Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Thesis Life 01: Cara Copy Paste dokumen di Digilib UNY, Auto Sat Set!

Sumber: Dokumentasi UPT Perpustakaan UNY

Sama halnya kisah perskripsian, kisah per tesisan juga akan menyita banyak perhatian dari setiap anak manusia yang mendapatkan privilege bisa kuliah. Tentang skripsi aku tidak membagikan banyak hal. Journey nulis skripsi hanya aku abadikan lewat postinganku berbagi pengalaman tersebab dulu banyak pertanyaan “kasih aku semangat buat ngerjain skripsi dong kak!” akhirnya lahirlah postingan: Motivasi ngerjain skripsi dan Cara melihat kumpulan skripsi di repository.

Dokumen yang saya maksud dalam postingan ini lebih khusus tesis atau skripsi. Kini lembaran baru per tesis an dalam hidupku akan dimulai. Tesis menjadi salah satu syarat wajib kelulusan bagi siapapun yang sedang menempuh pendidikan magister atau S2 di berbagai perguruan tinggi di Indonesia khususnya. Ya.., meskipun akhir-akhir ini kita tahu bersama ada kebijakan dari pemerintah tugas akhir tidak hanya berupa karya tulis saja, nyata belum ada implementasi berupa surat edaran yang dilayangkan kalau syarat lulus studi S2 di UNY tidak harus melalui Tesis. Semoga postingan seri Thesis Life ini nantinya bisa bermanfaat ya buat teman-teman semuanya.

Saya berpikir cara copy paste dokumen di digilib UNY ini akan bermanfaat buat teman-teman. Jika postingan ini merugikan pihak tertentu saya mohon maaf dan bersedia take down postingan ini. Dengan catatan tuntunan logis.

Copy paste dokumen di digilib UNY ini sangat mudah dan nggak pake ribet. Tentu sangat membantu untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Apalagi, baru-baru ini digilib UNY menetapkan kebijakan terbaru dengan batas akses maksimal hanya 3 jam, ya meskipun bisa diperpanjang masanya.

Langsung saja, berikut langkah-langkah copy paste dokumen di digilib UNY.

  1. Silakan kalian masukkan kata kunci dokumen yang akan kalian cari.
  2. Setelah muncul daftar skripsi/tesis perhatikan di pojok kanan bawah setiap judul ada fitur Bagikan. Silakan klik icon Google+.
  3. Kemudian akan muncul jendela baru Google workspace update. Kalian abaikan saja dan langsung scroll ke paling bawah.
  4. Bagian paling bawah jendela tersebut tepatnya sebelah kanan ada opsi Google, privacy, dan Terms. Nah kalian pilih atau klik yang Google.
  5. Setelah itu kalian dibawa pada jendela baru tampilan google indonesia. Silakan login di akun gmail kalian (tidak harus email kampus, bisa email google apapun). Tombol log in seperti biasa tampilan di google chrome ada di pojok kanan atas warna biru. Nah sebenarnya sampai disini. Kalian bisa akses apapun yang bisa terakses di google. Termasuk searching ataupun mau nonton. Tapi please bijak dan cerdasalah dalam menggunakan komputer digilib UNY untuk kepentingan akademis saja ya. Hal-hal yang masih bisa di akses lewat gadget pribadimu jangan di akses disini.
  6. Masukkan username dan password email kalian. Selanjutnya akan googlemu sudah bisa terakses di komputer digilib UNY. Nah copy paste yang aku maksud disini adalah melakukan copy pada dokumen yang ada di komputer ke Google doc yang tersimpan di drive email kita. Maka silakan kalian buka google doc di drive kalian.
  7. Gimana cara copasnya? Setelah itu tinggal kalian copy teks yang kalian inginkan dengan blok teks lalu tekan tombol WINDOWS + C (kalau pakai keyboard lama ganti windows dengan command). Beralih ke google doc kamu lalu tekan WINDOWS + V. Selesai!
  8. Terakhir jangan lupa Log out dan hapus akun emailmu dari daftar login agar tidak terakses oleh pengguna lain.

Gimana? Sangat simpel dan mudah bukan. Tapi ingat ya jangan asal copas. Minimal di parafrase dan kejar referensi utamanya. Jangan merugikan diri dengan melakukan tindakan tidak beretika lainnya. Yang rugi nantinya juga kita kok. Kebiasaan-kebiasaan yang instan sering kali hanya menumpulkan otak kita. Jadi sayangi diri kita sendiri dengan memanfaatkan Cara Copy Paste dokumen di Digilib UNY ini dengan bijak ya. Kalau nggak berhasil silakan komen saja di kolom komentar. Atau kalau kamu punya cara lain juga boleh banget bagikan di kolom komentar.

Semangat! Semoga skripsimu/tesismu/tugasmu dapat kamu selesaikan dengan maksimal.

Post a Comment for "Thesis Life 01: Cara Copy Paste dokumen di Digilib UNY, Auto Sat Set!"