Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RESEP SATE MARANGGI EMPUK SEDERHANA SUPER LEZAT

Siapa yang tidak tau sate? Jenis makanan satu ini tentunya banyak digandrungi oleh banyak orang dari semua kalangan. Sate adalah jenis makanan yang terbuat dari daging yang diiris kecil-kecil kemudian ditusuk lalu dipanggang. Setelah dipanggang, sate biasanya dihidangkan dengan saus atau sambal sesuai jenis satenya.

Beberapa jenis sate dari Indonesia yang super lezat dan terkenal seantero nusantara diantaranya sate maranggi dari Purwakarta, sate madura dari Madura, sate padang dari Padang, sate bandeng dari Banten, sate tegal dari Tegal, sate lilit dari Bali, sate klatak dari Jogja, sate ponorogo dari Ponorogo, sate makasar dari Makasar, sate banjar dari Banjar, sate buntel dari Solo, sate Blora dari Blora, dan sate pokea dari Kendari. Ada juga sate lain yang berasal dari manca negara seperti sate taichan, dan sate kajang.

Banyak sekali jenis sate yang ada di dunia ini. Tapi pada dasarnya, semua sate terbuat dari daging yang dipotong-potong kemudian ditusuk lalu diolah. Penyajiannya biasanya menggunakan saus. Saus yang digunakan juga berbeda-beda. Misalnya sate madura menggunakan saus kacang, sate maranggi tidak menggunakan saus hanya disajikan dengan kecap yang dicampur dengan irisan cabai, tomat.

Daging yang biasa digunakan juga beragam, sesuai selera. Yang paling populer biasanya daging kambing dan daging ayam. Bisa dibilang sate ini adalah salah satu jenis olahan. Jadi apapun bisa dibuat sate sebetulnya, sesuai selera masing-masing. Bisa saja tidak hanya daging, inovasi sate lain bisa sate buah misalnya. 

Bagaimana, Sudah terbayangkan kelezatannya? Kalau sudah langsung saja kita simak salah satu resep sate yang cukup popular di Indonesia yakni sate maranggi. Langsung saja berikut bahan-bahan, bumbu marinasi, dan bumbu sambal beserta cara pembuatan sate maranggi empuk sederhana super lezat hingga siap disajikan.


BAHAN:

- Daging Ayam / Kambing / Sapi 500g

BUMBU MARINASI:

- Bawang merah 5 siung
- Bawang putih 3 siung
- Jahe 1 ruas sedang
- Lengkuas 1 ruas sedang
- Ketumbar 1 sdm
- Gula merah 1/4 butir (ukuran menyesuaikan)
- Kecap manis secukupnya
- Air asam jawa secukupnya
- Garam secukupnya
- Daun pepaya, remas/memarkan utuh

BAHAN SAMBAL:

- Kecap
- Irisan cabai
- Tomat potong dadu

CARA PEMBUATAN:

1. Pisahkan danging dari tulang, potong dadu & bersihkan
2. Haluskan bumbu marinasi
3. Marinasi daging menggunakan bumbu, biarkan bumbu menyerap (semakin lama semakin menyerap)
4. Susun daging dalam tusukan bambu
5. Simpan & bungkus menggunakan daun pepaya yangs sudah dimemarkan
6. Panggang sate hingga 1/2 matang, lumuri kecap & panggang kembali sampai matang
7. Campurkan bahan sambal kecap
8. Hidangkan bersama sambal kecap

Bagaimana, sederhana bukan? Cobain aja, dan rasakan sendiri lezatnya. Biasanya sesuatu yang dihasilkan dari jerih payah dan perjuangan sendiri itu hasilnya lebih nikmat, sebab kita merasakan prosesnya.

Kami, saya dan teman-teman Pengajar Muda Indonesia Mengajar angkatan XX kabupaten Konawe membuat sate maranggi empuk sederhana super lezat sebagai salah satu cara kami merayakan Idul Adha 1442 H dipenempatan.

Bernasib baik dikelompok kami ada master chef yang memang pandai dan tertarik membuat berbagai macam olahan makanan. Kang Siddiq namanya, pria sunda dari Sumedang ini memang kerap kali memanjakan lidah kami dengan kreasi dapurnya. Selama proses pembuatan sate juga banyak dibantu oleh Elis wanita asal Ngawi. Teman-teman lain yang turut menikmati sate maranggi empuk sederhana super lezat ada Iik gadis Sumsel, Mbak Rol wanita Kediri, Putra pria Surabaya. Gimana rasa satenya menurut kalian?

Terimakasih sudah mampir dipostinganku kali ini, semoga berkah nan bermanfaat.

4 comments for "RESEP SATE MARANGGI EMPUK SEDERHANA SUPER LEZAT"

  1. Kapan-kapan bikin sate lagi tapi pake daging sapi yuk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk! Edisi persatean memang tidak pernah usang untuk dilanjutkan. Nikmatnya tak tertahankan :)

      Delete
  2. Enak sekali dagingnyaaaa bener-bener empuk. Nagih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga baru kali ini makan daging sate seempuk cookies, aroma tidak khas kekambingannya juga bisa diminimalisir. Jos.

      Delete