INFORMASI LENGKAP SISTEM SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2020


INFORMASI SISTEM SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2020

Sebuah informasi bagi saya menempatkan posisi penting dalam setiap hal. Peluang ada bermula dari informasi yang tersedia. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui informasi bagaimana sistem seleksi perguruan tinggi negeri yang diterapkan ditahun 2020. Semua bahan dan konten materi pada postingan ini saya ambil dari website resmi LTMPT.

PENDAHULUAN

LTMPT ( Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) adalah lembaga penyelenggara tes yang tetap, kredibel, proporsional, efesien, dan efektif. Lembaga ini meningkatkan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa bari di Perguran Tinggi (PT). Terdapat tiga jalur seleksi yakni SNMPT, SBMPTN, dan seleksi mandiri (Biasanya diatur oleh masing-masing PTN). Lembaga ini juga mengembangkan proses seleksi pada jalur SBMPTN sesuai perkembangan teknologi informasi dan era digitalisasi melalui Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Model tes dan seleksi calon mahasiswa baru (maba) mengacu pada prinsip-prinsip adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.

FUNGSI DAN TUJUAN LTMPT

Adapun fungsi dari LTMPT adalah sebagai berikut:
1. Mengelola dan mengolah data calob mahasiswa untuk bahan seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN oleh rektor PTN.
2. Melaksanakan UTBK
3. Menyampaikan hasil UTBK kepada peserta dan PTN tujuan.

Adapun tujuan dari LTMPT adalah sebagau berikut:
1. Melaksanakan tes masuk PT yang kredibel, adil, transparan, fleksibel, efisien, dan akuntabel.
2. Membantu perguruan tinggi memperoleh calon mahasiswa berdasarkan nilai akademik dan prestasi lainnya melalui jalur SNMPTN.
3. Membantu memperoleh calon maba berdasarkan hasil UTBK melalui jalur SBMPTN.

JALUR DAN KUOTA

Berikut adalah persentase minimum maba yang diterima dari rencana seluruh jumlah maba di PTN terkait. Adapun jumlah realnya ditentukan masing-masing PTN.

Pertama, jalur SNMPTN minimum 20% maba yang diterima yang berdasarkan nilai akademik saja atau nilai akademik dan prestasi lainnya (yang ditetapkan oleh PTN) - biaya ditanggung oleh pemerintah.

Kedua, Jalur SBMPTN minimum 40% Maba yang diterima berdasarkan hasil UTBK saja atau hasil UTBK dan kriteria lainnya (yang ditetapkan bersama oleh PT) - Pelaksanaan tes menggunakan komputer - biaya tes ditanggung peserta dan subsidi pemerintah.

Ketiga jalur MANDIRI, jalur ini ditentukan oleh masing-masing kampus. Dapat menggunakan nilai UTBK yang telah didapat atau sesuai dengan kebijakan masing-masing PT.

KEBIJAKAN SINGLE SIGN ON (SSO)

Berbeda dengan tahub sebelumnya, Tahun 2020, pendaftaran SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN harus memiliki akun di LTMPT.

REGISTRASI AKUN DI (https://portal.ltmpt.ac.id) 

Prosesnya seperti yang sudah-sudah yakni ada pengisian PDSS oleh sekolah lalu pendaftaran SNMPTN (info lebih lanjut tentang hal ini silahkan lihat postingan saya berikutnya ya). Registrasi dan akun LTMPT untuk PDSS dan SNMPTN yakni tanggal 2 Desember 2019 - 7 Januari 2020.

Sedangkan pendaftaran SBMPTN diawali dengan pendaftaran UTBK. Rentang waktu untuk UTBK dan SBMPTN yakni tanggal 7 Februari - 5 April 2020.

Sumber: ltmpt.ac.id

0 Response to "INFORMASI LENGKAP SISTEM SELEKSI MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI TAHUN 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel