BEGINI SOAL-SOAL TES DAFTAR KARTU PRAKERJA

Teman-teman tentu sudah tahukan tentang kartu prakerja. Program pemerintah dalam rangka mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia atau meningkatkan skill bagi yang sudah bekerja. Semoga saja ini menjadi langkah jitu dan berdampak nantinya.

Oke kali ini aku mau bahas mengenai soal-soal tes daftar kartu prakerja. Ini berdasarkan pengalamanku sendiri waktu tes di awal pembukaan pendaftaran kartu prakerja. Namun, atas izin Allah sudah dua kali gelombang ini aku mendaftar tidak kunjung diterima juga.

Tidak masalah aku tidak diterima nantinya, asalkan dengan tulisan ini teman-teman semua bisa merasa sedikit terbantu, dan nantinya bisa diterima mendapatkan kartu prakerja, serta dengan segera memanfaatkan kartu tersebut lalu berujung sukses nantinya. Aamiin.

Nah ditahapan terakhir sebelum gabung pada gelombang yang kita daftar. Ketika mendaftar kartu prakerja, kita akan disuguhkan soal-soal tes untuk mengetahui kemampuan awal kita. Soal-soal tes kartu prakerja berjumlah 18 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 25 menit.

Meskipun tidak seperti tes pada umumnya, yang mana skor/poin/nilai tes menjadi salah satu penentu kelulusan tapi kita juga harus do the best ditahap ini. Oiya? Terus kelulusan bedasarkan apa dong? Kalau aku baca disalah satu media, sistemnya di acak / diundi. Tapi apapun saya yakin pemerintah sudah punya pertimbangan khusus mengenai hal ini.

Walaupun kemarin sempat beredar salah seorang yang berhasil lolos beberapa akun kartu prakerja, kita tak usah gusar dan resah. Kalau rejeki tak akan kemana. InsyaaAllah.

Soal-soal tes kartu prakerja bentuknya pilihan ganda (multiple choice), ada 4 pilihan yakni A, B, C, dan D. Tapi ada juga soal yang pilihannya sampai E. Yang diujikan seputar tes  motivasi & Kemampuan dasar, ada soal matematika sederhana, soal tentang kompentensi dan minat yang kita miliki, juga ada soal-soal menyimpulkan seperti soal bahasa indonesia.

SOAL MATEMATIKA DASAR

Pada bagian ini kalau teman-teman lulusan SMP insyaaAllah akan sangat mudah mengerjakannya. Karena yang diujikan seperti pelajaran Matematika kelas SD - SMP, jadi tenang aja tidak terlalu susah.

Ada soal penjumlahan bilang bulat, misal 7 + 3 = berapa?. Kemudian ada soal operasi dasar bilangan pecahan, misalnya 3/7 + 4/6 = ?. Operasinya tidak hanya penjumlahan tapi beragam operasi dasar seperti tambah kurang dan kali. 

Selain itu ada juga soal aritmatika sosial, kadang juga soal perbandingan tapi dalam bentuk terapan / soal cerita. Contohnya seperti ini. Debi Pranata mempunyai uang sebesar 7 Juta rupiah. 1/3nya di gunakan untuk membeli baju, sedangkan 1/5 nya digunakan untuk membeli buku. Sisanya ditabung. Berapa uang Debi Pranata yang ditabung?.

Tips: karena soal yang disajikan dasar-dasar banget, jadi silahkan temen-temen buka materi SD / SMP yang ada materi yang sudah saya sebutkan di atas. Atau biar simpel cari aja di youtube ya, tentang bagaimana penyelesaiannya. Intinya belajar. Siapkan coretan juga jangan lupa, jika memang teman-teman membutuhkan. Ok. Semangat.

SOAL INTEGRITAS

Pada soal jenis ini nanti kita disuguhkan pernyatan mengenai loyalitas kita didunia kerja dan pada pilihan yang disediakan kita diminta memilih ketersetujuan dari pernyataan yang sudah disuguhkan. Antara lain pilihannya, sangat tidak setuju, setuju, sangat setuju, netral, dan tidak setuju.

Tips: Soal-soal seperti ini butuh ketelitian dalam membaca pernyataan yang ada, jangan sampai ada satu katapun dalam kalimat itu yang terlewat ya. Karena akan mempengaruhi pendapat kita nantinya. Jadi diri sendiri aja. Kalau nggak begitu suka ya jawab tidak setuju tak masalah.

SOAL BAHASA INDONESIA

Nah soal bahasa Indonesia ini maksud saya bukan soal nyari kata baku tidak baku, tanda baca dll gitu ya. Tapi disoal ini di suguhkan Grafik/diagram atau Tabel dan nanti kita diminta untuk menyimpulkan atau mencari informasi yang diinginkan pada soal.

Waktu itu, aku dapet dua soal tentang ini, satunya tabel penjualan gitu, kemudian yang kedua diagram garis. Keduanya sama-sama diminta menyimpulkan. Tentunya tinggal memilih dijawaban yang sudah disediakan.

Tips: Disoal jenis ini teman-teman harus konsentrasi dan jeli membaca info yang ada di grafik / tabel yang disediakan kemudian baca pilihan. Tidak usah terburu-buru karena waktunya lumayan lama.

TAMPILAN SOAL TES PRAKERJA

Kalau untuk tampilannya bagi yang sudah terbiasa ngerjain soal online tidak jauh berbeda. Kalau versi pc/komputer/laptop nanti di bagian kiri ada bilah nomor soal, jika butir soal sidah kita kerjakan wana nomor akan menjadi biru. Jadi disini kita bisa pantau nomor berapa saja yang belum kita kerjakan. Kita juga bisa langsung klik di nomor yang kita inginkan.

Di tengah ada timer hitung mundurnya. Lalu dibawahnya ada soal-soal yang harus kita kerjakan.

Kalau versi hp/smartphone nya saya kurang paham, karena waktu itu saya pakai pc. Kalau teman-teman ada yang tau dam mau berbagi silahkan ditambahkan dikolom komentar ya.

Itu tadi informasi yang bisa saya bagikan mengenai soal-soal tes prakerja. Semoga info ini bermanfaat buat temen-temen. Bisa tes dengan lancar, laku nantinya mendapat kartu prakerja. Aamiin.

Terimakasih sudah membaca, jika dirasa tulisan ini bermanfaat free for share ketemen-temenmu yang belum daftar kartu prakerja. Karena setiap gelombang sepertinya akan dibuka setiap pekannya. Dan selama belum lulus kita bisa terus coba mendaftar disetiap gelombangnya.

ARTIKEL TERKAIT: CARA MENDAFTAR KARTU PRAKERJA
Debi Pranata Berkenalan dengan orang baru adalah hobiku, menulis adalah duniaku, dan pekerjaan ialah hiburanku, Ibadah tugas utamaku. Mari berkarya :)

2 Responses to "BEGINI SOAL-SOAL TES DAFTAR KARTU PRAKERJA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel