Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis Diabetes dan Cara Pencegahannya agar Terhindar

debipranata.com – kebanyakan orang hanya mengenal diabetes saja. Tidak mengenal jenis diabetes. Padahal beda jenis diabetes beda pula cara mengobatinya. Selain membahas jenis diabetes, artikel ini juga membahas cara pencegahannya agar terhindar.

Jenis diabetes ada berbagai macam. Beberapa artikel menyebutkan diabetes menyebutkan ada 2 jenis diabetes, ada juga yang menyebutkan 3  sampai 12 jenis diabetes. Baca berbagai macam artikel penting tentang diabetes di https://solusi-diabetesku.com/.

Berikut jenis diabetes yang perlu kita ketahui.

1. Diabetes Melitus Tipe 1

Jenis diabetes Melitus Tipe 1 ini merupakan jenis penyakit autoimun. Jenis ini menyebabkan kerusakan pada pankreas (organ yang memproduksi hormon insulin). Hal tersebut menyebabkan tubuh tidak dapat menghasilkan hormon insulin yang berguna untuk mengolah darah menjadi energi.

Jenis diabetes ini dapat diderita mulai dari anak-anak sampai dewasa hingga lanjut usia.

2. Diabetes Melitus Tipe 2

Jenis diabetes Melitus tipe 2 hanya diderita oleh dewasa dan lanjut usia saja. Penyebab terjadinya diabetes jenis ini adalah adanya resistensi insulin.

Pertama, tubuh dapat mengatasi resistensi insulin dengan memproduksi lebih banyak insulin untuk mempertahankan gula darah normal. Namun seiring berjalannya waktu, pankreas menjadi lelah karena menghasilkan insulin dalam jumlah besar. Akibatnya, organ-organ tersebut tidak dapat lagi memproduksi cukup insulin, sehingga tubuh tidak dapat lagi mengontrol konversi gula darah menjadi energi. Kemudian diabetes terjadi.

3. Diabetes Gestasional

Diabetes Gestasional adalah bentuk diabetes yang terjadi selama kehamilan. Diabetes gestasional biasanya dimulai antara minggu ke-24 dan ke-28 kehamilan dan ditandai dengan tingginya gula darah setelah makan.

Jenis Diabetes ini harus dikelola dengan baik untuk menghindari berbagai komplikasi kehamilan dan mengurangi risiko kelahiran prematur, bayi kebesaran atau bayi dengan gula darah rendah saat lahir.

4. Diabetes Insipidus

Berbeda dengan jenis diabetes lainnya yang ditandai dengan gula darah tinggi, diabetes insipidus tidak terkait dengan kelainan insulin atau gula darah tinggi. Diabetes insipidus dalah jenis diabetes yang disebabkan oleh kegagalan produksi hormon antidiuretik dalam tubuh. Akibatnya, tubuh tidak bisa lagi menyimpan air.

Diabetes insipidus ditandai dengan buang air kecil yang sering dan banyak. Jumlah urin bisa lebih dari 20 liter per hari. Akibatnya, pasien rentan mengalami dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit, yang ditandai dengan pusing, kelelahan, bahkan tidak sadarkan diri.

Setelah kita mengetahui jenis diabetes, berikut ini akan dibahas cara pencegahannya agar terhindar.

Beberapa hal di bawah ini bisa kita lakukan agar kita terhindar dari penyakit diabetes.

- Perbanyak aktivitas fisik
- Konsumsi biji-bijian ataupun gandum
- Rajin bangun pagi 
- Rutin Melakukan olahraga
- Perbanyak konsumsi air putih
- Menjaga porsi makan
- Atur pola makan
- Coba konsumsi cuka apel
- Konsumsi kayu manis
- Minum kopi secukupnya
- Makan sayuran yang cukup
- Ganti makan daging merah dengan kedelai
- Hindari minuman manis
- Kurangi stres
- Menurunkan berat badan
- Penuhi kebutuhan Vitamin D
- Tidur yang cukup
- Jika perokok, berhentilah merokok
- Periksa tekanan darah secara berkala
- Memeriksa gula darah secara berkala

Jenis diabetes dan cara pencegahan diatas penting untuk kita ketahui agar terhindar dari penyakit diabetes. Penyakit diabetes dapat menyerang siapa saja. Berdasarkan data dari laporan Internasional Diabetes Federation (IDF) pada tahun 2021 ada 19,5 juta warga indonesia berusia 20-79 tahun.

Jika anda saat ini dalam keadaan semoga Anda di hindarkan dari penyakit ini. Jika Anda saat ini sedang menderita sakit, semoga Anda diberikan kekuatan untuk dapat menjaga pola hidup dengan sehat, terminimalisir sakit nya atau bahkan mendapatkan anugerah kesembuhan.

Ada istilah yang mengatakan bahwa yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes adalah penderitanya sendiri. Jika artikel jenis diabetes dan cara pencegahannya agar terhindar ini bermanfaat silahkan dibagikan kepada orang-orang yang Anda cintai. Semoga bermanfaat.

Referensi: Klikdokter, Petrokimia Gresik, Ciputra Hospital, Data Indonesia. Sumber foto: Pixabay

Post a Comment for "Jenis Diabetes dan Cara Pencegahannya agar Terhindar"