AGAR PPL KITA BAHAGIA

Selamat pagi, jangan lupa bahagia.
oke pagi ini saya akan menulis tentang TIPS PPL. seperti yang kita ketahui bersama bahwa PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) adalah program yang di ikuti seluruh mahasiswa di fakultas Tarbiyah dan keguruan / FKIP. dibeberapa kampus program PPL sudah digabungkan dengan KKN. tapi, tidak dengan kampusku, UIN RADEN INTAN LAMPUNG, PPL dan KKN masih dilaksanakan secara terpisah. terhitung tanggal 24 Oktober 2017, hari ini sampai 50 hari kedepan seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan keguruan akan melaksanakan PPL.

Doa terbaik untukmu teman-teman Pendidikan Matematika khusunya kelas E angkatan 2014 yang InsyaAllah semuanya akan berangkat PPL pada periode ini. KALIAN PASTI BISA.Semoga apa yang sudah kita pelajari di kampus selama ini dapat kita aplikasikan di lokasi PPL masing-masing. selamat berjuang sahabat ditunggu pengalaman dan cerita menariknya. Miss you all.

MAN 1 Bandar Lampung atau yang biasanya disebut dengan MAN MODEL itulah nama sekolah yang akan saya arungi. sekolah yang keren menurut saya, namnya juga sekolah percontohan yang umurnya seumuran denganku. semoga saya dan teman-teman sekelompok nbisa melaluinya dengan baik (Aamiin). baiklah langsung saja simak dan amalkan tips PPL berikut ini :


#1 LURUSKAN NIAT
sebelum jauh kesana, ada baiknya kita meluruskan niat kita, jangan semata PPL hanya untuk memenuhi prasyarat saja. tapi ini adalah momen terbaik untuk kita mengembangkan diri. untuk kita belajar bagaimana menjadi pengajar yang baik, untuk kita beribadah kepada yang maha kuasa, dan lain-lain yang intinya untuk kualitas hidup yang lebi baik lagi. jangan keluhkan dimanapun tempat kita ditemaptkan. syukuri saja, bukan kan ketika kita bersyukur maka Allah akan menambah nikmat kita ?. sambutlan bahagia momen ini.yakinkan pada diri kita bahwa 50 hari kedepan kita akan mendapatkan pengalaman indah luar biasa, bertemu dengan orang yang baik, guru pamong yang open, suasana kelas yang menyenangkan dan lain-lain tentang kebaikan. bukankan Allah itu sesuai prasangka hambanya ? so, kita harus berprasangka yang baik agar itu manjadi nyata. sefavorit apapun sekolah yang kamu tempati tetap kamu yang terfavorit dihadapan Allah dan layak mengajar disekolah tersebut. inget ya, luruskan niat.

#2 PERSIAPKAN SURVEY
Kabarnya, dihari pertama kita terjun kesekolah kita akan berkenalan dulu dengan seluruh pihak sekolah, dengan tata lokasinya, peraturan, suasana belajarnya dan lain sebaginya. intinya disini kita harus jeli sejeli mungkin untuk menganalisis keadaan. kenapa harus begitu ? karena kamu membtuhkan data awal untuk menentukan apa model yang akan kamu pakai, metode apa dan lain-lain. pada hari ini, jangan sia-siakan, tanyakan hal-hal sekecil mungkin dengan siapapun itu, gali informasi sebanyak-banyaknya dari kepsek, guru, siswa, satpam, dan lain-lain. jangn lupan di catat biar ndak lupa.

#3 PERSIAPKAN MENTAL
Mental kita harus dibangun. please jangn ciut menghadapi siswa-siswa yang kelewat pinter atau kelewat nakal. yakin aja kamu bisa mengkondisikan kelas. ini semua pasti berlalu sobat. enjoy aja nikmati setiap detiknya saat dikelas. mental kita bisa dibangun dengan cara husnuzon, ya berfikir positif. yakin semua akan baik-baik saja. kalau belum terbiasa perbanya latian ngomong deh walaupun di depan kaca. kita biasanya  akan merasa minder ketika kurang persiapan. maka persiapkan dengan baik semuanya sebelum kita benar-benar berhadapan dengan mereka (sekolah/siswa). bangun kepercayaan diri. perbanyak doa.
#4 BERTANYA DENGAN SENIOR
ada baiknya sebelum kita PPL, kita gali informasi lewat kaka tingkat yang sudah lebih dulu melaksankan PPL. sepakat kan, belajar dari pengalaman orang lain itu sangat penting ?. kalau biasa cari kaka tingkat yang sejurusan dan sekolahnya sama. ini akan berguna banget. nggak papa sesekali jadi wartawan. hehe.
#5 BE A GOOD PERSON
bagaimana ? iya. kamu ya kamu dan nggak bakal bisa dipaksakan untuk menjadi orang lain. tapi kalau belum bisa baik, ya pura-pura baik dulu untuk 50 hari kedepan. kita harus bersikap humble dan ramah kepada siapapun, guru, siswa, satpam, dan lainnya seluruh kelbes seoklah itu. kalau kita ramah dengan mereka, merekapun akan demikian. ini memang susah, kita yang punya sifat bawaan cuek dan pendiem akan susah, tapi dicoba dulu. saya pikir ini merupak bagian terpenting juga dari PPL. kalau ini suces, bisa dipastikan yang lainnya juga akan suces. bertingkahlah selayaknya menjadi guru, kamu akan menjadi sorotan, akan menjadi panutan, akan menjadi teladan.
#6 MENGUMPULKAN MATERI AJAR DAN RPP DAN UP TO DATE
seperti yang sudah kita ketahui (FTK UIN RIL circle) bahwa PPL nanti kita akan menuntaskan 3 RPP. yan karena waku yang sudah mepet dengan UAS. nah sebelumnya jangan ragu-ragu untuk membeli buku terbaru yang sesuai dengan mata pelajaran kita. kalau siswa membaca 3 buku, maka seorang guru harus menuntaskan 4 buku dan seterusnya. komunikasikan juga dengan guru yang bakal kita gantikan, tanya apa saja literaturnya, biasanya bagaimana, dll. jelas semuanya harus kamu sesuaikan dengan kondisi sekolah, kalau di bandar lampung pasti sudah banyak atau hampir semuanya menggunakan K13. Maka kita harus siap juga dengan kondisi ini, ya meskipun dulu kita tidak pakai ini kurikulum dan sekarang soal-soal nyang disajika lebih njlimet dan membutukan penalaran extra tapi yakin aja kamu pasti bisa. kalo ndak bisa ya tanya sama yang kamu anggap bisa. inget ya UP TO DATE.
#7 PELAJARI MATERI
sepintar apapun kamu kalau tidak kamu persiapkan, yakin bakal kelakan ketika didepan kelas. dari itu, malam sebelum kita tampil (ngajar maksudnya) kita perlu membaca semua materinya, mengerjakan soalnya, dan perbanyak referensi materi itu. karena menurutku mengajar itu bukan masalah pinter atau nggak pinter, tapi siap atau nggak siap. jangan suka menggampangkan sesuatu ya. sudah taukan kalau kejahatan yang terorganisisr bisa mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir, ya itulah gambaran tentang pentingnya persiapan.
#8 JANGAN NEKO-NEKO
terutama dengan guru pamong, umumnya pada semuanya. jangan neko-neko di hadapan mereka, jangan ngeluh kalau disuruh sesuatu, jangan menolak kalau ada guru yang meminta bantuan untuk mengisi kelasnya walaupun itu bukan study kamu. kita harus bersikap sok siap dihadapan mereka. karena ketika kita melakukan satu saja kesalahan, maka berita buruk tentang kita akan segera menyebar diseluruh kalangn dewan guru, ini akan mengancam nasib nilai kita. kalau itu hanya merugikan diri kita sendiri sih ndak papa, tapi katanya ini bisa berpengaruh semua kelompok, dan bahayanya lagi nama institusi/kampus kita akan tercoreng.
#9 KONSULTASI DENGAN GURU PAMONG DAN DPL
keberadaan mereka sejatinya adalah untuk membimbing kita kejalan yang benar (maksudnya dijalan yang membahagiakan saat PPL). jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi utamanya kepada guru pamong, share aja papun itu, ketika menemui masalah dikelas komunikasikan dengan baik. ya, namanya juga belajar pasti ada halang rintang yang akan mendewasakan dengan kita. dan semua masalah itu bisa terselesaikan dengan sharing.  pun demikan dengan DPL konsultasikan apapun itu ketika memang sudah benar-benar tak teratasi. komunikasi (berbicara) adalah kunci untuk menyelesaikan masalah.


baiklah saya pikir itu saja tips yang bisa saya berikan "agar PPL kita bahagia" sok tau banget ya saya, padahala masih mau melaksankan PPL juga. tapi itulah bekal yang berhasil saya kumpulkan dari beberapa kaka tingkat dan beberapa literatur. silahkan teman-teman improv sendiri. semoga Allah mudahkan langkah-langkah kita. semangat dan suces selalu. SEKIAN.

Salam suces dari saya :
Debi Pranata, Pendidikan Matematika, UIN Lampung 2014.

0 Response to "AGAR PPL KITA BAHAGIA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel