Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Catatan Perjalanan Kuliah S2 Pendidikan Matematika UNY


Semoga kalian berada dalam keadaan baik ya. Foto yang menjadi cover postingan ini adalah foto teman-teman sekelas ku saat PKKMB. Mereka baik, tidak sombong, suka menabung, beberapa juga ada yang suka menghujat (wk) tapi hujatan baik yang memotivasi untuk lebih baik lagi. Aku berdoa semoga kami bisa lulus tepat waktu dengan hasil yang sangat memuaskan semuanya. Aamiin.

Catatan Perjalanan Kuliah S2 Pendidikan Matematika UNY ini belum bisa mewakili keseluruhan proses perkuliahan, sebab tulisan ini dibuat di awal perkuliahan yaitu satu bulan lewat satu pekan.


Selalu ada saja hal yang bisa dibagikan, meskipun bukan berupa barang ataupun uang. Kali ini aku akan berbagi cerita. Sesungguhnya, ini cerita yang aku tuangkan dalam Laporan Perkembangan Studi di aplikasi Beasiswa Pendidikan Indonesia. Aku pikir, akan lebih bermanfaat jika cerita ini kubagikan. Berikut cerita selengkapnya. Selamat membaca.


Alhamdulillah, perkuliahan di Universitas Negeri Yogyakarta saya jalani dengan lancar. Saya bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah di Indonesia, berbagi cerita yang berujung pada insight positif kudapat dari mereka. Ada yang dari Kalimantan, Sumatera, Maluku, Lombok, Bandung, dan lain sebagainya.


Perbedaan latar belakang dan pengalaman memperkaya pembelajaran di kelas. Saya dipertemukan dengan teman-teman di Kelas I. Kami menyebutnya kelas Inspirasi, dengan harapan mendapatkan banyak inspirasi dan menebar banyak inspirasi dari kelas ini. Ada yang sudah mengajar, namun ada pula yang fresh graduate.


Pada semester satu saya menjalani perkuliahan sebanyak 14 SKS yang tersebar dalam 7 Mata kuliah. Kuliah dilaksanakan dari senin sampai jumat.  Di Hari senin, saya menjalani perkuliahan Strategi Pembelajaran Matematika Inovatif bersama Prof. Dr. Jailani, M.Pd. Kelas dimulai pukul 7.30. Pada mata kuliah ini kami belajar bagaimana mengemas pembelajaran matematika yang inovatif, sistem perkuliahan banyak diskusi dan menekankan mahasiswa untuk berpikir kritis namun tetap berlandaskan kajian ilmiah.


Hari berikutnya selasa, saya belajar mata kuliah Teknologi Digital Pembelajaran Matematika bersama Dr. Sri Andayani, S.Si., M.Kom. Ini merupakan salah satu mata kuliah favorit saya, sejauh ini saya tertarik dengan teknologi pembelajaran. Ada banyak media yang baru saya tahu dan akan kami pelajari pada kelas ini. Dosen memulai dengan memberikan tugas review artikel terkait dengan penggunaan media digital dalam pembelajaran matematika. Media yang sudah kami pelajari sampai tulisan ini dibuat adalah dengan memanfaatkan platform canva, nearpod, dan selanjutnya akan membahas media digital lain yang tentunya tidak kalah menarik.


Masih di hari selasa, kelas kami akhiri belajar Analisis Real bersama Dr. Karyati, S.Si., M.Si. Di kelas ini, selain materi pengantar analisis real seperti Limit kontinu, dan Turunan, saya juga mendapatkan banyak motivasi membangun untuk bisa belajar dengan sungguh-sungguh di kelas ini maupun di UNY. Cerita-cerita yang ibu sampaikan sarat akan makna dan sesekali juga diselingi dengan gurauan yang berujung pada gelak tawa. Kelas menjadi cair dan tidak menyeramkan jika memang benar-benar dipersiapkan. Kelas Analisis Real diakhiri pukul 17.10.


Mata kuliah Statistika adalah satu-satunya mata kuliah yang terjadwal pada hari rabu. Pada kelas ini kami belajar mengolah data dengan aturan-aturan statistika baik secara manual, menggunakan Excel, SPSS, maupun open sources R. Mata kuliah statistika diampu oleh Prof. Dr. Dhoriva Urwatul Wustqa, M.S. Di Kelas ini saya bersama Bu Farisa sudah melakukan presentasi dengan membahas topik perbandingan vektor mean sampel berpasangan, ellipsoid confidence, dan pos hoc.


Hari kamis, perkuliahan pagi di awali dengan mata kuliah Psikologi Belajar Matematika bersama Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si. Selain teknologi teknologi digital pembelajaran matematika. Saya juga antusias belajar di kelas psikologi. Selain topik-topiknya, metode mengajar dosennya juga menarik bagi saya. Dikelas ini saya juga telah melakukan presentasi bersama Pak Arif. Topik yang kami bahas adalah A New Model of Intelligence (Kecerdasan model baru). 


Selain belajar psikologi, hari kamis semakin manis disempurnakan dengan perkuliahan Kajian Masalah-Masalah Pendidikan Matematika bersama Koor Prodi S2 Pendidikan Matematika UNY yaitu Prof. Dr. Drs. Sugiman, M.Si. Di kelas ini kami diajak untuk mengkaji permasalahan dalam pembelajaran matematika melalui pengalaman pribadi maupun artikel-artikel tentang pendidikan matematika yang telah terbit. Secara bergantian, mahasiswa diminta untuk presentasi tentang topik yang diminati. Harapannya setelah selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mempunyai gambaran tentang topik penelitian yang akan dituangkan dalam tesis.


Mata kuliah yang kami pelajari di hari Jumat yaitu Filsafat ilmu. Mata kuliah penutup dalam satu pekan ini diampu oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A. Menariknya, beberapa kali di kelas ini di mulai dari olah pikir. Dosen memberikan pertanyaan filsafat sebanyak 50 soal dan dijawab secara cepat oleh mahasiswa. Dari 3 kali olah pikir, skor yang saya kumpulkan adalah 0. Ini menandakan pikiran saya belum terolah dengan baik khususnya yang berkaitan dengan kefilsafatan dan saya sebaiknya lebih banyak membaca lagi. Saya senang di kelas ini, setiap pekannya, saya selalu menantikan ada hal baru apa di kelas filsafat.


Sejauh ini, semua referensi yang digunakan dalam perkuliahan di S2 Pendidikan Matematika UNY berbahasa inggris. Ini menjadi salah satu tantangan bagi saya untuk belajar lebih giat lagi. Perpustakaan pascasarjana UNY juga sebagian besar buku-bukunya berbahasa inggris. Berdiskusi bersama teman mengenai topik perkuliahan adalah solusi dari kebuntuan.


Disela jam perkuliahan sebagian besar saya habiskan untuk mengerjakan tugas dan belajar di perpustakaan ataupun di kebun apel UNY. Perbedaan kuliah S1 dan S2 yang saya rasa sejauh ini adalah pembelajarannya lebih mendalam, tugas-tugasnya lebih banyak. Perlu membaca banyak artikel, buku, maupun referensi lain. Tidak hanya itu, penting juga dilengkapi dengan diskusi ilmiah.


Selain kegiatan-kegiatan akademik, saya juga terlibat dalam beberapa kegiatan. Menjadi salah satu team Community and Development di Kelurahan BPI UNY. Berdiskusi bersama untuk menentukan program kerja divisi selama kepengurusan. Selain itu, angkatan prodi kami mengadakan webinar dengan tema Smart tips choose reference. Webinar ini membahas tentang publish or perish, VOSViewer, Mendeley, Scopus, Microsoft 365, Biblioshiny, dan juga Elicit. Tools-tools itu akan sangat berguna sebagai bahan untuk publikasi ilmiah. Dalam kegiatan ini saya terlibat menjadi panitia dan mengambil peran sebagai Moderator. 


Masih berkaitan dengan publikasi ilmiah pada 25 Februari 2023 saya memberikan diri untuk menjadi pemakalah dalam seminar nasional pendidikan matematika yang diadakan oleh Universitas Ahmad Dahlan. Dalam kesempatan ini saya mempresentasikan artikel ilmiah saya yang berjudul Analisis bibliometrik publikasi ilmiah Etnomatematika di Indonesia pada database scopus menggunakan biblioshiny. Saya sadar, masih banyak kekurangan dan butuh banyak belajar untuk perbaikan publikasi ilmiah berikutnya.


