DAFTAR MATA KULIAH JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN RADEN INTAN LAMPUNG


Assalamualaykum warohmatullahi wabarokatuh,

Buat kalian yang ingin atau telah diterima di program studi pendidikan matematika ada baiknya jika kamu mengetahui apa saja yang akan dipelajari ketika kamu kuliah di prodi atau jurusan ini. hal ini penting jika kamu sebagai calon pendaftar dijurusan pendidikan matematika, daftar berikut bisa dijadikan bahan riset ataupun pemantapan kamu untuk mengambil jurusan pendidikan matematika.

Nah buat kamu yang telah diterima dijurusaan pendidikan matematika, SELAMAT. Selamat bahwa setelah ini kamu akan mendapat pelajaran yang sangat berharga. Penting juga kamu untuk mengetahui daftar mata kuliah berikut sebagai bahan persiapanmu menghadapi perkuliahan, juga biar nggak kaget nantinya. oke langsung saja berikut daftar mata kuliah wajib yang bakal kamu tempuh jika kamu kuliah dijurusan pendidikan matematika, khususnya dikampus UIN Raden Intan Lampung.

DAFTAR MATA KULIAH JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
(Format: Mata kuliah/ SKS)
  1. Akhlak Tasawuf/ 2
  2. Aplikasi Komputer/ 3
  3. Biologi Umum/ 3
  4. Filsafat Pendidikan Islam/ 3
  5. Fisika Dasar/ 3
  6. Matematika Dasar/ 3
  7. Al-Qur'an dan Hadits/ 2
  8. Sejarah Pendidikan Islam/ 2
  9. Ilmu Kalam/ 2
  10. Aljabar Linear I/ 3
  11. Bahasa Indonesia/ 2
  12. Fiqh/ 2
  13. Ilmu Pendidikan Islam/ 2
  14. Kalkulus I/ 3
  15. Kimia Dasar/ 3
  16. Metode Studi Islam/ 2
  17. Pengembangan Kepribadian/ 3
  18. PKn/ 2
  19. Sejarah Peradaban Islam/ 2
  20. Aljabar Linear II/ 3
  21. Geometri/ 3
  22. Kalkulus II/ 3
  23. Logika Matematika/ 3
  24.  Psikologi Pendidikan/ 2
  25. Statistik Pendidikan/ 3
  26. Telaah Kurikulum Matematika/ 3
  27. Trigonometri/ 3
  28. Analisis Real/ 3
  29. Geometri Analitik Bidang/ 3
  30. Kalkulus lanjut/ 3
  31. Matematika diskrit/ 3
  32. Media Pembelajaran Matematika/ 2
  33. Program Linier/ 3
  34. Statistika Matematika I/ 3
  35. Strategi Belajar Mengajar Matematika/ 3
  36. Struktur Aljabar I/ 2
  37. Analisis Real II/ 3
  38. Evaluasi Hasil Pembelajaran Matematika/ 2
  39. Geometri analiti ruang/ 3
  40. Metode Numerik/ 3
  41. Pemrograman Komputer I/3
  42. Perencanaan Pembelajaran Matematika/ 2
  43. Persamaan Differensial/ 3
  44. Statistika Matematika II/ 3
  45. Analisis Kompleks/ 3
  46. Bahasa Inggris Profesi/ 2
  47. Geometri Transformasi/ 3
  48. Matematika Ekonomi/ 3
  49. Metodologi Penelitian  Matematika/ 3
  50. Micro Teaching/ 4
  51. Nilai Awal dan Syarat Batas/ 3
  52. Pemrogaman Komputer II/ 3
  53. Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)/ 4
  54. Kuliah Keja Nyata (KKN)/ 4
  55. Skripsi/ 6
Bagaimana? matematika nggak sesusah yang kamu bayangin kok. Jalani aja dulu, pasti bisa.

Itulah ke 55 mata kuliah yang harus kamu selesaikan dalam waktu delapan semester atau 4 tahun, lebih boleh, tapi jangan lama-lama. Alhamdulillah saya lulus disemester kesembilan. hehe. Kalian belajar dikelas sampai ke semester enam, semester tujuh dan delapan fokus ke KKN, PPL, dan skripsi. 

Daftar mata kuliah diatas sudah disusun secara berurutan dari semeter awal sampai akhir, yakni semester satu MK yang harus ditempuh dari nomor 1 s.d 9, semester dua nomor 10 s.d 19, semester ketiga nomor 20 s.d 27, semester keempat nomor 28 s.d 35, semester kelima nomor 36 s.d 44, semester keenam nomor 45 s.d 52, semester ketujuh nomor 53 dan 54, dan semeter terakhir atau delapan nomor 55. Note: susunan MK bisa berubah-berubah disesuaikan kebijakan jurusan.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan, apabila ada pertanyaan silahkan sampaikan dikolom komentar ya...,

Tunggu pengalaman saya kuliah dijurusan pendidikan matematika ya.. insyaAllah akan saya share. Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas.

8 Responses to "DAFTAR MATA KULIAH JURUSAN PENDIDIKAN MATEMATIKA UIN RADEN INTAN LAMPUNG"

  1. Ilmu Matematika dari semenjak masa sekolah masih belum bisa memahamainya dengan sepenuh hati. nilainya juga cukup, infonya keren bisa untuk referensi bagi yang minat belajar matematika.

    ReplyDelete
  2. Ini infonya penting banget bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke Pendidikan Matematika. Jadi membantu saat menentukan jurusan bisa tahu mata kuliah apa saja yang akan dipelajari. Seperti kalkulus yang butuh konsentrasi hehe

    ReplyDelete
  3. kebanyakan calon mahasiswa memang tidak memahami benar jurusan yang diambil. tidak sedikit yang tidak tau mengenai mata kuliah yang akan dipelajari, dan endingnya berpikir salah jurusan karna sewaktu SMA belajarnya tidak sekompleks kuliah. ini bisa menjadi rujukan buat teman-teman yang mau belajar dijurusan MTK nih. :D


    ReplyDelete
  4. Sebaiknya memang gali info lebih banyak tentan apa yang akan dipelajari di jurusan yang dipilih. Asyik ya sekarang bisa cari tau via internet.

    ReplyDelete
  5. wah pilih jurusan yang cocok ya, kalau Matematika dulu jadi momok buatku haha... semoga banyak mahasiswanya ya

    ReplyDelete
  6. Wahh aku kan jurusan biologi jadi ngga masuk ya ke mata kuliah diatas.. hehe..

    ReplyDelete
  7. Dulu waktu SMP dan SMA aku suka banget pelajaran MTK. Walaupun ribet, tapi menyenangkan. Setiap ngerjain soal, kayak lagi memecahkan misteri.

    Makasih infonya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel