Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MANFAAT BANGUN PAGI DAN TIPS BANGUN PAGI

Apakah kamu orang yang sulit untuk bangun pagi? atau menginginkan orang disekelilingmu untuk bangun pagi? Atau hanya ingin sekedar menambah wawasan seputar bangun pagi? Jika iya, kamu ada di bacaan yang tepat. Manfaat bangun pagi dan tips bangun pagi. Lanjut membaca sampai habis ya.

Pada umumnya, hari diawali dengan pagi, kecuali bagi orang-orang yang memiliki siklus hidup tidak pada umumnya seperti pekerjaan yang menuntutnya untuk mengubah hari dimulai pada siang atau sore hari. Tapi, apapun alasannya tahukan kalian kalau ternyata pagi menyimpan segudang misteri?

Misteri kebermanfaatan tentunya. Alangkah sayang sekali kalau kita melewatkan pagi yang kaya akan manfaat ini. Merawat diri secara gratis salah satunya dengan mempertemukan diri dengan pagi hari. Nah sebenarnya, yang dimaksud pagi disini kapan? dari jam berapa sampai jam berapa? Artikel yang saya baca dari hellosehat[dot]com menyebutkan bahwa yang dimaksud bangun pagi adalah bangun antara pukul 4.30 sampai pukul 6.

MANFAAT BANGUN PAGI

1. Bisa Olahraga Pagi

Udara yang masih segar dan sejuk dipagi hari harusnya membuat kita bersemangat untuk bangun pagi. Kapan lagi? Tidak ada bagian dari hari yang menawarkan udara sesejuk dan sesegar dipagi hari secara gratis. Segarnya udara tersebut mendorong kita untuk olahraga pagi. Selain itu bangun pagi juga akan memberikan space waktu yang lumayan panjang untuk menuju siang hari, dengan begitu olahraga pagi akan menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengisi pagi hari.

2. Lebih Teliti

Tahukan Anda bahwa sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Roehampton University, London, di tahun 2011 terkait perilaku orang dewasa menemukan bahwa orang yang bangun pagi cenderung lebih bahagia, lebih teliti, dan lebih ideal berat badannya.

3. Meningkatkan Performa dalam Beraktivitas

Ternyata, bangun pagi juga bisa meningkatkan lerforma dalam beraktivitas. Penelitian yang dilakukan oleh University of Education, Heidelberg, Jerman, di tahun 2010 mengungkapkan bahwa mereka yang bangun pagi akan lebih proaktif dan memiliki performa kerja yang juga lebih baik. Bukan hanya membuat lebih bersemangat saat menjalankan aktivitas, bangun pagi juga membantu seseorang lebih fokus.

Menurut penelitian tersebut, ditemukan pula bahwa bangun pagi dengan istirahat malam yang cukup juga dapat meningkatkan konsentrasi, memori, dan penyelesaian masalah. Jika orang dewasa akan lebih baik dalam melakukan pekerjaannya, seorang anak akan memiliki nilai yang lebih baik di sekolah.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pernah tidak sudah banyak tidur tapi badan rasanya masih loyo dan tidak bersemangat? Jangan-jangan hal itu disebabkan kualotas tidur Anda yang tidak berkualitas. membiasakan bangun pagi juga akan membuat pagi Anda berkualitas. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Stockholm di tahun 2010, ditemukan hasil yang menarik bahwa orang yang kurang tidur akan terlihat kurang sehat, kurang aktraktif dan lelah. Tubuh yang tidak lelah, sehat maka akan dengan mudah bangun pagi. Saat bangun pagi secara teratur, saat itulah kita dapat tidur dengan kualitas yang baik.

5. Lebih Bahagia

Para peneliti dari Universitas Toronto, Kanada, melakukan survei pada 700 orang berusia 17-79 tahun. Survei tersebut mengumpulkan data seputar rutinitas tidur, status emosi, kesehatan, dan waktu favorit. Dari survei yang dilakukan, orang-orang yang bangun pagi memiliki perasaan bahagia dan level kesehatan yang lebih baik dibandingkan orang-orang yang sering begadang.

Salah satu penyebab di balik temuan itu kemungkinan adalah jam biologis orang yang bangun pagi lebih sejalan dengan ekspektasi sosial, contohnya jam kerja yang umumnya selalu dimulai pagi hari. Studi yang dipublikasikan di situs resmi American Psychology Association itu mungkin dapat menjadi motivasi tambahan bagi Anda untuk mencoba bangun tidur lebih pagi.

6. Jauh dari Depresi

Manfaat bangun tidur lebih pagi lainnya menurut studi dalam Journal of Psychiatric Research berkaitan dengan kejadian depresi. Dikatakan, orang-orang yang bangun pada jam 06.00 pagi atau lebih pagi punya 25 persen kemungkinan yang lebih kecil mengalami depresi, dibandingkan mereka yang senang tidur larut malam.

7. Tubuh Anak Lebih Aktif

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh National Library of Medicine, Amerika Serikat, menemukan kaitan antara bangun pagi dengan aktivitas fisik yang lebih banyak pada anak-anak.

Studi ini mempelajari 204 orang anak dan diikuti selama enam hari berturut-turut. Salah satu hasil yang didapatkan yaitu jam bangun di pagi hari menunjukkan korelasi positif dengan tingkat aktivitas fisik.

TIPS BANGUN PAGI

1. Niat

Faktor niat menjadi faktor utama menjadi bisa atau tidaknya kita bangun pagi. Sebab, jika niat dalam diri kita sudah kuat maka bangun pagi akan dengan mudah sekali kita dapatkan. Niat yang diulang-ulang akan semakin bagus. Niat yang diulang akan menjadi semacam sinyal bagi alam bawah sadar kita untuk bangun pagi.

2. Ketahui Jam Tidur yang Dibutuhkan

Kita bisa memiliki hidup yang teratur jika kita mengenal dengan baik diri kita sendiri. Termasuk urusan tidur, untuk bisa bangun pagi penting bagi kita tahu berapa banyak jam tidur yang kita butuhkan. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kebutuhan tidur setiap orang berbeda, salah satunya kesehatan misalnya. Sebaiknya jika kita menyadari secara penuh bahwa kita membutuhkan jam tidur yang banyak, maka menyegerakan tidur menjadi pilihan yang tepat untuk bisa bangun pagi.

3. Letakkan Alarm di Tempat yang Tidak Mudah Terjangkau oleh Tangan

Sudah berapa kali ingin bangun pagi dengan pasang alarm tapi bangun langsung matikan alarm tidur lagi? Hehe. Tidak apa, namanya juga proses bertumbuh. Maka solusinya adalah hidupkan alarm dan letakkan alarm ditempat yang jauh dari jangkauan. Akan lebih baik kalau untuk menjangkau alarm kita harus bangun dan berjalan terlebih dahulu. Pastikan masih berada dikamarmu ya area peletakan alarm, kalau diluar bisa-bisa kita terbangun karena diomelin orang lain karena merasa terganggu dengan alarm yang kita pasang. Sedangkan yang pasang alarm tidak bangun-bangun. Hehe

4. Langsung Bangun

Sudah bangun, duduk tapi karena hasutan setan terkapar kembali. Begitu seterusnya sampai ayam tidak lagi berkokok dan matari bersinar terang. Jadi salah satu tips agar bisa bangun pagi adalah langsung bangun. Kalau sudah bangun ambil air dan cuci muka atau bila perlu mandi, langsung segar dan siap beraktifitas pagi.

5. Hindari Begadang

Begadang jika dilakukan terus menerus dapat menyebabkan gangguan kesehatan dari diabetes sampai gangguan jantung. Selain kesehatan fisik, kesehatan mentalpun juga akan terganggu. Sudah tentu kalau begadang menyebabkan kurang tidur, dan kurang tidur akan menyebabkan susah bangun pagi. Begadang akan membuat siklus hidup yang menjadi tidak teratur. Maka jika kita mempunyai keinginan untuk bangun pagi, hindari begadang.

Demikian manfaat bangun pagi dan tips bangun pagi yang kita bisa terapkan bersama. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapat ketika membiasakan bangun pagi. Manfaat itu semoga dapat menjadi dorongan kuat bagi kita untuk bangun pagi. Salam bangun pagi!

Sumber:

Sahabatnestle, Alodokter, Klikdokter, Hellosehat

2 comments for "MANFAAT BANGUN PAGI DAN TIPS BANGUN PAGI"

  1. Terimakasih pak tipsnya😀
    Sering banget aku kesiangan wkwk, semoga pakai tips dari bapak bisa Bangun lebih pagi 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama.. sesekali boleh. Berkali - kali jangan tapi ya... Yaps diaplikasikan ya tips2nya.

      Delete