Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beasiswa Pendidikan Indonesia Perluasan Program LPDP oleh Kemdikbud

Apa itu Beasiswa Pendidikan Indonesia? Ya faktanya masih banyak orang yang belum tahu apa itu beasiswa Pendidikan Indonesia.

Beasiswa Pendidikan Indonesia atau yang lebih dikenal dengan BPI merupakan perluasan program LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang diinisiasi oleh Kemdikbudristek yang telah dimulai pada tahun 2021.

Sebagai upaya peningkatan SDM yang unggul, Kemdikbudristek melalui puslapdik memberikan kesempatan yang sangat luas bagi insan pendidik dan kependidikan di bawah naungan kemdikbudristek untuk melanjutkan pendidikan tinggi di kampus ternama baik dalam maupun luar negeri melalui program Beasiswa BPI.

Beasiswa BPI pada tahun 2022 membuka pendaftaran sebanyak dua kali (lebih lanjut disebut dengan batch 1 dan batch 2). BPI batch 1 dibuka pada pada bulan april sampai akhir bulan Juni untuk dalam negeri, dan april sampai akhir Juli untuk dalam negeri.

Sedangkan untuk Batch 2 di buka pada tanggal 14 sampai 30 september 2022. Nah timeline ini bisa digunakan sebagai acuan untuk mempersiapkan sedini mungkin semua berkas pendaftaran BPI bagi Anda yang tertarik mendaftarnya.

Masa pembukaan pendaftaran yang panjang, membuat saya yang saat itu belum mempunyai persiapan apapun untuk mendaftar Beasiswa ini sebelum pengumuman pendaftaran, akhirnya berkat kerja keras dan cerdas semua persyaratan dapat saya penuhi.

Seperti beasiswa LPDP, Beasiswa BPI pun mempunyai beberapa jalur masuk (jenis beasiswa). Berikut adalah jenis beasiswa BPI yang dibuka pada Batch 1 Tahun 2022.

Jenjang S1/D4: Beasiswa Calon Guru SMK, Pelaku Budaya, dan Beasiswa Indonesia Maju.

Jenjang S2: Pendidikan PTA (Perguruan Tinggi Akademik), Pendidikan PTV (Perguruan Tinggi Vokasi), Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pelaku Budaya, dan Beasiswa Indonesia Maju.

Jenjang S3: Pendidikan PTA, Pendidikan PTV, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Dosen LPTK / Pendidikan Profesi Guru, Pelaku Budaya, dan Beasiswa University of Oxford.

Sedangkan untuk jenis beasiswa BPI yang dibuka pada tahap kedua berbeda dengan tahap pertama. Hal ini penting untuk diperhatikan agar kita lebih serius dan maksimal saat mendaftar di batch pertama.

Informasi terbaru mengenai Beasiswa Pendidikan Indonesia, teman-teman bisa lihat di Website Resmi Beasiswa BPI dan Instagram Awardee BPI.

Demikian informasi mengenai Beasiswa Pendidikan Indonesia. Jika ada yang kurang lengkap atau hal yang perlu dikoreksi dari tulisan ini boleh ditambahkan dan dikoreksi melalui kolom komentar postingan ini. Semoga bermanfaat :)

Post a Comment for "Beasiswa Pendidikan Indonesia Perluasan Program LPDP oleh Kemdikbud"