Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

#3 CATATAN HARIAN CPM XX - Pekan Pelibatan Masyarakat

CPM XX bersama Tim Fasil
Pekan pelibatan masyarakat pelatihan intensif Calon Pengajar Muda XX merupakan salah satu pekan dari sekian pekan yang aku nantikan. Sebab, salah satu harapanku memilih jalan ini agar kelak bisa terlibat dimasyarakat maupun melibatkan masyarakat untuk berdampak baik yang lebih besar lagi kedepannya dimanapun dan kapanpun.

Pekan ini belajar tentang dasar komunikasi, dasar fasilitasi, dasar coaching, simulasi forum multiaktor, dan microteaching. Pekan yang lumayan padat merayap teori praktik teori praktik dari hari keharinya. Tapi perlahan aku menikmatinya.

Jika dipekan pertama aku merasa belum hadir penuh sadar utuh dipelatihan ini. Pekan kedua sangat jauh lebih baik, hari terasa lebih cepat menuju akhir pekan yang dinantikan banyak rekan-rekan. Karena setiap akhir pekan ada me time. Salah satu sesi yang paling dirindukan.

Katanya, kalau kamu merasa hari berlalu cepat ditempat baru, itu artinya sudah mulai kerasan (betah) dengan lingkungan baru. Beradaptasi itu manusiawi kok, butuh proses, tidak instan. Kalau kamu ada diposisi ini nikmati saja, pandang ini sebagai kewajaran bukan kelainan.

Beruntung setiap sesi dipekan ini dikemas apik dan menarik, materi yang berbobot dipadukan dengan beragam metode presenting yang asyik bernilai dapat meminimalisir ngantuk dan bosan yang biasanya datang mendera begitu saja tanpa permisi dan tanggungjawab setelahnya.

Perlahan, ingin kusampaikan kapada Tuhan pencipta alam semesta, aku bersyukur terpilih diantara ribuan anak muda Indonesia untuk diberikan kesempatan oleh Indonesia Mengajar menjadi Calon Pengajar Muda. Mendapatkan ilmu-ilmu penuh manfaat seperti pekan kedua ini. Kalau tidak tergabung disini, entah apakah ada nikmat sempat diberi mempelajari ini atau tidak.

Syukurku lainnya, disini teman-temanku adalah teman-teman yang luar biasa keren dengan segala sifat baiknya. Apakah sifat kurang baik mereka tidak ada? Menurut kacamataku, ada, tapi sifat-sifat itu bukan untuk dihakimi keberadaannya, apalagi dijadikan sebab untuk menjauhkan diri dari mereka. Aku selalu berharap kepada Allah agar dikaruniai nikmat tangkas mengambil pelajaran disemua hal, baik itu hal baik maupun hal yang kurang baik. Dibanding mereka, aku lebih banyak buruknya, hanya saja Allah maha baik menutupi aib-aib dan kekurangnku.

Jelasnya, mereka adalah orang-orang yang sudah terseleksi dari seluruh penjuru negeri yang akan pergi mengabdi dipangkuan ibu pertiwi.

Dasar fasilitasi, mengajarkan kami bagaimana menjadi pribadi yang bisa memfasilitasi orang atau kelompok untuk bisa mengenali masalah, menggali potensi, sampai akhirnya menemukan sendiri solusi-solusi praktis yang bisa dilakukannya sendiri melalui proses refleksi diri. Jikapun ada kesempatan untuk bisa memperdalam skill ini, tanpa berpikir panjang aku akan mengamini dan menjalani.

Sesi Coaching, kami diajari untuk menjadi rekan ngobrol yang asyik dari kegundahan seseorang. Dalam proses coaching biasanya ada goals yang ingin dicapai. Seorang coach juga tidak memberikan saran secara tersurat, tapi saran-saran di sampaikan secara tersirat dengan menggali dari coachee itu sendiri. Dan ada banyak lagi lainnya. Niatku, ingin membuat ringkasan semua materi-materi kedalam postingan khusus. Bantu doa semoga terealisasi ya.

Fasilitator & Co Fasilitator KBM (Siddiq, Naomi, Mela, Debi)
Akhir pekan ini dilangsungkan Kegiatan Bersama Masyarakat (KBM). Kegiatan ini seyogyanya dilaksanakan secara langsung bersama masyarakat seperti pelatihan-pelatihan angkatan sebelumnya. Tersebab bumi sedang ada pandemi, kegiatan ini dilangsung secara mandiri, tanpa melibatkan masyarakat yang sesungguhnya. Beberapa orang bertindak sebagai panitia pelaksana, dan beberapa orang lainnya bersama tim pelatihan roleplay sebagai masyarakat dengan berbagai peran aktor-aktor dimasyarakat yang telah ditentukan sebelumnya.

Aku tidak bertindak sebagai panitia, namun oleh mereka ditawarkan siapa yang ingin terlibat didalamnya. Co fasilitator adalah peran yang kupilih mengambil tawaran mereka ketika itu, berdiskusi menentukan rencana moderasi kegiatan fasilitasi, dan mendampingi fasilitator selama kegiatan berlangsung. Saat mendampingi yang aku lakukan memastikan semua langkah dari proses fasilitasi terlewati dengan runut, dan mengumpulkan pendapat audiens secara personal jika ada yang enggan menyampaikan diforum secara langsung.

Malam harinya, ada kegiatan kelas berbagi. Salah tiga diantara 52 orang hebat sharing ilmu dan pengalamannya kepada teman-teman lainnya.

Secara umum pekan kedua ini berlangsung lancar dan seru. Suasana hangat sudah terbangun diantara kami, cinta kasih dan sayang yang diikatpun semakin menjadi, terlebih dipekan ini kudapatkan kelompok fasil yang menginspirasi.

Balkon 2 Club House,
Allianz Ecopark, Ancol

Jakarta, 31 Januari 2021
Pukul 08.47 WIB

Post a Comment for "#3 CATATAN HARIAN CPM XX - Pekan Pelibatan Masyarakat"