TIPS MELIHAT HASIL PENGUMUMAN SPAN PTKIN

Sumber: pixabay

Selamat datang di blog pribadiku. Kali ini aku mau share tentang bagaimana tips-tips melihat pengumuman SPAN PTKIN. Sebenarnya tidak terbatas hanya SPAN PTKIN si, tapi berhubung besok adalah momen dimana diumumkannya SPAN maka aku buat postingan ini lebih fokus ke arah sana. Yang akan aku bagikan ke kalian ini berdasarkan pengalaman pribadiku yang hasil cukup beragam tentunya. 

Oiya, kamu termasuk orang beruntung lo sudah diberi nikmat sempat mendaftar jalur ini. Kalau saya dulu, tepat di tahun 2014 tidak. Bukan karena belum ada. Tapi karena memang belum tau, maklum tinggal dikampung dan arus informasi belum secepat sekarang. Tapi saya kuliah lewat jalur UM PTKIN dulu. Walaupun harus bertubi-tubi menuai kegagalan dulu. Maaf curhat. Hehe. Langsung saja ini Tipsnya saya buat singkatan SPAN juga.

Siapkan mental
Plan A plan B
Anti sombong
Nasihati diri
-
Perbanyak doa
Tidak panik
Kuatkan hati
Impikan hal terbaik
Nerimo

Baik langsung saja, aku jabarkan beberapa tips dariku saat kamu mau melihat hasil pengumuman:

1. SIAPKAN MENTAL

Bagian pertama ini gampang-gampang susah. Mental ini berhubungan dengan psikologis, tentang kelegowoan kita menerima sebuah takdir. Jika mental kita sudah siap dengan segala kondisinya, maka hati akan lebih tenang melihat apapun nanti hasilnya.

Orang bermental juara pasti sudah siap menerima segala kondisi yang terjadi. Baginya, sebuah tes / kompetisi tidak harus berujung pada kemenangan / kelulusan untuk dapat dikatakan berhasil. Keberhasilan dalam sebuah tes adalah saat semua proses dari tes itu sendiri terlewati dengan mengerahkan segala kemampuannya. 

Pasti berjuta rasa orang mengekspresikan rasa khawatirnya, khawatir kalo nanti gak keterima, dan terlihat kurang pinter, terlihat nggak beruntung, terlihat ngga cerdik, dan lain sebagainya. Hilangkan saja kekhawatiran yang belum tentu adanya. Hey sob.. ini hidupmu, yang menjalani kamu, penonton hanya berhak mengomentari, tak berhak mengatur hidupmu.

Kalu mental kamu belum siap-siap banget. Boleh mungkin minta tolong orang terdekat untuk melihat hasilnya. Yang jelas orang itu akan lebih indah bahasanya. Tidak sesadis panitia (kiasan). Singkat padat jelas.

2. PLAN A PLAN B

Aku selalu bilang dengan orang lain, terlebih dengan diriku sendiri bahwa kita ini hidup tak boleh ngalir aja. Ngikutin arus. Ya kalo alirannya akan bermuara di telaga yang jernih nan menyegarkan. Kalau bermuara dicomberan? Tentu tidak kita inginkan kan.

Nah sebelum kalian melihat hasil tes, pastikan sudah punya plan. Plan kalo di terima apa yang akan kamu lakukan. Kalo tidak diterima apa yang kamu lakukan. Kalo sudah terencana seperti itu. InsyaaAllah kita lebih siap aja menerima segala kemungkinan. Gak siap itu kadang bisa jadi karena kita tidak tahu apa yang akan kita lakukan. Makanya jadi stres, kalau sudah stres sudahlah tidak bisa berpikir jernih. Makanya sebelum melihat hasilnya. Buat plan dulu. Rencanakan.

Coba deh, dalam hal apapun biasakan begitu. InsyaaAllah kita bakal lebih santuy, lebih enjoy aja ngejalani hidup

3. ANTI SOMBONG

Anti sombong maksudnya gimana? Emm pernah kan ya kadang suatu saat yakin akan suatu hal. Nah, sombong ini yakin yang kebablasan. Karena peluangnya besar, merasa yakin lolos, tapi kebablasan yakinnya. Jadi sombong deh.

Jangan begitu, jangan menaruh harapan dengan terlalu. Karena kalau kemungkinan buruk yang kita dapat sakitnya berkali lipat. Berharap boleh, tapi biasa saja. Yakin boleh tapi biasa saja. Sedang-sedang sajalah intinya ya.

4. NASIHATI DIRI

Pernahkan kita kaya berdialog gitu dengan diri kita sendiri?. Misal kalo pas lagi di uji "sabar (nyebut nama sendiri)". "Semangat (nyebut nama sendiri)". Tanpa kita sadari ternyata efeknya luar biasa lo. Apalagi kalo kita adalah orang tipe introvet, energi yang keluar dari dalam diri itu lebih greget, lebih punya power dari pada dari luar.

Banyak-banyak nasihati diri sendiri, nasihati untuk tegar melihat apapun nanti hasilnya. Nasihati untuk legowo, dan lain-lain tentang hal baik.

5. PERBANYAK DOA

Kita sebagai seorang muslim tentu yakin kan kalo doa adalah senjata yang paling ampuh. Apalagi di waktu-waktu yang mustajab. InsyaaAllah deh. Mendekati waktu pengumuman khususnya, dekati Allah dengan berbagai cara. Sebenernya ya jangan pas mau pengumuman aja. Tapi sepanjang waktu dekati Allah.

Jangan cuman ngandelin kekuatan doa dari kita sendiri, tapi meminta doa dari orang-orang terdekat kita. Khususnya orang tua kita, guru-guru kita, juga sahabat-sahabat kita. Karena kita nggak pernah tau lo doa yang mana dan doa dari siapa yang bakal di ijabah oleh Allah. Jadi perbanyak doa dan perbanyak meminta doa ya.

6. TIDAK PANIK

Jangan panik. Jangan gupek. Kalo kita panik tentu bakal mengurangi fokus kan. Nah lagi-lagi kalo nggak fokus ya ngga bisa berpikir jernih.

Santai aja, nggak usah nanya-nanya temen. Cukup pantengin website resminya. Kalo emang lagi down ya tunggu sampai bisa dibuka saja. Karena hasilnya nggak bakal berubah kok. Walaupun kamu buka di detik pertama jam ditentukan, sama 1 hari kemudian.

7. KUATKAN HATI

Hati juga butuh dikuatkan, apalagi jika akhir-akhir ini hatimu baru saja terpatahkan. Perlu dikuatin. Namanya juga seleksi ada yang diterima ada yang tidak diterima.

Tentu maunya semua orang lolos seleksi. Tapi kan tidak bisa begitu, kita tetap mengikuti aturan main yang berlaku. Kecewa boleh tapi sebentar saja. Sakit hati boleh, tapi sekejap saja.

Ngomongin soal hati itu emang penuh misteri, pengendali terbesar ya diri sendiri. Hatimu memang tercipta dari segumpal daging, tapi kudu sekuat baja, setegar batu karang. Gitu. Oke.

8. IMPIKAN HAL BAIK

Memimpikan hal-hal baik sewajarnya itu baik. Ketentuan Tuhan itu kan sesuai prasangka hambanya. Jadi mimpikanlah hasil yang baik pas saatnya nanti ya.

9. NERIMO

Dan yang terakhir adalah nerimo, nerimo ini bahasa jawa sebenarnya yang artinya ya nerima. Nerima yang kumaksud dalam arti luas ya. Luas banget. Seluas harapanku kekamu (krik. Iklan). Wk.

Bahagiakan diri kita dengan menerima apa-apa yang ditetapkan oleh Tuhan. Bisa jadi yang menurut kita baik belum tentu baik menurut Allah. Pun sebaliknya.

Sudah banyak kok orang-orang didunia ini yang awalnya mendapat sesuatu yang tidak ia inginkan. Kemudian ia menerima dan melakukan yang terbaik didalamnya. Setelahnya mendapat buanyak sekali keajaiban-keajaiban dari Allah, Tuhan semesta alam.

Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan. Semoga Allah memberikan hasil yang terbaik ya. Dan semoga yang terbaik menurut Allah itu juga matching sama yang terbaik menurutmu. 

Hasil pengumuman SPAN PTKIN bisa kamu lihat disini ya http://pengumuman.span-ptkin.ac.id/
Good Luck.

0 Response to "TIPS MELIHAT HASIL PENGUMUMAN SPAN PTKIN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel