INFO LENGKAP PMDK POLITEKNIK NEGERI 2018

KATA PENGANTAR
Forum Direktur Politeknik Negeri se-Indonesia (FDPNI) pada tahun 2014 menetapkan pola Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN) akan dilakukan bersama dan diikuti oleh seluruh Politeknik Negeri se-Indonesia (sebanyak 38 Politeknik Negeri) secara on-line. Hal ini dilaksanakan dengan berdasarkan pada UU No. 12 Tahun 2012, PP No. 66 dan PP No. 34 Tahun 2010.

Jalur PMDK-PN merupakan seleksi Jalur Undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta/siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Bidang VOKASI atau Politeknik Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak melalui seleksi prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas.

Pendaftaran calon peserta/Siswa melalui jalur PMDK-PN tidak dikenakan biaya apapun karena semua biaya telah dibebankan pada anggaran pemerintah. Jalur PMDK-PN ini juga mengakomodir calon peserta/siswa yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program Beasiswa Bidikmisi.

Informasi iengkap serta tata cara pendaftaran Jalur PMDK-PN dapat diakses pihak sekoiah melalui situs www.pmdk.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan panitia kepada masing-masing sekolah dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya. Selanjutnya siswa-siswa tersebut akan diberikan usemame dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara on-line.

Selain mengakses situs www.pmdk.politeknik.or.id peserta dapat juga menghubungi Politeknik Negeri yang tergabung dalam PMDK-PN ini. Selanjutnya kami mengharapkan kerjasama semua pihak yang terkait dengan sistem PMDK-PN sehingga proses ini dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan.

KAMPUS TUJUAN
kampus tujuan adalah seluruh politeknik negeri yang ada di Indonesia.

BIAYA PENDAFTARAN
Biaya pendaftaran dalam jalur ini GRATIS.

PROGRAM STUDI DAN JUMLAH PILIHAN
Pendaftar diperkenankan memilih 3 pilihan dari 2 politeknik dengan jurusan yang berbeda.

KETENTUAN UMUM DAN SYARAT PENDAFTARAN
Ketentuan Umum
·         PMDK-PN merupakan pola seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya.
·         Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam PMDK-PN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
·         Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.
Ketentuan Khusus
Persyaratan Sekolah
Sekolah yang siswanya berhak mengikuti PMDK-PN adalah:
·         SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta, termasuk sekolah RI di luar negeri.
·         Terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional (UN) 2018.
Persyaratan Siswa Pelamar
Pendaftaran
·         Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2018
·         Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
·         Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah
·         Memiliki prestasi akademik di sekolah pada semua semester
Penerimaan
Lulus dari Ujian Nasional dan Satuan Pendidikan, lulus PMDK-PN 2018, sehat jasmani dan rohani, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing Politeknik penerima.

PRINSIP DAN MEKANISME SELEKSI

Prinsip Seleksi

  • Seleksi dilakukan untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berkualitas secara akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi-prestasi lainnya serta hasil ujian nasional.
  • Seleksi dilaksanakan dengan memperhatikan kinerja sekolah.
  • Seleksi dilaksanakan secara objektif dan adil dengan menggunakan rambu-rambu kriteria seleksi nasional dan kriteria yang ditetapkan oleh Politeknik Negeri masing-masing.
  • Hasil seleksi tidak harus memenuhi daya tampung apabila pelamar tidak memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.

Seleksi dilakukan secara bertahap, yaitu:

  • Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di Politeknik Negeri pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi.
  • Apabila siswa pelamar tidak terpilih pada Politeknik Negeri pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di Politeknik Negeri pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi dan ketersediaan daya tampung.
TATA CARA MENGIKUTI PMDK PN
Pada dasarnya semua siswa kelas terakhir yang mengikuti UN pada tahun 2018 berhak mengikuti PMDK-PN. Untuk mengikuti PMDK-PN. 
  • Siswa pendaftar harus di rekomendasikan terlebih dahulu oleh pihak sekolah
  • Siswa pendaftar melakukan pengisian data
JADWAL PENTING
15 Januari - 14 April 2018Penyebaran dan request undangan
15 Januari - 14 April 2018Pengisian data oleh sekolah
15 Januari - 14 April 2018Pengisian data oleh siswa
1 Minggu Setelah FinalisasiPenerimaan berkas
9 Mei 2018Pengumuman
Sumber: pmdk.politeknik.or.id

semoga bermanfaat :)
#AyoKuliah

0 Response to "INFO LENGKAP PMDK POLITEKNIK NEGERI 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel