Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Agar Fokus Belajar Berjam-jam?

Bagaimana agar fokus belajar berjam-jam? Pertanyaan itu bisa jadi pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang. Termasuk kamu yang sedang membaca tulisan ini.

Enggak hanya kamu kok, akupun bermula dari pertanyaan agar bisa fokus belajar berjam-jam yang sama akhirnya mencari tahu, membuat catatan, lalu membagikan kepada teman-teman.

Aku sendiri percaya bahwa bisa fokus belajar berjam-jam akan membuahkan hasil yang maksimal. 

Memang, tidak semua orang bisa fokus belajar berjam-jam. Semuanya butuh proses dan perlu latihan berulang-ulang.

Enggak perlu banyak waktu untuk berselancar mencari cara bagaimana agar fokus belajar berjam-jam. Zahid Ibrahim content creator muda dalam channel Youtube nya memberikan 6 tips sebagai berikut.


1. Eliminasi distraksi

Singkirkan hal yang bisa mengganggu pikiranmu untuk fokus. Misalkan handphone atau lainnya. Kalau yang mengganggu pikiran ada dua cara. Yang pertama, aturan 3 detik. Hitung 123 hilangkan pikiran itu lalu kembali ke aktifitas belajar. 

Yang kedua siapkan distraction sheet atau lembar distraksi. Ini berlaku untuk hal-hal penting yang kamu fikirkan. Saat kamu terpikirkan sesuatu ditengah proses belajar, kamu bisa menuliskan terlebih dahulu di kertas. Kalau sudah selesai belajar, baru kamu lihat atau kerjakan hal penting yang sudah kamu tulis di lembar distraksi.

2. Menetapkan target yang jelas

Menetapkan target yang jelas akan sangat membantu kita belajar secara terarah. Misalnya dengan menetapkan target jumlah soal, jumlah materi, lama belajar. Atau kamu juga bisa menerapkan Pomodoro teknik, yakni dengan 25 menit belajar, 5 menit istirahat. 

Set clear target. Buat target sedetil dan sejelas mungkin. Suasana belajar yang kondusif juga dapat memotivasi untuk menyelesaikan belajarmu sesuai target.

3. Metode 4 Persen

Tentukan pembelajaran 4% lebih sulit diatas kemampuanmu saat ini. Cara mengetahui saat ini kamu ada di titik apa adalah dengan melihat soal mana yang sudah bisa kamu kerjakan dan teori mana yang sudah kamu pahami. Tapi jangan sampai sett pembelajaran yang tarlalu sulit ya.

Jika kita melakukan hal yang terlalu sulit, kita akan merasa gugup, pusing, atau bahkan menyerah.

Belajar dari developer game online. Game online di sett dengan kemampuan rank dan pangkat yang tidak jauh beda dari sebelumnya. Pemain akan merasa tertantang. Memainkan secara terus menerus, dipenuhi rasa penasaran dan bisa tahan bermain berjam-jam. Pola seperti ini bisa di adopsi pada cara kita belajar.

Berikan stimulasi pada mindsett kita. Set jumlah soal yang lebih tinggi kesulitannya, sett waktu fokus yang lebih lama, sett teori yang lebih mendalam, ini di namakan zona 4%.

Nikmati proses belajar sampai benar-benar masuk ke zona flow.

4. Charging Station

Stasiun pengecasan di butuhkan dalam semua hal, termasuk saat belajar. Kita pasti akan sampai pads titik burnout.

Sadari bahwa kemampuan motivasi kita terbatas. Kondisi mental tidak selalu prima. Pastikan gasnya pelan-pelan.

Berikan reward atau hadiah pada diri sendiri setelah belajar. Berikan triger yang tepat. 

Belajar sambil ngopi ngeteh itu bukan boleh juga dilakukan sepanjang dapat membantumu bertahan lebih lama. 

Jangan terlalu stres, nikmati proses belajar.  Charging station yang bisa kamu lakukan misalnya sebelum belajar mandi, dua jam tidur siang, gopi, dll sesuai kesukaanmu. Dengan begitun energi mental lebih sustain. 

Sebaiknya, sebelum belajar zona atau tempat belajar kamu sudah disiapkan. Letakkan dulu alat tulis dan lain-lain di atas meja belajarmu.

5. Tanggung Bentar Lagi Sampai

Sugesti mental tanggung bentar lagi sampai akan berdampak baik pada kebiasaan belajar jika dilakukan secara terus menerus. "Aduh tangung nih bentar lagi soal selesai". "Tanggung nih tinggal sedikit lagi selesai". Mental seperti ini secara otomatos akan terus meningkatkan standar kita.

6. Ekspektasi

Yang jelas kehadiramu setiap hari itu gak akan kerasa dalam satu hari itu juga. Bisa jadi seminggu, sebulan, atau setahun. Jangan ngerasa lelah atau capek buat terus hadir dan belajar.

Kalai hari ini kita nyerah karena ngerasa gak ada hasilnya meskipun kita udah belajar mati-matian. Bisa jadi ya kita akan gini-gini aja, gak ada perubahan bahkan dalam kurun waktu tahunan kedepan.

Kalau kita mau bertahan, nanti tau-tau jam fokusnya sudah bertambah. Bayangkan dirimu beberapa bulan kedepan.

Pikirkanlah apa yang bisa kamu lakukan hari ini yang bisa membuat kamu berterimakasih di masa depan. - Zahid Ibrahim

Demikin 6 tips agar bisa fokus belajar berjam-jam. Jika menurutmu tulisan ini bermanfaat, Yuk ajak banyak orang buat baca tulisan ini dengan cara komen dan share. Terimakasih banyak.

Post a Comment for "Bagaimana Agar Fokus Belajar Berjam-jam?"