TIDAK HANYA TINGGI BADAN, BERIKUT BEBERAPA SYARAT YANG HARUS DIPENUHI OLEH SEORANG PRAMUGARI


Waktu kecil, apakah kamu pernah bercita-cita untuk menjadi seorang pramugari? Bukan hanya ketika kita masih kecil saja, bahkan hingga saat ini pun profesi pramugari masih sering  kali dijadikan sebagai profesi idaman banyak orang. Bagaimana tidak? Bergaji tinggi dan dapat berkeliling dunia pastinya sangat menyenangkan dan diimpikan oleh sebagian besar orang. 

Hanya saja, dibalik kemewahan yang didapat, menjadi seorang pramugari juga memiliki tantangan tersendiri lho. Sosok pramugari yang menjadi ‘wajah’ dari setiap maskapai penerbangan membuat para pramugari itu sendiri selalu dituntut untuk berpenampilan rapih, bersih, dan sempurna.

Tidak hanya itu saja. Menjadi pramugari juga diwajibkan untuk mengikuti pelatihan dan menguasai berbagai keahlian, guna menangani kejadian-kejadian tidak terduga selama penerbangan pada nantinya. Semua orang pasti tahu dong bahwa salah satu persyaratan menjadi seorang pramugari dan pramugara ialah dengan memiliki tinggi tubuh yang telah ditentukan.

Tetapi, persyaratan yang harus dipenuhi tidak hanya tinggi badan saja lho. Ada begitu banyak persyaratan lainnya yang wajib dipenuhi juga, seperti salah satunya yaitu dengan memiliki kemampuan bahasa asing, khususnya bahasa inggris. Bahkan menguasai bahasa asing lainnya akan menjadi nilai tambah tersendiri. Nah, jika kamu merupakan lulusan sastra dan bahasa asing, berbanggalah kamu. Berarti kamu memiliki peluang untuk melamar sebagai pramugari. Lalu, apa lagi sih persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang pramugari?

Persyaratan Menjadi Pramugari


1. Mencapai Tinggi Badan Minimum

Tinggi badan merupakan salah satu persyaratan yang wajib dipenuhi oleh setiap calon pramugari. Tidak perlu memiliki tubuh yang terlalu tinggi, selama tinggi tubuhmu dapat mencapai batas minimal dari tinggi badan yang telah ditentukan, maka kamu sudah bisa dikatakan memenuhi kualifikasi.

Hanya sekadar informasi, batas minimum tinggi badan seorang pramugari ialah 160 cm. Mengapa? Tentunya juga berhubungan dengan safety dan service selama penerbangan. Ketika melakukan penerbangan, setiap pramugari memiliki kewajiban dalam membantu penumpang mengenai berbagai hal, salah satunya seperti membantu memasukan barang di cabin yang tinggi.

Selain tinggi badan, ada pula beberapa maskapai penerbangan yang mewajibkan pramugari dan pramugara mereka untuk memiliki ukuran panjang tangan tertentu.

  
2. Usia Minimal 18 Tahun

Selama kamu sudah berusia 18 tahun atau lebih, maka kamu bisa langsung mendaftar sebagai pramugari. Hanya saja, menjadi pramugari juga memiliki batas usia maksimal. Ada beberapa maskapai yang memberlakukan batas usia pendaftaran 25 tahun, namun ada juga yang memberikan batas usia maksimal 27 tahun, seperti di Lion Air dan di Garuda Indonesia.

3. Kemampuan Berbahasa Asing

Mampu berbahasa Inggris merupakan keahlian yang wajib dimiliki oleh setiap pramugari. Hal tersebut dikarenakan agar setiap pramugari dapat berkomunikasi dengan baik, tidak hanya kepada penumpang lokal melainkan juga penumpang asing. Bahasa Inggris merupakan satu-satunya bahasa universal yang mempermudah masyarakat dari berbagai negara untuk saling berkomunikasi dan berinteraksi, sehingga ada beberapa profesi memasukan kemampu berbahasa inggris ke dalam salah satu persyaratan, seperti profesi pramugari.

Tetapi, bila kamu memiliki kemampuan bahasa asing lainnya seperti Spanyol, China, Italia, Prancis, dan lainnya, hal tersebut akan menjadi nilai tambah tersendiri.

Banyak orang yang beranggapan bahwa lulusan jurusan sastra dan bahasa asing hanya dapat bekerja sebagai ahli bahasa semata. Tetapi, hal tersebut tidak sepenuhnya benar lho. Dapat dikatakan bahwa para lulusan jurusan sastra dan bahasa asing seharusnya bisa berbangga karena banyak sekali profesi-profesi yang membutuhkan keterampilan yang hanya dimiliki oleh lulusan jurusan sastra dan bahasa asing namun tidak dimiliki oleh para lulusan lainnya.

Selain profesi pramugari, masih banyak sekali profesi-profesi lainnya yang bisa dijadikan pilihan para lulusan jusuran sastra dan bahasa asing. Profesi apa sajakah itu? Yuk baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/5-pekerjaan-keren-buat-kamu-lulusan-sastra-dan-bahasa-asing/

0 Response to "TIDAK HANYA TINGGI BADAN, BERIKUT BEBERAPA SYARAT YANG HARUS DIPENUHI OLEH SEORANG PRAMUGARI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel