Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

#7 CATATAN HARIAN CPM XX - Pengumuman Penempatan


Abah Iwan, seorang musisi yang juga pencinta alam seyogyanya hadir ditengah-tengah kami malam hari itu. Memberi nasihat dengan lantunan syair yang dinyanyikannya. Katanya sering kali juga demikian, Abah Iwan selalu hadir dipelatihan Calon Pengajar Muda. Tapi, malam hari itu tersebab satu dan lain hal tidak bisa, sebagai pengganti ada Training manager pelatihan yang menyanyikan lagu beliau. Judulnya "mentari". Liriknya berisi semangat untuk menjajaki dan mengabdi pada negeri. Lagu itu, ternyata menjadi pengantar pengumuman penempatan.

Lilin menerangi potongan-potongan peta penempatan dititik yang tersebar di ruangan. Malam itu hujan rintik mengiringi penemuan tempat pengabdian. Seperti puzle kami harus mencari teman-teman untuk menggenapkan puzle peta itu, kesana kemari akhirnya kutemukan sekumpulan orang yang kusinyalir teman-temanku sebab memegang warna peta yang sama denganku.

Setelah tersusun, kami haru, bercampur aduk rasanya. Air mata tak kuasa terbendung, tumpah ruah sudah mengawali pertemuan itu. Setelah berbincang untuk saling menguatkan dengan kalimat-kalimat puitis bebas total yang kadang tak berima tapi tetap sarat akan makna. Hanya gambar sebuah pulau, potongan dari peta membuat bertanya-tanya daerah mana ini sebenarnya. Aku memilih diam tidak menebak dan mematok dugaan apapun itu.

Panitia sudah memasang kode warna beserta kabupaten penempatan, setelah kami buka bersama, kami membaca bersama-sama nama kabupaten yang tertera di dalamnya 'KONAWE'. Semakin pecah tangisnya, dan erat pegangannya, tapi tidak dengan hati ini.


Konawe adalah salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara. Jujur, kalau boleh berharap ini adalah tempat yang paling tidak aku inginkan untuk ditempatkan disana, karena aku berpikir sudah pernah ke Konawe Utara dan tahu kondisi serta suasanya. Sedangkal itu cara berpikirnya.

Selanjutnya aku bersama teman-teman mencari potongan kertas lagi yang ditempel didinding. Setelah kudapat, ada kartu sapaan disana. Pengajar Muda sebelumku bersama anak-anak berpose riang dikertas itu. Terbaca sekolah dan desa penempatan kami diajak untuk berhimpun secara terpisah tiap-tiap kelompok penempatan.

Konawe bersama kak Jes, diajak sharing seputar perasaan. Dari situ aku mulai sadar kalau ternyata selama proses pelatihan dan akan berlanjut selama penempatan akan sering membahas tentang perasaan. Sebab perasaan dapat merefleksikan disi secara mandiri maupun bersama.

Sesi selesai, bergegas aku mengabarkan kepada kedua orang tuaku. Responnya biasa aja, "oh Konawe, yang dulu pernah kamu kesana kan."

Tentang ketidakpuasanku akan daerah penempatanku berakhir sampai disitu. Berbanding seratus delapan puluh derajat. Bagaimana detailnya? Tunggu ceritaku selanjutnya ya,



Post a Comment for "#7 CATATAN HARIAN CPM XX - Pengumuman Penempatan"