INFO TERBARU SNMPTN DAN SBMPTN 2020


LTMPT adalah kependekan dari Lembaga Tes Masuk Perguruan tinggi. Dari tahun ketahun saya selalu ingin tahu dengan sistem penerimaan mahasiswa baru dikampus-kampus melalui jalur Nasional. Saya berpikir ini adalah proses awal dari laboratorium pendidikan tinggi yang teramat penting jadi saya sebagai orang pendidikan harus punya wawasan tentang ini.

Tahun kemarin sudah ada istilah ini, namun dengan berkembangnya arus teknologi dan komunikasi. Sistem yang ada diperbaharui dengan istilah yang masih sama yakni LTMPT.

Baiklah, saya tidak akan bahas tentang sistem yang diterapkan tahun lalu, tapi saya akan membahas yang akan diterapkan ditahun 2020 yang prosesnya sudah dimulai hari ini, 2 Desember 2019.

Bagi siswa/i kelas 12 pasti menjadi hal baru dan sangat asing istilah dan proses awal untuk mendaftar keperguruan tinggi, maka diperlukan banyak literatur untuk membuat adik-adik paham, dan itulah salah satu kenapa saya membuat postingan ini. Butuh banyak orang yang siap ditanya, dll. Kalau ada pertanyaan silahkan disampaikan dikolom komentar dik. InsyaaAllah sesegera mungkin saya respon sesuai dengan pengetahuan saya. Saya pernah ada diposisi kalian, jadi saya tidak ingin kalian kekurangan info dan melewatkan banyak kesempatan yang ada.

Tahun ini diberlakukan kebijakan SSO atau yang lebih dikenal dengan Single sign On. Pada intinya kebijakan ini mewajibkan kepada seluruh siswa yang akan mengikuti SNMPTN dan SBMPTN tahun 2020 harus memiliki akun LTMPT yang periode pendaftarannya dari tanggal 2 desember 2019 sampai tanggal 7 Januari 2020.

Akun LTMPT ada dua macam, yakni akun sekolah dan akun siswa. Akun sekolah dibuat dan diisi oleh sekolah dan akun siswa di buat dan diisi oleh siswa. Kedua akun bisa di daftar secara bersamaan tidak harus menunggu sekolah buat akun terlebih dahulu baru siswa.

Pembuatan akun sekolah dengan memasukkan kombinasi NPSN dan kode registrasi sekolah di dapodik. Kalau NPSN pasti sudah banyak yang tahu tapi kalau kode registrasi dapodik biasanya hanya operator yang tahu. 

Setelah itu kita akan dibawa kehalaman diminta untuk mengisi nama kepsek/operator, tanggal lahir, email aktif, dan password akun. Kemudian aktivasi akun melalui email. Pada tahap ini harap bersabar, karena sistem tidak mengirimkan link aktivasi ke email secara otomatis. Tapi kita diminta bersabar menunggu 1 x 24 jam untuk mendapatkan email yang berisi link aktivasi akun LTMPT.

Pembuatan akun siswa dengan memasukkan kombinasi NPSN, NISN, dan TANGGAL LAHIR.

Pada rentang ini hanya proses pembuatan akun saja. Belum pengisian PDSS dan sebagainya.

Sekolah perlu memperhatikan jumlah siswa yang akan mendaftar dengan akreditasi sekolah.

Karena tidak semua siswa dapat mengikuti SNMPTN. Yang bisa mengikuti yakni siswa yang lolos pemeringkatan saja. Dengan ketentuan akreditasi sekolah A maka 40% dari jumlah siswa yang didaftarkan dengan peringkat tertinggi, untuk sekolah akreditasi B hanya 25% dari total siswa keseluruhan. Dan untuk sekolah dengan akreditasi C sebanyak 5%.

Tujuan dari hal tersebut sangat jelas. Panitia menyaring siswa siswi terbaik dari sekolahnya untuk di ikutkan ke SNMPTN.

Jadi, alangkah baiknya ketika sekolah mendaftarkan semua siswa kelas 12 yang ada disekolahannya.

Sangat disarankan baik pihak sekolah maupun siswa sebelum melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu membaca seluruh ketentuan yang sudah ada di websiter reasmi LTMPT. Masuk ke web https://ltmpt.ac.id setelah itu klik unduhan lalu unduh semua unduhan tahun 2020.
Daftarnya disegerakan saja. Intinya jangan menunggu akhir masa pendaftaran. Khawatir server down.

Oiya... Kalau tahun-tahun sebelumnya ada bidikmisi sekarang diganti dengan kip kuliah. Tapi sayangnya sampai saat ini (postingan dibuat) website kip kuliah kemdikbud belum bisa diakses.

Setelah tuntas membaca, saya yakin akan benar-benar paham dengan sistem yang akan diberlakukan.

Semangat. Semoga kalian semua berhasil dan lolos SNMPTN dan SBMPTN 2020.
Dear pihak sekolah, semangat juga membantu siswa dan siswi masuk ke jenjang perkuliahan. Semoga Allah lancarkan  segala prosesnya.

Salam cerdas gemilang...

0 Response to "INFO TERBARU SNMPTN DAN SBMPTN 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel