Q n A - WHATSAPP SHARING: TRIK MENYUSUN CV


Pertanyaan 1: di CV kan story telling kita harus clear ya kak, nah kalau misalkan kita punya banyak pengalaman yg kadang ngak ada hubungannya apakah kita harus tuliskan semua atau dipilih saja sesuai dgn tujuan CV tsb kak?

Dipilih sesuai dengan 'brand diri yg akan kita highlight di CV tersebut, kita ingin terlihat menjadi pakar/ahli di bidang apa, dipilih yg paling relevan dan update untuk dimasukkan. Disini sulitnya, kalau saya biasanya brainstorming dengan teman, untuk bisa dapet angle/poin of view yg pas banget, apa2 yg harus dicantumkan dan apa2 yg tidak. Karena secara halaman kan terbatas di 1-2 halaman saja ya, jd harus di pilih sebaik mungkin.

Pertanyaan 2: CV itu harus baku 1 untuk satu orang atau kita boleh punya CV yg story tellingnya berbeda kak? misal untuk CV daftar kerja di tempat A kita cuma memakai dari pengalaman tertentu dan daftar beasiswa memakai pengalaman dari yg lain. Apakah bisa atau seperti apa kak?

Tentu boleh berbeda, disesuaikan dengan institusi/lembaga/kantor yg kita tuju. Saya sendiri punya 3 CV, CV dengan kepakaran akademik, CV dengan kepakaran kreatif, dan CV dengan kepakaran start up dan teknologi. Pas dibutuhkan saya akan pilih yg paling cocok yg mana.

Tapi disisi lain ini juga bukan contoh yg baik, karena biasanya semakin ahli seseorang dia akan fokus di keahlian yg itu-itu saja.

Pertanyaan 3: misalkan kita mau buat cv nih tapi pengalaman kerja kita yang sebelumnya ga relevan dengan pekerjaan yang mau kita daftar apa kita tetep perlu untuk update cv dan skill yg menunjang atau kita pilih kerjaan yg sesuai dgn background kita (tapi kan cari kerja susah kak☹)?

betul, ini pilihannya adalah upgrade skill. Sekarang upgrade skill TDK sulit kok, banyak tempat magang, belajar online, dll. Karena kan kita mau bertanding dengan ribuan CV lain, pasti di meja si penyeleksi ada banyak CV yg lebih relevan

Kemarin baca artikel dari World Economic Forum, kalau setidaknya di era modern ini, untuk mampu bersaing kita punya 15 skill. Maksudnya, kalau kita bisa design grafis, harus didampingi dengan skill lain seperti marketing, finance, manajemen, komunikasi, dll supaya kita punya paket lengkap untuk jual skill utama kita itu.

Pertanyaan 4:  Sebenernya cv sama portofolio itu sama apa beda kak? terus kalau sama kenapa penyebutannya bisa beda & kalau berbeda karena apa & tujuannya masing-masing untuk apa kak?

Beda, kalau CV itu rangkuman diri, kalau portofolio itu rangkuman project2 atau karya2 yg sudah kita kerjakan. Di portofolio kita boleh kasih foto, attachment karya kita, hitungan lebih detail tentang karya kita (misal dampak yg dihasilkan), dll. Portofolio juga medium'nya lebih beragam, kalau anak2 IT ada git hub, bisa juga presentasi di ppt (khusus kita buat), memajang karya di Instagram, memajang karya di dribble kalau anak design, dll.

Pertanyaan 5:  CV dengan kepakaran akademik, CV dengan kepakaran kreatif, dan CV dengan kepakaran start up dan teknologi. Apakah ada template khusus yang berbeda untuk cv tsb kak atau sebenarnya sama saja tetapi story nya yg berbeda? dan bolehkah rekomen kita profile linkedin yg muatan kontennya keren & padat kak?

Sama saja, hanya misal saya ada pengalaman riset sebuah kebijakan pembangunan, itu tidak saya cantumkan di CV yg kreatif, di CV kreatif saya cantumkan hal2 yg fokus kreatif saja seperti menjadi content writer, menulis script, dll

Untuk Linked in, Iman Usman (Ruang Guru) cukup representatif, Alia Noor Anoviar juga (do'i berpengalaman di beberapa HRD perusahaan juga).

Pertanyaan 6: Apakah setiap negara itu punya standar CV yang beda2.? Misal kalo mau ke Eropa lebih baik pakai templete dari europass. Atau tidak ada aturan. Dan bisa pakai format yang telah dijelaskan?

sejauh saya me-review punya siswa GoGoCourse si tidak berbeda, mereka ada yg di Asia, Eropa, Amerika, Australia. Sepanjang institusi tersebut tidak mengharuskan pakai template khusus yg sudah mereka sediakan, maka aturan umum penulisan tadi berlaku.

Pertanyaan 7: Tadi dijelaskan untuk skill harus ada legalistas. Misalnya kemampuan bahasa ETS. Nah kalau untuk skill yg lain bagaimana? Seperti hard skill misal. Atau kalau tidak ada legalitasnya lebih baik tidak usah dimasukkan?

Hmmm... Hard skill bisa ditampilkan melalui pengalaman kerja, misal kita bisa coding, tulis saja di pengalaman kerja kita pernah mengerjakan project apa/kerja di bidang itu, maka si pembaca CV akan paham bahwa kita memang punya skill tersebut.

Pertanyaan 8: Kalau misal Award / Experience yang menurut  saya terbaik itu gak sesuai sama kepentingan, tetap ditulis saja atau cari yang lain (yang biasa aja) tapi sesuai sama kepentingan pembuatan CV itu? dan dalam sebuah CV adakah bagian tertuntu yg memiliki poin besar. Misal antara Award / Eksperience. Atau semua sama saja dan tergantung tujuan yang mau kita apply kak?

Yang award besar td diamati dulu, misal kita ingin bekerja di GE, tentu disana kita harus ahli secara teknik. Tapi kita pernah jadi ketua organisasi se Indonesia, dicantumkan saja, karena unsur leadership tapi akan bisa diterapkan ketika kita kerja di GE (General Elektrik).

Tidak ada bobot mana yg lebih besar, tergantung kita kuatnya dimana, dan lembaga yg kita tuju lebih suka yg mana. Kalau kita mau kerja di Google, sudah barang tentu bobot pengalaman kerja/project lebih dihitung ketimbang IPK, jadi kita juga harus pahami kultur institusi/perusahaan tersebut.

Pertanyaan 9: kan didlm CV terdapat beberapa penghargaan jika memenagkan suatu lomba apa itu lomba internasional, nasional, provinsi, dkk. nah yg kita tulis didlm CV harus kah yang kita menangkan saja atau bisa kita cantumkan lomba yg wow banget yg kita ikuti tapi kita blm beruntung untuk menang? lalu terkait lomba2 yang diikuti dlm perlombaan online gimana kak apakah musti ditulis juga atau tidak sebaiknya?

ini pandai-pandai cara kita bercerita, tentu menang lomba puisi tingkat kabupaten akan kalah prestise dengan ikut lomba lawan puluhan ribu penyair lain di tingkat dunia misal. Nah kuncinya disini kita harus clear di poin out'nya supaya pembaca CV paham, jika untuk jd peserta di lomba tersebut saja sudah keren, misal dengan menuliskan kualitas lawan-lawannya, banyak'nya jumlah lawan-lawannya, dll

Online oke juga di masukkan, itu juga sebuah prestasi tho... Hanya platform'nya saja yg berbeda. Tetap di poin out juga, itu lomba apa, tingkat apa, lawannya seperti apa, pesaingnya seberapa byk, dll.

Pertanyaan 10: Bagaimana mencantumkan reference atau rekomendasi di cv? Apakah perlu dilampirkan juga surat pernyataan rekomendasi dr pihak yg merekomendasika kita?

Tidak pakai surat, cukup ditulis nama , jabatannya apa, dan institusinya apa. (Ada contohnya di slide yg saya share). Ada yg langsung mencantumkan kontak mereka di CV tersebut, seperti nomor telfon/email. Tapi ada juga yang tidak mencantumkan. Sehingga si pembaca CV, jika ingin menghubungi reference akan kontak kita dulu, baru kita berikan kontak reference tersebut.

Pertanyaan 11: Seberapa  besar sih mbaa kemampuan skill bahasa itu dalam membuat cv? Lalu kalau kita ndak punya pengalaman menarik, atau prestasi prestasi gituu apa sih yang harus kita tonjolin biar cv kita bisa diliat?

maksudnya kemampuan bahasa perlu tidak untuk dicantumkan di CV ? Tergantung kita akan kemana, kalau kerja di perusahaan multinasional, mau S2 ke luar negeri ya penting banget

kalau kemampuan bahasa yg dibutuhkan untuk menulis CV ya, yg penting EYD/Tata Bahasa'nya benar, mudah dipahami, dll

Kalau ngga ada yg ditonjolin itu bisa jd kita belum Nemu aja, sebenernya ada hal keren di diri kita tapi kita TDK menyadari, kalau masih ngga ketemu juga, berarti itu alarm untuk upgrade diri bro/sis !

Pertanyaan 12: terkait dengan informasi di kolom riwayat pendidikan , apakah kita perlu mencantumkan judul skripsi atau tesis yg pernah kita tulis? Dan untuk kebutuhan CV yg ditujukan kemana ? Apakah bekerja atau lanjut studi? Atau keduanya ? 🙏

Ini kalau sekiranya riset skripsi kita keren untuk di Highlight, cantumkan saja. Dan kalau misal CV kita untuk keperluan akademik, ini akan memberikan kredit yg bagus, kalau untuk kerja ya kita cek lagi, ada relevansinya atau tidak antara judul skripsinya dengan pekerjaan kita.

Pertanyaan 13: Bagaimana caranya kita menjawab pertanyaan ' kenapa kami harus memilih anda untuk bergabung bersama kami' dalam perwujudan CV? ada gak kak tips n triknya?

Background pendidikan yg bagus, pengalaman yg bagus, dll. Karena semakin mahal kita, kita yg akan dicari, mereka tidak akan bisa menolak kita kalau kita "super potensial".

Atau tunjukkan juga di bagian pengalaman kerja, prestasi-prestasi di pekerjaan sebelumnya.

Pertanyaan 14: Klo untuk bahas indonesia bolehkah di share contoh cv nya yg bener sesuai yg dijelaskan tadi kak? atau sama saja dgn yg contoh bahasa Inggris hanya bahasanya saja yg berbeda?😁

sama saja, bahasanya saja diubah menjadi Bahasa Indonesia.

Pertanyaan 15: contoh desain CV yang menarik itu seperti apa kak & App apa yg baik, mudah dan menarik untuk digunakan  membantu CV scr mandiri?

sebenernya saya bukan aliran CV yg di design2, yg penting penulisannya rapi dan mudah di baca. Konten dari CV'nya benar2 menunjukkan kualitas diri kita yg berkelas. Seni menulisnya disini.

Kalau sekedar design atau template banyak sekali, Canva bisa, di Ms Words juga sepertinya ada template'nya, europass, dll.

Pertanyaan 16: Beberapa perusahaan meminta para pelamar kerja mengirim cv melalui email, bagaimana sebaiknya kalimat pengantar yang harus kita sematkan saat mengirim cv tersebut?

Surat pengantar ini namanya cover letter kak... Contoh dan bagian-bagiannya terdiri dari apa saja ada di PDF yang tadi sy share kak.

Pertanyaan 17: sebaiknya cover letter dijadikan satu file dengan CV atau di pisah ya?

kalau dulu lembar yg terpisah, kalau sekarang karena tren mengirim CV via email, biasanya cover letter'nya di badan emailnya, terus CV'nya di attachment email.

Pertanyaan 18: Kak kalau saya sedang membuat CV tapi stuck untuk menggambarkan pengalaman saya melalui rangkaian kata yang indah & ringkas, bolehkah saya minta bantuan ke kak Candra atau GoGoCourse? atau mungkin GoGoCourse ada program untuk review & pengecekan CV secara professional & personal? Jika ada harus kontak kemana dan bagaimana ya kak sistemnya?

wihhhh pertanyaannya kok bisa jadi peluang promo. Bisa... Kita bisa bantu brainstorming, profreading, dll. Untuk info lebih lanjut ada di feed IG kita di @gogocourse ya kak

kalau cuma perlu feedback tipis, chat Kak Anggi juga bisa, for free.

Pertanyaan 19: Apakah boleh materi diskusi malam ini di share? Soalnya ada beberapa kawan yg tidak berhasil masuk karena grup penuh dan membutuhkan materi ini.

Boleh, yg penting tetap mencantumkan logo kami yaaa... Tapi jangan khawatir, karena banyak request sepertinya kami berencana membuat sharing batch 2 juga, ditunggu saja infonya di IG @gogocourse ya.

Semoga Bermanfaat.
Baca juga materi dari Q n A ini; TRIK MENYUSUN CV

Sumber Gambar dan Materi: WAG GOGO X CANDRA - WhatsApp Sharing: Trik Menyusun CV (dan beragam kesalahan penyusunan CV) - yang diadakan oleh GoGoCourse Lampung.

0 Response to "Q n A - WHATSAPP SHARING: TRIK MENYUSUN CV"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel