PETUNJUK PELAKSANAAN PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA 91


Hari sumpah pemuda, seperti yang kita ketahu bersama diperingati setiap tanggal 28 Oktober setiap tahunnya. Peringatan sumpah pemuda memiliki makna penting bagi generasi muda, pelajar, atau bagi masyarakat Indonesia dalam rangka membangun negara kesatuan Negara.

Sumpah Pemuda merupakan tonggak utama dalam sejarah gerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai roh kristalisasi untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Yang dimaksud dengan “Sumpah Pemuda” adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diadakan selama dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta).
Keputusan ini menegaskan cita-cita akan menjadi “tanah air Indonesia”, “rakyat Indonesia”, dan “Indonesia”. Keputusan ini juga diharapkan dapat menjadi dasar untuk “asosiasi kebangsaan Indonesia” dan bahwa “di semua surat kabar yang diterbitkan dan dibaca dalam pertemuan asosiasi antar muka”.
Inti dari isi sumpah pemuda adalah persatuan, persatuan untuk bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu. Memperingati hari sumpah pemuda dapat meningkatkan rasa nasionalisme kita sebagai warga negara.
Tema Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019
“BERSATU KITA MAJU”
Kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora) merilis petunjuk pelaksanaan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019.

0 Response to "PETUNJUK PELAKSANAAN PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA 91"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel