MENGISI LIBURAN SEKOLAH

LIBURAN SEKOLAH
Semangat pagi. Kapanpun kamu membuka blog ini semoga tetap memiliki semangat layaknya paginya orang-orang yang sukses. Yang katanya, merasa gagal dihari itu ketika saat adzan subuh berkumandang belum tau hari itu mau ngapain.

Liburan sekolah adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh sebagian pelajar disemua jenjang baik tingkat pra TK (nol kecil) sampai perguruan tinggi, ya meskipun ada sebagian orang yang malah berlaku sebaliknya, yakni tidak suka dengan adannya hari libur dengan berbagai alasannya. Liburan terpanjang bagi pelajar yakni libur semester bisa sampai berkisar tiga minggu atau bahkan satu bulan. Nah jika liburan selama itu tidak dimanfaatkan dengan baik, maka yang ada kamu akan temui kejenuhan dalam hari-hari liburan yang harusnya membahagiakan itu.

Baiklah berikut ada beberapa rekomendasi kegiatan untuk mengisi hari libur sekolah.

BERKUNJUNG
Budaya kunjung mengunjungi atau dalam islam dikenal dengan Istilah silaturahim tentu sangat banyak manfaatnya. Salah satu hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim menyebutkan bahwa “Engkau menyembah Allah dan tidak menyekutukan sesuatu dengannya, mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan menyambung silaturahmi”. Maka jelas bagi siapapun yang menjalankan perintah Allah akan didekatkan dengan syurga dan dijauhkan dari neraka. Dan silaturahim juga dapat memperluas rejeki seseorang lho, “siapa yang suka dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya hendaklah dia menyambung tali silaturahmi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Bagi yang memiliki kampung halaman tentu akan menjadi hal mengasyikkan. Bahkan pulang kampung dulu ketika saya duduk disekolah dasar menjadi tema yang sangat populer ketika diberi tugas oleh guru bahasa indonesia membuat cerita liburan pasca libur semester.  Yakinlah dibalik perjalanan yang dilakukan saat berlibur akan terdapat banyak sekali hikmah kehidupan. Opsi berkunjung kerumah teman-teman sekelas juga bagus untuk dilakukan, alangkah lebih baik lagi jika kalian punya program semacam home visit dari rumah kerumah secara terjadwal rapi sepanjang liburan semester.

TRAVELING
Nah biasanya, hal satu ini juga sudah menjadi kebiasaan atau bahkan sesuatu yang wajib jika liburan tiba. Minimal ke destinasi wisata yang ada didekat tempat tinggalnya. Liburan ketempat wisata juga akan menjadi hal menyenangkan untuk mengisi liburan sekolah, apalagi jika hal itu dilakukan bersama keluarga tercinta, selain bisa mempererat rasa kekeluargaan juga menambah wawasan kalian. Apalagi jika tempat wisata itu mengandung unsur-unsur sejarah atau pembelajaran lainnya, tentu akan sangat bermanfaat.

Tahukah kamu bahwa ternyata traveling juga merupakan salah satu hal yang dianjurkan dalam Islam lho. Misalnya dalam Qur’an surat Luqman ayat 31 disebutkan “tidakkah kamu memperhatikan bahwa sesungguhnya kapal itu berlayar dilaut dengan nikmat Allah, supaya diperlihatkan-Nya kepadamu sebagian dari tanda-tanda Kekuasaan-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi semua orang yang sangat sabar lagi banyak bersyukur.”

Jadi traveling atau jalan-jalan yang kita lakukan harus dalam rangka untuk mengagumi ciptaan-Nya. Jangan malah sterlalu sibuk jalan-jalan sampai-sampai lupa waktu sholatnya. Indikator keberhasilan dari jalan-jalan salah satunya dengan bertambah semangat hidup untuk melakukan kebaikan, juga tentunya bertambah cinta kita pada sang pencipta.

 IKUTI EVENT BERMANFAAT
Nah biasanya ada banyak lembaga yang menyelenggarakan acara-acara memang ditargetkan untuk anak-anak liburan sekolah. Lembaga yang menyediakan fasilitas pendidikan non formal yang dikemas dengan kegiatan yang menyenangkan. Kalian bisa mencarinya melalui berbagai sumber seperti internetdan media sosial. Sebagai contoh event pengabdian empowering, program tahfidz qur’an spesial liburan, atau camp-camp lainnya yang full manfaat.

BELAJAR HAL BARU
Jika kamu adalah tipe pembelajar sejati, atau bisa dibilang maniak belajar. Kalau orang berkegiatan sambil belajar, mungkin kamu punya prinsip belajar sambil berkegiatan. Intinya belajar menjadi hal yang didahulukan selalu. Atau buat kamu juga suka dengan tantangan. Mempelajari hal baru adalah salah rekomendasi terbaik untuk mengisi liburan sekolah.

Coba kamu keluar dari zona nyaman kamu dan pelajari hal baru yang selama ini belum pernah kamu pelajari sama sekali. Misal selama ini kamu nggak pernah suka sama aktivitas membaca, coba buat resolusi liburanmu menghabiskan satu buku untuk dibaca, belajar rajin membaca, atau mempelajari hal baru juga sangat banyak ragamnya tidak terbatas dengan hal yang terkesan membosankan itu, bisa bercocok tanam,  berjualan,dan lain sebagainya. Kebayang kan kalo setiap liburan kamu mempelajari skill baru dalam hidup yang belum pernah kamu pelajari sebelumnya, dalam waktu lama kamu akan banyak  memiliki skill yang tentunya bakal bermanfaat buat masa depan.

Nah selain itu sebenernya memaksimal waktu dirumah untuk membantu kegiatan rumah atau kegiatan orang tua juga nggak kalah mulia nan bermanfaat lho. Liburan ndak melulu harus jalan dan keluar rumah. Yang pasti buat liburanmu sedemikian sehingga menyenangkan full manfaat nan barokah sehingga pas masuk sekolah nanti kamu dapet semangat baru buat belajar ditahun ajaran baru dan tentunya kamu bisa jadi pribadi yang lebih baik lagi dari kamu yang kemarin dari hal apapun.

Semoga liburanmu menyenangkan J

0 Response to "MENGISI LIBURAN SEKOLAH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel