Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BERANGKAT KE MALAYSIA SENDIRIAN

Tanggal 29 Februari 2020 aku berangkat dari rumah naik bus ekonomi, kebetulan bareng Pisces Feri Susanto dan Diah Suryani jadi lumayanlah ngga terlalu gabut amat disepanjang perjalanan. Mereka mau daftar sekolah perhotelan dan perkapalan, Alhamdulillah sorenya dapet kabar kalau mereka di accepted program itu walaupun sempat ada tragedi Diah kehilangan jam tangan kesayangannya sebab tertinggal di mushola pertamina. Hehe tapi yakinlah Allah bakal ganti dengan sesuatu yang lebih lagi, sepanjang kita ikhlas dengan ketetapannya.

Perjalanan Mesuji – Natar memakan waktu yang tidak singkat. Aku sampai di Natar pukul 02.00 pm sedangkan aku flight ke Soekarno Hatta Airport pukul 06.30 pm. Masih ada beberapa waktu untuk aku bersantai. Kenapa aku turun di Natar karena waktu itu aku search GPS Grapari Telkomsel dari Bandara Raden Intan di Natar. Perlu ke Grapari solanya aku perlu mengaktifkan data roaming, dan beli paket data internet di Malaysia. Sebelumnya udah coba daftar sendiri ngikuti tutorial yt, gagal. Sudah pakai my T-Sel apps ya ndak bisa juga, yasudah opsi terakhir aku harus ke grapari. Bus berhentinya kelabasan, aku harus order Gojek dulu buat ke grapari, sepanjang perjalanan aku minta tolong ke mas drivernya buat berhenti disetiap Konter Hp yang gede karena aku butuh OTG dan colokan tiga. Otg buat ngeback up dokumentasi difd selama di sana, dan colokan karena di Malaysia colokan listriknya beda sama di Indonesia, walaupun bisa diakali tapi aku pengen cari aman, nyari colokan dimaksud, sudah lebih dari 6 toko yang kusinggahi OTG dapet, tapi colokan dimaksud tidak ada, sampai ditoko listrikpun juga tak ada. Untung mamasnya baik. Sabar banget.

Sampai di grapari sekitar jam 3, masih dibuka tapi plangnya tulisan yang ditampilkan CLOSED. Yah, aku coba nekad aja masuk ternyata didalam masih ada mamas petugas kebersihan kalau tak salah, katanya Grapari dihari sabtu hanya sampai tengah hari saja bukanya. Krik. Yasudah deh, aku langsung aja ke bandara Raden Intan.

Sebenarnya sudah bandara internasional, tapi ntah sebab apa, mungkin karena masih baru, jadi kalaupun mau ke luar negeri harus transit dulu. Aku cek tiket pesawat Lampung – Kuala lumpur harganya jauh lebih mahal dari pada Soekarno Hatta – Kuala Lumpur. Sedangkan kalau toh berangkat dari Lampung harus transit di Soekarno Hatta dulu selama 7 jam. Jadi aku mending beli dua tiket. Waktu itu tiket Lampung – Jakarta dapet yang 360an, sedang tiket PP Lampung – KL dapet yang 900.

Ini bukan first trip aku naik pesawat, jadi udah tenang udah tau alurnya. Aku chek in satu jam setengah sebelum keberangkatan, ngga ada masalah. Hanya saja yang aku pikir koper bisa di taruh dibagasi ternyata ngga bisa. Sebab aku beli tiket yang non bagasi, ngga dapet bagasi, akhirnya ditaruh kabin saja. tapi ternyata, lebih enak ditaruh bagasi kabin kejaga aja. Jadi ngga ada insiden ransel ketinggalan pas kayak di Sulawesi dulu. Jadi selama seminggu di Sulawesi aku ngga bawa baju sehelaipun, untung banyak orang-orang baik, jadi aku pinjem baju. Ya cuman gegara tas nyangkut dibagasi, gara-gara banyak transit, orang sudah sampai kendari, tas masih di Jakarta. Konyol kan. Oke balik lagi ke perjalanan CIP.

Perjalanan Lampung  - Jakarta ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit, alhamdulillah perjalanan lancar. Karena aku landing di Terminal 1 (T1) Soekarno Hatta dan berangkat ke KL terjadwal diterminal 2 (T2), maka aku harus cari transportasi dulu buat ke T2. Bingung? Iya karena just alone ditanah orang dipusat keramaian. Dulu sudah pernah pindah terminal tapi naik bus terminal itupun berdua nggak sendirian. Nah sekarang ada Sky Tren yang lebih cepat, belum pernah naik plus sendirian. Dari pada bingung, aku cari mushola dulu sholat Maghrib dan Isya. Selepas sholat aku lanjutkan perjalanan, searching dulu cara naik skay tren di soetta gimana, wkwk. Nggak nemu artikel yang tepat akhirnya aku nanya ke petugas bandara, orangnya cukup dingin jawab pertanyaannku sedingin cuaca malam itu. Tapi alhamdulillah cukup bisa aku pahami dengan baik arahannya. Senjataku waktu itu sok tau, jalan-jalan aja ngikutin petunjuk arah yang ada, alhamdulillah sampai juga keterminal 2F.

Waktu menunjukkan pukul 11 malam, ngantuk? Iya. Capek? Enggak, seru aja si lontang lantung sendirian. Oiya jadwal flight ke KL waktu itu jam 5.15 pagi, jadi kebayang dong kegabutan dibandara ngapain aja.  Jalan kesana kemari naik turun lift, edisi muterin T2 soetta, mungkin kalau skay tren  masih beroperasi tengah malah saya bakal ke T3 yang katanya instragamable tempatnya. Tapi sayangnya hanya beroperasi sampai jam 11 malam (kalau tidak salah). Jam 1 dini hari aku kelaperan, secara mondar mandir tanpa tujuan yang jelas. Mau go Food ngga mungkin karena aku ngga tau tempat mereka bersemayam para sepeda motor dimana, karena dulu pernah go food di bandara nyari mamang yang bawa makanan hampir setengah jam ngga ketemu, yang tadinya ngga laper perut jadi tambah laper dan pala nyut-nyutan. Udah gitu salah pesen pula, ayam doang ngga ada nasinya.

Dari pada ribet aku cari di bandara aja, hanya sedikit ruko yang buka karena memang sudah malem banget, satu-satunya yang masih jualan nasi setauku cuman K*C yasudah aku masuk dan pesen makanan. Habis duit 75rb buat beli dua potong ayam sama segumpal nasi + es teh + ketang goreng. Mahal? iya untuk ukuranku. Tapi gimana lagi, wong laper. Bener-bener aku nikmati. Makan selesai. Urusan perut sudah aman.

Balik tempat tunggu 2F jadwal penerbanganku sudah tertera di monitor informasi, ternyata bisa chek in masih jam 3. Ngantuk ? iya. Tapi aku putuskan untuk ngga tidur, aku menduga diriku tipe orang yang susah bangun, mana sendiri lagi, ngga mau aja ada cerita ketinggalan pesawat dan harus beli tiket ulang karena ketiduran. Scrool medsos, nonton yt, baca buku, begitulah aktivitasku malam itu untuk menunggu waktu chek in, kalau udah mulai ngantuk jalan kesana kemari biar ngantuknya ilang.

Ternyata dibandara sudah ada salah satu delegasi juga dari Solo, namanya mbak Anisa, beliau transit kalau tidak salah, tapi harus flight jam 2 lebih kalau tak salah, jadi tak sempat ketemu, tapi lumayan bisa jadi temen chatting. Tak lama kemudian ada Anisa dari Bandung diantar ayahnya. Aku menemui bersalaman dan ngobrol sama bapaknya.

Tak lama kemudian kak Echy datang, karena memang sudah janjian sama Sari sebelumnya, kami bisa chek in dijam yang sama tapi  beda terminal kalau tak salah karena kami beda maskapai. Alhasil aku sendirian lagi. Nandita, kak Trias, Hani, dan Kholif kuprediksi sudah sampai dibandara juga, tapi aku check in lebih dulu, aku menduga-duga yang mana mereka, feelingku kuat, aku sudah menemukan mereka sejak chek in di soetta, tapi sengaja diem aja. Wk, ngantre di imigrasi barengan, diruang tunggu yang sama, gate yang sama, pesawat yang sama, baru sampai di KL sebelum di cek di imigrasi aku sapa mereka. Dugaanku tepat, mereka adalah delegasi CIP. Berakhirlah sudah kesendirianku kala itu. waktu itu ketambahan satu orang, Risky umi dari Tulung Agung.

Post a Comment for "BERANGKAT KE MALAYSIA SENDIRIAN"