KISAHMU ADALAH PELAJARAN BAGIKU



Aku selalu percaya bahwa setiap kisah ada hikmah tersimpan dibaliknya. Dan aku selalu percaya juga bahwa setiap manusia pasti memiliki kisah yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Banyak cara orang mengisahkan tentang dirinya, lewat tulisan, lewat lisan, dan lewat apapun yang mereka suka.  Ya... dengan apapun.

Setiap manusia yang hidup didunia ini pasti memiliki sejuta inspirasi untuk dibagi, harusnya. Tapi nyatanya tidak semua orang menyadarinya. Aku contohnya. Kadang sadar, kadang tidak, ya begitulah. Mungkin itu fitrah manusia yang susah istiqomah dan jarang bisa telaten menekuni suatu pekerjaan.

Akhir-akhir ini ada banyak kisah yang terlupa, ada banyak hal yang terlewat begitu saja. Sangat disayangkan. Padahal jika kita membaginya, bisa jadi jariah lantarannya.

Sahabat, mungkin iya kita tidak seberapa respect dengan kisah yang kita lakoni sendiri, kisah kita tidak begitu berarti bagi kita sendiri, malah banyak yang menyayat hati dan membuka luka lara mungkin. Memang kita bukan nabi, bukan siapapun yang berhak untuk diteladani kisahnya. Kita adalah kita, manusia biasa, yang punya banyak cerita. Tempat lupa, salah, dan segala macam kekurangannya.

Disana, entah dimana ada banyak orang menantikan kisah kita. Tidak secara langsung, hanya secara kebetulan mungkin. Walaupun sejatinya kebetulan itu tidak mungkin ada didunia ini. semua sudah digariskan. Maksud saya, kisahmu akan berarti untuk teman-temanmu. Sebagai manusia yang mencintai manusia yang lainnya. Tentunya kita tak mau jika dia, sahabat, saudara, atau siapapun merasakan hal buruk yang pernah kita lakukan. Biarkan dia bahagia dengan jalan hidupnya dengan mengambil pelajaran dari kisah kita.

Ceritakan saja kisahmu, kisah tentang apapun yang kau mau ceritakan, tentang cinta, luka, lara, atau bahkan nestapa yang kadang dengan sadis menyapa.

Atau jika mungkin tak ada orang yang tertarik dengan kisahmu, minimal kamu sendiri tidak jatuh dilubang yang sama.

Begitu kompleks permasalahan dalam hidup kita, akan ada banyak kemungkinan kita melupakannya. Sampai saatnya. Kita kembali menengok kisah lama kita, dan kita berhasil mengambil hikmah darinya.

Jangan ragu untuk membagikan kisahmu, biar orang A B C dan D mencaci tentang kisah yang kau bagi, aku yakin pencaci itu tetap bisa mengambil hikmah dari apapun yang kita bagi. Semua itu tergantung sudut pandang memang. Tapi InsyaAllah akan ada banyak orang yang tidak mau merugi dengan melulu mencaci dan tak menghargai apa yang diceritakan orang lain.

Semangat berbagi, meski hanya sekedar kisah...

Bandarlampung, 10 Desember 2018

0 Response to "KISAHMU ADALAH PELAJARAN BAGIKU"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel