PENDAFTARAN KULIAH | JALUR MASUK PERGURUAN TINGGI NASIONAL 2018

Salam sejahtera untuk kita semua. tak terasa masa-masa sekolah yang paling indah yakni SMA/MA akan segera dilalui, ya waktu seakan bergulir begitu sangat cepat. setelah libur  semester ganjil, pasti akan banyak aktivitas akhir di bangku sekolah di semester genap menuju Ujian Nasional, mulai dari simulasi, jam-jam tambahan dan lain sebagainya. yang pasti pastikan kamu setelah lulus nanti sudah memiliki tujuan kemana kaki akan melangkah. mengambil langkah apapun itu pastikan direncanakan. karena gagal merencanakan sama saja merencanakan kegagalan. 

Nah bagi kalian yang akan melanjutkan keperguruan tinggi juga harus dipersiapkan dari sekarang. pilih jurusan yang kamu minati kemudian pilih kampus yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan kamu. mencari informasi adalah sebuah keharusan bagi kamu yang akan mendapatkan apapun itu. nah tulisan ini akan mengulas tentang jalur masuk perguruan tinggi nasional.

Jalur masuk nasional merupakan seleksi yang dilakukan secara serempak seluruh Indonesia. Misalkan kita yang hidup di Lampung bisa melanjutkan kampus yang ada di pulau jawa, tidak harus datang langsung menghabiskan banyak biaya untuk ke kampus yang kita inginkan. Beberapa jalur masuk yang bisa kamu ikuti adalah sebagai berikut:

1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)


SNMPTN merupakan seleksi pertama yang akan di buka daripada jalur seleksi lainnya. kampus yang dibuka pada jalur ini adalah seluruh perguruan tinggi negeri di bawah kemenristekdikti. SNMPTN bisa diikuti oleh seluruh siswa dan siswi SMA baik yang baru lulus atau lulusan tahun sebelumnya maksimal 3 tahun terakhir. Proses pendaftarannya melalui sekolah dengan mengisi PDDS terlebih dahulu kemudian baru siswa bisa mendaftarkan diri secara mandiri.Pada jalur ini kita tidak perlu mengerjakan soal-soal seleksi masuk. seleksi dilihat dari prestasi siswa baik akademik maupun non akademik. pada jalur ini kita perlu banyak-banyak berdoa karena terkadang hasil yang diumumkan sangat tidak terduga. siswa yang memiliki nilai rapor tinggi belum tentu lulus seleksi, bisa jadi penyeleksi mempertimbangkan hal yang lainnya. pada tahun-tahun sebelumnya jalur ini dibuka pada bulan februari sampai maret, namun pengisian PDDS (di lakukan pihak sekolah) dilakukan dari bulan januari. untuk lebih lanjut mengenai syarat-syarat, time line pendaftaran SNMPTN 2018 bisa dilihat di www.snmptn.ac.id. Jangan lupa selalu update informasi melalui media sosial SNMPTN. Pantengin terus ya... jangan lupa koordinasi dengan operator sekolah ataupun dewan guru disekolahmu. pendaftaran ini gratis.

2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Jalur nasional yang dibuka setelah SNMPTN adalah SBMPTN. biasanya calon mahasiswa yang gagal di jalur pertama akan memanfaatkan jalur ini. semua pendaftaran dilakukan secara online. kampus yang menerima jalur ini  sama dengan jakur SNMPTN yakni perguruan tinggi negeri di Indionesia ddibawah kemenristekdikti. sama halnya dengan jalur pertama jalur ini bisa diikuti oleh seluruh siswa SMA/sederajat maksimal lulusan 3 tahun terakhir. Jalur ini seluruh prosesnya bisa dilakukan secara mandiri tanpa melalui sekolah. setelah melakukan pendaftaran maka kita akan mendapatkan kartu peserta yang harus di bawa saat tes berlangsung. tes bisa dilakuakan panitia lokal terdekat dari calon mahasiswa. biasanya tiap-tiap propinsi ada panlok di ibukota propinsi. kampus tujuanpun bisa memilih kampus mana saja tidak harus kampus yang di temaptai saat tes. peserta akan di berikan soal seleksi masuk  yang terdiri saol TPA (Tes Potensi Akademik), tes kebahasaan, dan tes jalur yang di ambil (IPA/IPS/IPC). maksud dari jalur masuk bisa dilihat langsung melalui website resminya. pendaftaran dibuka setelah pengumuman SNPMTN dilaksankan. bisanya, antara bulan april sampai dengan bulan mei. Tes dilaksanakan setelah seminggu atau lebih setelah pendaftaran ditutup. untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi www.sbmptn.ac.id. Biaya pendaftaran pada jalur ini sebesar 200 untuk seluruk kelompok studi (besaran nominal terkadang berbeda setiap tahunnya).
3. UMPN (Ujian Masuk Polinela Negeri)
Jalur ini di khususkan bagi kamu yang ingin masuk politeknik negeri. berbeda dengan jalur lainnya. UMPN merupakan jalur seleksi masuk secara nasional namun panitia penyelenggara diserahkan ke kampus masing-masing. begitu dengan pendaftran dan tempat tesnya. hanya saja untuk waktu pelaksanaannya dilakukan secara nasional. pendaftaran bisa dilakukan secra on line dengan mengunjungi website di kampus tujuan. daftra kampus beserta websitenya bisa di cari di postingan saya berikutnya.

4. SPAN PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri)

SPAN PTKIN merupakan jalur masuk kampus keagamaan Islam negeri di Indonesia seperti UIN, IAIN, dan STAIN. sama halnya dengan SBMPTN sebelum peserta melakukan pendaftaran secara mandiri, pihak sekolah menginput nilai di PDDS terlebih dahulu. jadi ketika kamu ingin mencoba di jalur ini maka koordinasi dengan pihak sekolah harus di jaga dengan baik. tidak ada seleksi mengerjakan soal pada jalur ini. seleksi dilakukan dengan melihat prestasi akademik siswa. untuk informais lebih lanjut silahkan kunjungi www.span-ptkin.ac.id 

5. UM PTKIN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) 

UMPTKIN  hanya di peruntuk untuk siswa siswa yang ingin melanjutkan studinya di perguruan tinggi keagamaan islam negeri. sama halnya dengan SBMPTN hanya saja tujuan kampusnya yang berbeda. Biaya pendaftaran yang dikeluarkan untuk ikut jalur ini sebesar 200K. biasanya dibuka setelah SPAN PTKIN pengumuman. untuk info lebiih lanjut silahkan kunjungi www.um-ptkin.ac.id

Demikian 5 jalur masuk kuliah skala nasional yang bisa saya bagikan keteman-teman. khusus bagi kalian yang ingin mengikuti jalur beasiswa bidikmisi silahkan membuat akun bidik misi on line terlebih dahulu di laman www.bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kemudian pilih pada jalur masuk yang di inginkan. apabila kita mendaftar lewat jalur bidikmisi maka dibebaskan biaya pendaftaran.

selamat mencoba :) semoga tulisan ini bermanfaat. share dan tinggalkan komentar.

0 Response to "PENDAFTARAN KULIAH | JALUR MASUK PERGURUAN TINGGI NASIONAL 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel