Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

13 IDE KREATIF MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL


Hari pendidikan nasional jatuh pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Biasanya, hari itu menjadi hari yang dinanti bagi para pelaku dan praktisi pendidikan baik formal maupun non formal. Setiap orang bebas memaknai tentang kata ‘pendidikan’ itu sendiri. Ada yang memaknai pendidikan adalah proses menuntut ilmu di bangku sekolah atau tempat-tempat kursus, ada juga yang memaknai pendidikan tidak melulu di bangku pendidikan formal. Setiap kegiatan manusia yang dimaknai sebagai pembelajaran itu bernilai pendidikan. Naasnya, saat ini banyak sekali yang jelas-jelas sedang duduk dibangku pendidikan formal tapi setiap harinya tidak memaknainya sebagai proses pendidikan, atau dalam arti lain ia hanya mengikuti ketentuan semata tanpa tahu sebetulnya apa yang sedang ia pelajari.

Apapun pemaknaannya, hari pendidikan bagi kebanyakan orang yang tertarik dalam bidang pendidikan dijadikan euforia untuk membangkitkan semangat pendidikan dengan apapun caranya. Lalu bagaimana denganmu atau institusimu untuk menyambut dan memperingati hari pendidikan tahun ini? Sudah ada ide? Berikut ide kreatif untuk memperingati hari pendidikan nasional yang bisa Anda adopsi.

1. Lomba-Lomba

Ide kreatif untuk memperingati hari pendidikan nasional yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Lomba-lomba yang dimaksud disini, tentunya lomba-lomba yang berkaitan dengan pendidikan. Contoh lomba-lomba tersebut seperti lomba media pembelajaran, praktik baik mengajar, lomba mengajar secara daring, lomba essay, desain poster, video kreatif, tik tok, esport, reels intragram, berbagai macam cabang olahraga, dan lomba-lomba lainnya yang sesuai dengan kondisi disekitar kita. Tapi, yang perlu diingat adalah mengaitkan semua cabang lomba tersebut dengan pendidikan. Agar nantinya pelaksanaan lomba tidak hanya meriah begitu saja tanpa ada pembelajaran yang bermakna baik bagi penyelenggara maupun peserta.

2. Kampanye di Media Sosial

Hampir semua orang dimasa sekarang ini menggunakan media sosial. Bahkan satu orang biasanya menggunakan lebih dari dua atau tiga media sosial. Penggunaan media sosial setiap harinyapun durasinya fantastis. Ada yang menggunakan rata-rata satu jam, bahkan ada yang menggunakan lebih dari tiga jam dalam sehari. Budaya prilaku ini harus dipandang dari sudut pandang positif dan diberdayakan, termasuk memberdayakannya untuk kepentingan pendidikan. Kampanye dimedia sosial bisa menjadi salah satu ide kreatif untuk memperingati hari pendidikan nasional. Berjuta-juta pasang mata akan melihat postingan dimedia sosial. Yang bisa kita lakukan misalnya membuat twibbon pendidikan, membuat postingan tentang aktifitas yang membuat kita belajar banyak hal, membuat postingan tentang mimpi kita untuk pendidikan kita ataupun lingkungan kita, mengajak semua orang untuk terlibat aktif dalam dunia pendidikan, dan lain sebagainya.

3. Festival Pendidikan

Festival pendidilan menjadi pilihan bagi kita saat memiliki resouces yang memadai. Festival pendidikan merupakan salah satu ide kreatif untuk memperingati hari pendidikan nasional yang paling fenomenal, meriah juga mengasyikkan. Kita bisa mengusung banyak tema dalam festival pendidikan. Misalnya keberagaman daerah, macam-macam profesi, festival budaya, festival mata pelajaran, dan lainnya yang sesuai dengan kondisi disekitar kita.

4. Menerbitkan Buku Antologi

Antologi merupakan buku yang ditulis secara bersama-sama. Menerbitkan buku sendirian memang terasa berat. Tapi jika buku diterbikan secara bersama-sama akan terasa ringan. Dengan menulis buku nantinya kita akan memiliki karya. Ide kreatif untuk memperingati hari pendidikan nasional dengan menerbitkan buku antologi bisa dilakukan oleh siapa saja dari berbagai kalangan. Kita bisa menerbitkan buku antologi dengan tema yang paling sederhana misalnya kumpulan cerita unik saat sekolah, seberapa penting pendidikan bagiku, perjuangan melanjutkan pendidikan, puisi pendidikan, kumpulan motivasi pendidikan dan lainnya. Tema yang sedikit kompleks seperti kilas balik perjalanan pendidikan di Indonesia, gerakan pendidikan Indonesia yang berdampak selama satu dekade terakhir, biografi tokoh pendidikan, pendidikan dalam perspektif Islam, pendidikan Indonesia vs Finlandia dan lain sebagainya.

5. Upacara Peringatan

Upacara pendidikan merupakan satu kegiatan yang biasanya secara rutin dilaksanakan oleh setiap instansi saat peringatan hari pendidikan nasilonal. Namun, upacara yang kita selenggarakan bisa dikemas dalam kegiatan upacara yang kreatif. Daya kreatifitas kita tentunya juga sebaiknya disesuaikan dengan kondisi yang ada, jangan sampai terkesan memaksakan atau malah membebani. Kreatifitas dalam upacara peringatan hari pendidikan yang mungkin kita lakukan kreatifitas kostum yang digunakan saat upacara, pilihan musik dan lagu yang dinyanyikan saat upacara, formasi upacara, petugas upacara, bahasa yang digunakan saat upacara, dan lainnya.

6. Nonton Bareng Film Pendidikan

Bagi kebanyakan orang menonton bisa dijadikan kegiatan refresing yang paling murah dilakukan. Tanpa berpindah tempat, tanpa keluar banyak biaya, dan cerita bisa dilakukan. Apalagi menonton film pendidikan ini dilakukan secara bersama-sama dengan teman-teman instansi kita. Setelah menonton akan lebih lengkap rasanya jika dilengkapi dengan diskusi dan sharing bersama tentang nilai-nilai apa yang didapat dari film yang telah ditonton. Setiap orang akan memiki sudut pandang berbeda. Perbedaan inilah yang bisa memperkaya wawasan kita. Ada banyak sekali film pendidikan baik yang diproduksi di Indonesia maupun luar negeri. Salah satu film yang direkomendasikan adalah fim taara zameen par. Tentunya pemilihan film juga disesuaikan dengan tujuan akhir yang ingin dicapai dari kegiatan nonton bareng tersebut.

7. Study Wisata

Siapa yang tidak senang berwisata? Semuanya pasti senang, baik secara sendirian ataupun berkelompok. Ide kreatif untuk memperingati hari pendidikan nasional salah satunya adalah study wisata. Tapi yang perlu diingat adalah tempat-tempat wisata disini sebaiknya yang mengandung banyak nilai-nilai pendidikan. Misalnya peninggalan sejarah, sekolah favorit, laboratorium, atau study wisata dengan mengadakan kegiatan pendidikan bersama anak-anak di desa terpencil dengan panorama keindahan alam juga bisa dijadikan pilihan menarik.

8. Seminar/Diskusi/Talkshow Daring

Kegiatan daring satu ini tentunya sudah tidak asing lagi, apalagi semenjak adanya covid-19 yang berdampak besar dalam transformasi digital. Salah satu dampak yang begitu terasa adalah berjamurnya kegiatan-kegiatan seminar, diskusi, talkshow secara daring yang bisa kita ikuti. Yang dimaksud disini kita bisa menjadi penyelenggara atau kita hanya menjadi peserta saja. Tidak ada yang lebih baik diantara keduanya, yang lebih baik adalah dimana kita bisa mengambil sebanyak-banyaknya pembelajaran dari kegiatan itu. Kegiatan yang bisa kita lakukan misalnya mengundang tokoh penting pendidikan, bedah buku pendidikan, membahas event besar pendidikan, dan lainnya.

9. Apresiasi Tokoh Penting Pendidikan

Semua orang butuh apresiasi, entah golongan tua, remaja, atau anak-anak. Secara langsung maupun tidak langsung memberikan apresiasi memberikan dampak yang cukup besar bagi psikologis seseorang. Orang yang diberikan apresiasi akan merasa dianggap keberadaannya, dihargai karya-karyanya, dan menjadi lebih bersemangat untuk berkarya dihari-hari selanjutnya. Mengapresiasi tidak selalu tentang materi. Sesederhana mengucapakan selamat hari pendidikan nasional dan memberikan ucapan terimakasih atas dedikasi kepada tokoh pendidikan menjadi hal yag begitu berarti. Cara mengapresiasi lainnya bisa dilakukan dengan cara mengajaknya berkolaborasi dalam kegiatan pendidikan, memberikan album kenangan, memberikan paket pendidikan, dan lainnya sesuai dengan kemampuan yang kita punya.

10. Baca Buku Pendidikan

Membaca buku pendidikan bersama-sama merupakan salah satu ide kreatif untuk memperingati hari pendidikan nasional. Apalagi jika kegiatan membaca dilakukan secara bersama-sama, dan dilakukan sharing setelahnya atau membuat resensi buku yang telah dibaca, tentu akan sangat mengasyikkan. Beberapa buku pendidikan yang bisa kita baca adalah buku antologi Indonesia Mengajar karya Pengajar Muda, strawberry generation karya renald kasali, dan guru sepanjang waktu karya Solikhin Abu Izzuddin. Dengan membaca buku pendidikan, kita bisa memiliki wawasan dan memperkaya sudut padang tentang pendidikan.

11. Konser Pendidikan

Konser sebagai Ide kreatif untuk memperingati hari pendidikan nasional yang dimaksud disini bisa konser yang megah atau yang sederhana. Yang penting konser yang dilaksanakan semua bahagia dan bisa belajar dari lirik demi lirik yang didendangkan. Sekarang sudah banyak musisi-musisi tanah air maupun mancanegara yang menciptakan lagu-lagu tentang pendidikan. Lagu-lagu itu harus kita hargai dengan cara memutarnya.

12. Galang Dana

Sekarang banyak sekali fasilitas-fasikitas pendidikan, atau orang-orang yang membutuhkan bantuan kita dalam rangka menunjang aktifitas pendidikannya. Melakukan galang dana yang akhirnya digunakan untuk berbagai kepentingan pendidikan merupakan kegiatan mulia juga bernilai pahala yang teramat besar jika kita bisa melakukannya.

13. Pameran Pendidikan

Terkhir, Ide kreatif untuk memperingati hari pendidikan nasional adalah pameran pendidikan. Mempertunjukkan berbagai hal yang berkaitan dengan pendidikan bisa memberikan wawasan baru secara instan bagi yang mengikutinya. Pameran yang dimaksud misalnya pameran media pembelajaran, pameran inovasi karya siswa/mahasiswa, pameran pendidikan diperguruan tinggi, dan lain sebagainya.

Demikianlah 13 Ide kreatif untuk memperingati hari pendidikan nasional. Semoga hari pendidikan tahun ini dengan kita merayakannya secara positif bersama-sama, bisa berdampak untuk kemajuan pendidikan Indonesia dikemudian hari. Selamat menyambut hari pendidikan nasional 2 mei.

Post a Comment for "13 IDE KREATIF MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL"