di sekolah. Bapak/Ibu guru juga akan dilatih oleh trainer-trainer yang berpengalaman dan profesional.

Pembelajaran yang diajarkan tidak hanya berfokus pada konten based tetapi berfokus pada logic based. Hal tersebut tentu akan mempertajam program merdeka belajar oleh pemerintah dimana guru tidak lagi berfokus pada materi apa yang diajarkan, tapi juga berfokus pada bagaimana konten itu disampaikan dan membentuk alur berpikir siswa. Dengan begitu tidak hanya sekolah yang merdeka, tetapi siswa juga merdeka, terlebih gurunya.

Guru bisa mendesain pembelajaran sesukanya tanpa harus terpaku pada buku teks yang selama ini dilakukan oleh kebanyakan guru. Guru bisa leluasa menciptkan metode-metode baru sesuai karakteristik siswa di kelasnya. Guru lebih merdeka. Dalam menggunakan LMS GuruInovatif.id Bapak/Ibu guru juga diberikan banyak keluasan. Materi bisa dipelajari kapan saja, dan tugas bisa dikerjakan kapan saja tanpa terikat waktu asalkan tidak melewati deadline yang telah ditentukan.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja fitur yang ada di laman HAFECS silahkan simak video berikut ini.

Lalu, bagaimana cara mendaftar online course / membuat akun LMS di GuruInovatif.id? silahkan simak juga video berikut ini.

Pengalaman guru belajar mengajar di GuruInovatif.id

Saya Debi Pranata, S.Pd guru matematika di SMAN 01 Mesuji Timur. Belum genap 2 tahun saya mendapat gelar sarjana dan mengajar di sekolah tersebut. saya merasa belum bisa mengajar di kelas dengan baik. Tersebab hal itu, dan didukung jam terbang yang belum seberapa, saya berpikir perlu meningkatkan kompetensi saya sebagai seorang guru. Karena sepenuhnya saya sadar, bahwa saya mengemban tugas yang tidak mudah.

Meskipun saya tinggal di pedesaan ujung utara provinsi Lampung InsyaAllah saya akan terus mencintai dunia belajar mengajar, sesuai dengan tagline blog ini “learning lifestatic”. Mengajari anak didik saya, dan belajar untuk diri saya sendiri. Bersyukur HAFECS hadir melalui GuruInovatif.id memberikan saya kesempatan untuk terus belajar tanpa banyak mengorbankan ruang dan waktu, tanpa saya harus pergi kekota dan mencari pusat-pusat belajar untuk guru.

Webinar AKM 1 & 2 adalah salah satu program yang saya ikuti. Program itu memberikan saya pengalaman yang luar biasa, LMS yang dikembangkan mudah untuk dioperasikan. Beberapa kali saya berhalangan mengikuti sesi secara live di zoom meeting, tapi hal itu tidak membuat saya ketinggalan, saya tetap bisa mengikuti sesi tersebut dengan menyimaknya di recorder LMS. Dan hal lain yang tidak kalah penting adalah materi. Materi yang disampaikan padat dan runut sehingga mudah dipahami. Trainer yang menyampaikan materi juga menguasai materi dan mempunyai skill komunikasi yang bagus.

Artikel ini diiukutsertakan dalam blog competition sesi 1 “Peran GuruInovatif.id dalam Meningkatkan Mutu Kualitas Pengajaran Guru dan Pendidikan Indonesia” oleh GuruInovatif.id

Post a Comment for "GuruInovatif.id: PLATFORM BELAJAR ONLINE untuk GURU MERDEKA"