Kegiatan Orientasi mahasiswa baru PKKMB juga saya ikuti. Saya menjadi pemenang lomba caption postingan IG dari peserta yang kurang dari 10. (wkwkwk) Selain kegiatan luring, ada pula kegiatan daring seperti webinar mental health yang diadakan oleh KKMD UNY dan webinar tips mengikuti konferensi internasional yang diadakan oleh kelurahan LPDP UNY dan UM.


Kegiatan volunteering juga masih menjadi kegiatan yang menarik bagi saya di tengah sibuknya kuliah. Agar Ramadhan tahun ini lebih bermakna, saya tergabung kedalam volunteer Kampung Qur'an Nurul Ashari pada program Masjid Goes to School. Sejauh ini, kami merancang program dan menentukan sekolah yang akan dijadikan kegiatan di bulan Ramadhan. Saya juga mengikuti volunteering sebagai mentor di Punya Arti salah satu platform mentoring beasiswa. Disini saya sharing mengenai pengalaman mendapatkan beasiswa dan memberikan feedback essay beasiswa bersama mentee.


Saya juga diberikan kesempatan menjadi salah satu bagian dari tim teknis prodi pendidikan matematika UNY. Tim ini bertugas untuk membantu terlaksananya kegiatan-kegiatan di prodi. Kegiatan terdekat yakni webinar kurikulum dan desain pembelajaran matematika yang akan diselenggarakan pada 18 Maret 2023, saya mengambil bagian menjadi tim manajemen acara.


Belajar di kota pelajar Yogyakarta menjadi privilege yang semestinya disyukuri. Sebab, dari kota inilah banyak dilahirkan cendikiawan. Kota ini juga menjadi pusat kesenian, kebudayaan dan peradaban. Saya bisa belajar secara langsung tempat-tempat yang dulunya hanya saya baca di buku atau di internet. Sejauh ini, saya telah eksplore di Jogja Expo Center dalam acara ASEAN Tourism Forum 2023. Menghabiskan sore dan malam bersama teman di Malioboro.


Beribadah di Masjid Gedhe Kauman, belajar sejarah budaya di Museum Sonobudoyo, Shopping buku di taman pintar, malam mingguan di tugu jogja, menikmati bakpia dan gudeg jogja, menilik sejarah keraton di taman sari, sejarah pendidikan di Museum pendidikan Indonesia, nongkrong di kafe sampai ikut kajian di Masjid Jend. Sudirman dan Masjid Nurul Ashari. Semuanya teramat menyenangkan dan saya niatkan untuk beribadah, dan belajar meningkat daya nalar berpikir.


Terimakasih telah membaca Catatan Perjalanan Kuliah S2 Pendidikan Matematika UNY. Semoga bermanfaat :)

4 comments for "Catatan Perjalanan Kuliah S2 Pendidikan Matematika UNY"

  1. Ma Syaa Allah,, aku baca dari huruf awal sampai huruf akhirr. Dan beeh nya, woww nyaa dan Ma Syaa Allah nyaa manteb bnrr.. pembelajaran sejati, orang hebat sejatii.. gak salah Mendapatkan beasiswa nyaa. Dan skrng belum apa" baru sebulan belajar menjelang dua bulan, sudah sibuk dan mendapatkan posisi dan berperan aktif dan Bermanfaat untuk hal banyakk, sukses dan berkah selalu pak,, niat ibadahmu selalu kau sempurna dengan prestasi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah terimakasih banyak pak. Aku merasa sangat terhormat tulisanku di baca oleh njenengan. Yang belum kesampean main ke taman siswa Jogja nih. hehe. Semoga Pak Waka dan keluarga senantiasa dalam lindungan dan keberkahan dari Allah swt. Aamiin.

      Delete
  2. Keren ketua.. semoga terus menulis dan menginspirasi 🤩🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Poinnya adalah semoga terus menulis. Aamiin semoga bisa terus menulis ya kak. Teriamakasih banyak telah hadir di 2023 sebagai saudara di kelas I, belajar dan berproses bersama. Semoga Tuhan memberkahi semua niat-niat baik kita ya kak.

      Delete