10 CARA BELAJAR EFEKTIF DITENGAH PANDEMI


Sebagai seorang siswa kewajiban utamanya adalah belajar. Namun pada faktanya banyak hal yang menyebabkan siswa tidak bersemangat mengikuti pembelajaran disekolah. Apalagi, suasana ditengah pandemi seperti ini. Berikut 10 cara agar belajarmu tetap efektif meski belajar ditengah pandemi.

1. BERSUNGGUH-SUNGGUH

Syarat satu ini menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi jika kamu ingin belajarmu efektif. Tanpa kesungguhan, bisa dipastikan semua hal yang kamu lakukan akan terasa hambar dan jauh akan makna. Salah satu syarat sukses dalam belajar yakni antusias, dan antusias seseorang bisa dilihat dari seberapa serius ia mengikuti pembelajaran yang dilakukan. 

Sungguh-sungguh dalam belajar setidaknya bisa dipisah menjadi tiga bagian. Yang pertama sungguh-sungguh dalam menyiapkan pelajaran, kedua sungguh-sungguh saat mengikuti proses pembelajaran, dan yang ketiga sungguh-sungguh mengikut evaluasi pembelajaran/mengulang pelajaran secara mandiri.

Ayo semangat, kamu adalah seorang pembelajar, tugasmu adalah belajar. Bersungguh-sungguhlah. Katanya mau jadi orang yang lebih baik lagi. Buktikan lewat kesungguhanmu dalam belajar. InsyaaAllah, jika kamu konsisten dalam belajar akan ada banyak kemudahan dan kesuksesan yang menantimu di depan.

2. JAGA KESEHATAN

Tanpa kesehatan, kita tidak bisa berbuat apa-apa. Alangkah banyak sekali orang yang lalai akan nikmat satu ini. Nikmat sehat. Maka seorang pembelajar menjadi wajib dalam hal menjaga kesehatan. Kalau sakit tentu jangankan untuk belajar, untuk makanpun tidak enak.

Pandemi tidak perlu disikapi secara lebai, tetapi juga tidak boleh diremehkan. Kita harus tetap waspada dan menjaga kesehatan. Menjaga kesehatan bagi seorang pelajar diantara bisa dilakukan dengan cara: Tidur yang cukup/tidak begadang, sarapan sebelum berangkat sekolah, memakai masker, selalu sedia hand sanitizer ditas, menghindari/meminimalisir menyentuh barang/alat yang dipakai secara umum, bawa bekal terutama air putih agar tidak dehidrasi, cuci tangan pakai sabun. Jika dirasa perlu, rutin konsumsi vitami, dan makan buah secara rutin, serta mengatur pola makan.

Jika badan sehat, belajar menjadi nikmat, fokus akan meningkat, dan pemahaman semakin kuat :)

3. PUNYA TUJUAN

Coba lihat sejenak sekelilingmu, teman-temanmu, atau orang terdekatmu disekolah. Semangatkah ia dalam belajar? jika tidak, bisa dipastikan ia tidak memiliki tujuan yang jelas. Orang bisa bersemangat melakukan sesuatu karena sudah tau apa tujuaannya. Misalnya, kita tahu bahwa dengan uang kita bisa membeli apapun yang kita mau, bisa bersedekah dan lain-lain. berarti kita perlu uang. Untuk bisa mendapatkan uang kita harus bekerja. Nah semakin banyak kebutuhan seseorang, harusnya semakin semangat ia dalam bekerja.

Sama halnya dengan belajar. Coba jawab pertanyaan "Kamu sekolah buat apa?" "Belajar buat apa?". kalau sekolah cuman buat nyari ijazah dan belajar cuman memenuhi tugas buat dapet ijazah itu. yasudah, tamatlah kisahmu sampai diijazah.

Lain halnya jika kamu sudah memiliki tujuan yang jelas. Misal saya selepas SMA harus dapat beasiswa kuliah S1 diluar negeri. Untuk mendapatkan beasiswa saya harus punya nilai rata-rata rapor yang bagus, lancar berbahasa inggris dan berprestasi. untuk mendapat nilai rapor yang bagus, lancar berbahasa asing, dan berprestasi berarti saya harus rajin belajar, harus rajin ikut berbagai macam lomba, dan lain-lain yang pada intinya kamu akan mendapatkan  berjuta alasan kenapa saya harus giat belajar.

4. BANYAK TANYA

Miris kadang, ketika ada anak yang banyak tanya malah ada teman-temannya atau bahkan guru menganggapnya sebagai anak yang tidak beres. Justru sebaliknya, siswa yang banyak  tanya itu keren. tapi tidak semua pertanyaan itu keren.

Yang dimaksud keren disini adalah, ketika dia bertanya tentang hal yang sudah tidak lagi dia dapatkan jawabannya dari berbagai sumber yang dia mampu mencarinya. Kalau banyak tanya akan hal-hal yang sebetulnya sudah dijelaskan atau masih bisa mencari jawabannya diinternet ya memang itu bukan sikap yang baik.

Belajar ditengah pandemi tidak sedikit institusi pendidikan yang menerapakan sistem shift. Yang belajar secara luringpun waktunya sangat terbatas. Dengan begitu, maka sedikit juga waktu bertemu dengan teman-teman lebih baik dengan guru. Tapi hal itu tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak bertanya.

Bertanyalah hal-hal yang ingin kamu tanyakan. Jangan takut salah bertanya. Tanya saja. Guru akan senang jika bisa menjawab pertanyaanmu, kalau belum bisa akan dicarikan jawabannya. Jangan pernah peduli sama teman-temanmu yang mengganggap sok aktif karena banyak tanya. Lakukan saja yang mneurutmu baik selagi tidak merugikan orang lain.

5. BUAT JADWAL HARIAN

Hidupmu akan lebih teratur ketika kamu memiliki jadwal harian. Begitupun juga belajarmu. Jadwal, jangan hanya dijadikan sebagai angan, tapi tuliskan, lalu realisasikan. Jika kamu belajar disekolah, maka kamu sudah mempunyai jadwal yang bisa kamu laksanakan, tapi lain halnya jika kamu sedang belajar dirumah, pasti ada banyak hal yang akan mengganggu aktifitas belajarmu jika kamu tidak membuat jadwal dan kamu beritahukan keseluruh keluarga dirumah. Jadi, meski dirumah, alangkah lebih baiknya jika kamu memiliki jadwal belajar mandiri.

6. DISKUSI ONLINE

Media sosial, seolah membuat dunia ini tidak terbatas ruang dan waktu. Semua orang dari berbagai belahan dunia bisa berdiskusi. lebih-lebih hanya teman satu sekolah atau satu kelas, tentu bisa dengan mudah berdiskusi, baik melalui telepon, chatting, ataupun video call. Berdiskusi akan melatih daya nalarmu menjadi baik, melatih jiwa sosialmu menjadi baik dan tentunya pertemanmu menjadi baik. Tentu yang dimaksud disini adalah diskusi secara sehat ya, bukan eyel-eyelan.

7. KERJAKAN TUGAS TEPAT WAKTU

Belajar daring banyak tugas? sabar, bersyukurlah jika Tuhan masih menyibukkanmu dalam berbuat kebaikan. Tugas adalah masalah, jika kamu lihai dan gesit mengerjakan tugas maka kedepan kamu juga akan lihai mengerjakan atau menyelesaikan masalah-masalah hidup yang ada dihidupmu.

Tugas yang dibengkalai akan semakin terbengkalai. Jangan tunggu nanti, kalau bisa sekarang ya sekarang. Bukan dapet energi dulu baru gerak, tapi bergeraklah buat dapet energi.

8. BELAJAR DARI BANYAK SUMBER

Jika kamu belum paham dari materi yang disampaikan oleh gurumu, coba eksplore dengan mencari materi yang berkaitan dibanyak sumber lainnya. Diinternet, melalui kakak tingkat, beli buku online, atau  apapun.

9. PELAJARI HAL BARU

Alangkah kerennya ketika pandemi ini usai kamu punya keahlian baru yang menunjung hidupmu. Nah mumpung banyak batasan interaksi dengan orang lain. Silahkan banyakin interaksi dengan diri sendiri buat belajar hal baru, tekuni, dan jadilah ekspert disitu.

10. JADILAH SISWA TANGGUH

Nah yang terakhir, Jadilah siswa yang tangguh, jangan banyak ngeluh. Capek jalanin, Banyak tugas kerjain, memang ini masamu buat berlelah-lelah. Sabar nanti juga kesabaran itu bakal berbuah manis. Jangan mau menjadi barisan orang-orang yang gemar mencaci, mencaci kurikulum karena banyak pelajaran, mencaci guru karena banyak memberi tugas, dan lain-lainnya bentuk cacian.

Jadilah orang yang punya peran, sebagai seorang siswa ya berperanlah dengan cara sesuai tupoksinya siswa. Seriusin belajar, biar kelak jadi orang bermanfaat dan bisa turut andil menjadi pemegang keputusan.

"Pada akhirnya, jika kamu memutuskan untuk siap sekolah maka kamu memutuskan untuk siap belajar, apapun keadaannya. Selamat belajar"

0 Response to "10 CARA BELAJAR EFEKTIF DITENGAH PANDEMI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel