INTRODUCTION KELAS ONLINE PUBLIKASI ILMIAH | Id Menulis


Oleh:
Muhammad Dimyati (direktur jenderal penguatan riset dan pengembangan kemenristekdikti RI)

Publikasi ilmiah merupakan kewajiban yang harus dipenuhi sebagai bagian dari saluran penelitian dan syarat untuk kenaikan jenjang jabatan fungsional. Selain itu, publikasi ilmiah juga digunakan untuk pemberian tunjangan profesi dan pemberian tanda kehormatan, seperti yang tertuang dalam peraturan Kemenristekdikti No. 20 Tahun 2017 tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tujangan Kehormatan Profesor. Peraturan tersebut mewajibkan, dosen dengan jabatan lektor kepala harus menerbitkan jurnal sedikitnya 3 karya ilmiah dalam jurnal nasional terakreditasi, atau satu jurnal ilmiah yang diterbitkan dalam jurnal internasional. Sementara, dosen dengan jabatan akademik profesor (guru besar) wajib menghasilkan sedikitnya 3 karya ilmiah yaang diterbitkan dalam jurnal internasional. Atau satu karya ilmiah yang diterbitkan jurnal internasional bereputasi. 

Dalam skema penelitian yang disediakan oleh kemenristekdikti. Perguruan tinggi dan litbang juga diwajibkan untuk menghasilkan publikasi ilmiah sebagai saluran dan bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana penelitian. Diharapkan dapat meningkatkan jumlah publikasi dari Indonesia. Saat ini sudah mencapai grade yang setara dengan Malaysia maupun negara tetangga. Program ID MENULIS kita dapat memahami tentang publikasi ilmiah dalam 13 video yaitu: mengapa publikasi, etika publikasi, publikasi ilmiah di era digital, gaya selingkung jurnal, struktur artikel jurnal, judul kepengarangan abstrak dan kata kunci, menulis pendahuluan, menulis metode, menyajikan hasil, menulis pembahasan, menulis simpulan implikasi dan mengelola sumber pustaka, dan proses publikasi artikel di jurnal ilmiah yang diampu oleh para pakar dibidang masing-masing. Pembelajaran dikemas dalam bentuk video yang menarik, harus diikuti secara terstruktur, dan diakhiri dengan pemberian sertifikat. 

Pentingnya publikasi ilmiah adalah mengenalkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dan akademisi Indonesia ke dunia Internasional. Sehingga memperoleh pengakuan melalui banyaknya sitisasi yang dihasilkan, yang selanjutnya berdampak pada kinerja lembaga maupun negara kita dalam bidang penelitian.

Sumber: video introduction kelas online publikasi ilmiah progam Id Menulis.

0 Response to "INTRODUCTION KELAS ONLINE PUBLIKASI ILMIAH | Id Menulis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel