Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beasiswa Pendidikan Indonesia Fully Funded! Cek Rincian Tunjangannya Disini

Sesuai pada judul  artikel ini, tulisan ini akan membahas tentang biaya apa saja yang di cover atau ditanggung saat kamu menerima Beasiswa Pendidikan Indonesia.

Beasiswa Pendidikan Indonesia masuk menjadi salah satu daftar beasiswa tujuanku tersebab beasiswa merupakan beasiswa Fully Funded. Semua kebutuhan yang berkaitan dengan studi awardee akan ditanggung oleh pihak pemberi beasiswa.

Sesuai dengan panduan beasiswa pada tahun saat saya mendaftar, berikut adalah daftar tunjangan Beasiswa Pendidikan Indonesia yang ditanggung oleh PUSLAPDIK kepada penerima beasiswa.

Dana Pendidikan 

 1. Dana Pendaftaran

Meskipun BPI menjadikan LoA (surat diterima di kampus) menjadi syarat wajib pendaftaran, namun BPI sangat bijak dengan mengembalikan uang pendaftaran ke kampus dengan cara pengajuan reimburs.

2. Dana SPP

Saat kita kuliah, maka dan wajib yang harus dibayarkan adalah SPP. Saat kamu menerima Beasiswa Pendidikan Indonesia,  Dana SPP langsung dibayarkan berapapun besarnya dari PUSLAPDIK ke kampus tempat kita studi. Artinya kita tidak lagi mengurusi soal pembayaran SPP. Bahasa simpelnya terima beres.

3. Dana Tunjangan Buku

Mahasiswa pasti tidak jauh-jauh dengan buku dan jenis bacaan lainnya. PUSLPDIK juga menanggung biaya kebutuhan awardee. Diluar SPP tentunya. Ini merupakan bagian yang terpisah. Besaran beasiswa komponen tunjangan buku ini sangat fantastis menurut saya. sangat membuat otak awardee kenyang.

4. Dana Bantuan Penelitian Tesis/Disertasi

Tidak hanya SPP dan tunjangan buku, tugas akhir studi jika membutuhkan biaya juga bisa diajukan dan PUSLAPDIK akan membiayainya. 

5. Dana Bantuan Seminar Internasional

Menjadi pembicara pada seminar internasional juga akan ditanggung oleh PUSLAPDIK. Saya pribadi sangat mengidamkan bisa layak dan mampu menjadi pembiacara smeinar Internasional. Apalagi dibiayai oleh negara.

7. Dana Bantuan Publikasi Jurnal Internasional

Menempuh studi di jenjang Magister dan Doktoral tentu akan sangat akrab dengan artikel, penulisan ilmiah sampai dengan mempublikasikannya. Otak seorang akademisi (sebagian besar) dapat terlihat dari jumlah publikasinya. Publikasi di jurnal Internasional juga tidak gratis. Beruntung Awardee yang berhasil mempublikasikan jurnal internasional juga akan ditanggung oleh PUSLAPDIK.

Biaya Pendukung

1. Dana Transportasi

Selain biaya pendidikan, PUSLAPDIK juga memberikan dana transportasi bagi awardee BPI. Biaya yang ditanggung adalah biaya perjalanan udara. Bisa dilakukan dengan cara pengajuan tiket sebelum keberangkatan atau dengan melakukan reimburs setelah keberangkatan.

2. Dana Asuransi Kesehatan

Kesehatan merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup kita. kondisi tubuh yang tidak sehat pastilah tidak akan maksimal menjalani perkuliahan. Selam studi, PUSLAPDIK juga menanggung asuransi kesehatan awardee BPI.

3. Dana Hidup Bulanan

Bagian penting saat memutuskan daftar beasiswa adalah dana bulanan. Sebab melalui dana ini kita mendapatkan biaya hidup setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan. Besaran biaya hidup bulanan ini berbeda-beda setiap daerah.

4. Dana Kedatangan

Dana kedatangan diperuntukkan bagi awardee yang mengalami perpindahan minimal antar propinsi. besaran dana kedatangan adalah dua kali dana hidup bulan. Dana kedatangan ini bisa diajukan awardee saat sudah berada di lokasi kampus tujuan.

5. Dana Keadaan Darurat (Force Majeure)

Nah terakhir, adalah dana yang paling tidak diharapkan. Dan tidak terduga ini meliputi dana misalnya terjadi bencana, kematian, dan lain-lain.

Jangan khawatir, PUSLAPDIK sudah memperkirakan nominal yang cukup untuk keperluan selama studi. Demikian informasi tentang daftar tunjangan Beasiswa Pendidikan Indonesia. Semoga bermanfaat. Apabila terdapat kekeliruan atau hal yang ingin ditambahkan seputar komponen BPI bisa ditambahkan di kolom komentar.


Post a Comment for "Beasiswa Pendidikan Indonesia Fully Funded! Cek Rincian Tunjangannya Disini"