LAPORAN PPL


PPL, 3 huruf yang banyak memberi arti tentang proses pembelajaran. Sudah bisa dipastikan semua mahasiswa keguruan dan ilmu pendidikan yang kuliah diseluruh kampus di Indonesia melalui proses satu ini. Sama halnya dengan kegiatan kemahasiswaan lain. Setelah rampung pasti diberi tugas untuk menulis laporan. Begitupun dengan PPL. Menulis laporan PPL akan terasa berat saat kamu garap mepet sama deadline pengumpulan. Tapi akan gampang juga jika kamu modal copy paste punya kaka tingkat yang sejurusan dan tahun kemarin PPL ditugaskan disekolah yang sama dengan tempat kamu PPL sekarang. Saran dari saya, melihat boleh untuk dijadikan contoh, tapi jangan copas. karena plagiarism itu sangat menyakiti penulis aslinya (ini serius). Kecuali beberapa bagian yang memang sudah baku. Diakhir tulisan ini ada contoh laporan PPL yang bisa kamu download untuk dijadikan contoh. Oiya sebelum panjang lebar alangkah baiknya jika kamu membaca juga postingan saya "agar PPL kita bahagia" satu tahun silam.

Baiklah saya bagikan beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menulis laporan.

#1 BACA BUKU PANDUAN
Buku panduan biasanya kamu terima saat pembekalan PPL atau maksimal satu minggu setelah PPL berjalan. Selayaknya sebuah buku panduan, maka panduan PPL juga berfungsi sebagai panduan kamu agar menempuh jalan kebenaran saat menjalankan PPL. Tidak hanya prosesnyan saja, tapi juga memuat panduan penulisan laporan PPL. Fenomena yang kerap terjadi dikalangan kita (generasi Z yang sok tahu dan males baca panduan) lebih suka melihat laporan yang sudah ada ketimbang membaca panduan yang benar dari sumber yang benar. Padahal belum tentu Laporan yang kita lihat itu benar dan sesuai panduan. Kebobrokan suatu bangsa (berat banget ya... hehe) itu bisa berawal dari hal-hal yang dianggap kecil begini. Bayangin aja kalo kamu meniru yang salah, lalu kesalahan itu diikuti oleh adik tingkat kamu, dan seterusnya. bisa jadi kesalahan jariah kan namanya. Hal ini tentunya harus didukung oleh pihak kampus dengan melakukan uji laporan baik pengkoreksian dll dengan melakukan secara serius.
#2 CICIL DARI SEKARANG
Mari kita sepakati kalimat bahwa "menunda-nunda pekerjaan itu bukan hal yang baik". Apa yang bisa sekarang ya kerjain sekarang aja. mulailah dan belajar untuk tidak sering-sering mengucapkan kata NANTI. Laporan, apapun itu sejatinya hanya melaporkan apa-apa yang sudah dikerjakan. Jika kamu tipikal orang yang telaten mengumpulkan bukti jejak-jejak apa yang kamu lakukan, maka jika tiba masanya untuk membuat laporan, saya pastikan kamu bahagia. Beda sama kamu yang sukanya ngerjain terakhiran, bakal keteteran, selesai si, tapi saya yakin gak bakal maksimal dan ilmu serta pengalaman yang didapat berbeda. jadi mulailah dari sekarang.
#3 TAU KEBUTUHAN LAPORAN
Apapun, pasti bakal gampang dilakuin kalo kita tahu apa saja hal-hal yang dibutuhkan untuk menyusun sesuatu itu. ibarat mau bikin kue kalo resep sama bahan-bahannya sudah ada itu bakal lancar proses pembuatannya. Nah kalau laporan PPL sendiri kurang lebih ini bahan-bahannya: Sejarah sekolah (tempat kamu ditugaskan), RPP, daftar siswa / absensi, soal-soal ujian, daftar nilai, media pembelajaran yang digunakan, surat keterangan, nilai dari pamong, dll sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari kampus dan sekolahan.

Baiklah langsung saja, silahkan download laporan PPL (Tempat saya PPL kemarin di MAN 1 Bandar Lampung) yang sudah saya buat setahun silam. DISINI (format file zip/rar). Semoga bermanfaat. Boleh dishare kepada teman-teman lain.

0 Response to "LAPORAN PPL"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel