PEMILIHAN DUTA LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN MESUJI 2019


Selasa, 10 September 2019 Rumah Sakit Puri Husadatama bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mesuji menyelenggarakan pembekalan pemilihan duta lingkungan hidup tingkat Kabupaten Mesuji tahun 2019.

Acara ini merupakan langkah awal atau tahap pertama bagi seluruh peserta untuk maju keseleksi tahap berikutnya. Selanjutnya seluruh peserta akan diberikan tugas membuat sebuah karya ilmiah yang nantinya akan dipresentasikan pada 10 oktober 2019.

Nantinya, para siswa yang sudah terkumpul sebagai delegasi mewakili sekolah menengah yang ada dikabupaten Mesuji akan dibuatkan komunitas peduli lingkungan untuk memudahkan aksi-aksi yang akan digelar berikutnya.

Diharapkan komunitas ini menjadi garda terdepan yang tanggap dengan isu-isu yang berkaitan dengan lingkungan.


Salah satu solusi untuk memperbaiki lingkungan adalah dengan PLH. Pendidikan Lingkungan hidup (PLH) diharapkan para siswa mampu memahami isu pokok yang aada dilingkungan sekolahnya.  Dalam jangka panjang diharapkan juga gerakan ini berimbas pada terbentunya masyarakat yang sehat dari sisi lingkungan.

Ide atau gagasan merupakan sesuatu yang saat mahal. Salah satu goalsett dari kekegiatan ini asalah memunculkan ide2-ide dari siswa dan siswi sekolah menengah mengenai solusi dari permasalahan lingkungan hidup yang ada.

Ide tersebut dituangkan dalam bentuk makalah yang tentunya akan sangat berguna bagi kehidupan alam semesta selanjutnya. Sekecil apapun ide tetap merupakan sebuah mahakarya yang mahal harganya.

Sebenarnya kegiatan pemilihan duta lingkungan hidup ini bukan kali pertamanya digelar dikabupaten Mesuji. Tahun lalu, dibulan yang sama yakni september PMM (Persatuan Mahasiswa Mesuji) menggelar pemilihan duta lingkungan bersamaan dengan event internasional yakni World Clean Up Day yang yang diperingati setiap tanggal 21 September. Hanya saja tidak ada follow up dari kegiatan tersebut.

Semoga saja, ini merupakan langkah awal yang baik untuk care terhadap lingkungan khususnya dikabupaten Mesuji yang difasilitasi oleh R.S Puri Husadatama.

Untuk membuat sebuah makalah hal pertama yang harus dilakukan adalah identifikasi masalah yang paling dekat dengan kita, kemudian dianalisis, selanjutkan tawarkan solusi terbaik yang penuh dengan daya kreakreatifitas untuk mengatasi masalah yang kita kita angkat tersebut.


R.S purihusadatama sendiri merupakan rumah sakit swasta di kab. Mesuji yang belum lama berdiri, sudah  mengambil langkah untuk berkontribusi turut serta dalam permasalahan lingkungan hidup. Ini sesuatu yang positif, dan patut dicontoh oleh lembaga lain yang sudah lama berdiri atau sudah memiliki brand ternama.

Logikanya sebuah rumah sakit akan berkembang jika banyak pasien yang datang berobat, banyaknya pasien yang datang dikarenakan banyaknya orang yang sakit, orang sakit salah satunya karena lingkungan hidup yang tidak sehat. Yang dilakukan malah sebaliknya, yakni turut andil menciptakan lingkungan hidup yang sehat. Ini, bisa jadi hanya muncul dari saya yang sangat dangkal ilmunya tentang lembaga kesehatan sekelas rumah sakit.

Tapi pola pikir seperti ini bagus, untuk kita terapkan dalam bidang apapun.

Sekian tulisan singkat, yang tak terstruktur dan jauh dari kata bagus. Yang diketik hanya lewat smartphone. Tanpa proses editing. Dan dilakukan on the spot.

2 Responses to "PEMILIHAN DUTA LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN MESUJI 2019"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel