Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RHINITIS ALERGI BISA MENYERANG SIAPA SAJA, AYO CEGAH DENGAN KEBIASAAN BAIK


Bisa dibayangkan betapa tidak nyamannya saat Anda beraktivitas lalu tiba-tiba alergi berupa datang mengganggu Anda. Meskipun demikian, setiap orang bisa saja menderita berbagai alergi tergantung bagaimana kondisi tubuhnya. Maka dari itu, alergi perlu diwaspadai karena bisa menyerang ketika sesuatu hal datang dan menyebabkan terjadinya alergi. 

Termasuk rhinitis alergi yang bisa menyerang siapapun. Rhinitis alergi akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman terutama pada area rongga hidung. Sudah ada banyak website kesehatan yang mengulas seputar penyakit yang satu ini dan artikel berikut akan mengulas seputar beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya rhinitis alergi. Berikut ini beberapa diantaranya :

Cuci bantal, boneka, sprei, karpet dan tirai

Penyakit rhinitis alergi bisa datang dari mana saja, termasuk dari rumah Anda atau bahkan di dalam ruang kamar Anda. Sebab, rhinitis alergi disebabkan oleh debu yang bisa menimbulkan alergi pada sistem pernapasan kita. Salah satu yang perlu diwaspadai yakni pada area kasur khususnya di pada bantal, boneka, sprei hingga karpet dan tirai di kamar Anda.

Untuk mencegah rhinitis alergi, usahakan untuk selalu membersihkan bantal, sprei tempat tidur dan boneka yang ada di kamar Anda. Ketiganya bisa menyimpan debu berbahaya yang menjadi penyebab utama rhinitis alergi. Bersihkan juga area tirai dan karpet karena seringkali terlupakan meski sebetulnya jadi sarang tempat tinggal debu berbahaya. Dengan membersihkan debu-debu tersebut, nantinya Anda akan mendapatkan ruangan yang lebih bersih serta terbebas dari rhinitis alergi.

Perhatikan sirkulasi udara di dalam rumah

Penyakit bisa menyebar dari mana saja, mulai dari makanan, air, sampai udara. Udara merupakan salah satu yang paling perlu diwaspadai karena kasat mata dan bisa menyerang siapa saja. Termasuk penyakit rhinitis alergi yang besar kemungkinan penyebarannya melalui udara yang ada di sekitar Anda.

Agar udara yang ada di rumah Anda tidak menjadi salah satu wadah penyebaran rhinitis alergi, maka sebaiknya perhatikan selalu sirkulasi udara yang ada di dalam rumah. Rumah dengan sirkulasi udara yang buruk akan mengakibatkan penyebaran penyakit rhinitis alergi jadi lebih cepat terutama apabila rumah Anda tidak terjaga kebersihannya. Berikan ventilasi yang memadai agar sirkulasi rumah tetap terjaga dan anggota rumah terbebas dari rhinitis alergi.


1 comment for "RHINITIS ALERGI BISA MENYERANG SIAPA SAJA, AYO CEGAH DENGAN KEBIASAAN BAIK"

  1. Terimakasih infonya ya, semoga kita bisa mencegah penyakit alergi rinitis

    ReplyDelete