CARA MELIHAT KUMPULAN SKRIPSI UIN RADEN INTAN LAMPUNG SECARA ONLINE

Sumber: Google
Repository? apa yang ada pikirkan pertama jika mendengar kata itu?. Repository memiliki makna yang berbeda-beda. tergantung pada dimana ia ditempatkan. Bagi seorang mahasiswa tentunya tidak asing dengan kata ini. ya setiap kampus sebagian besar pasti memiliki repository. tapi jujur dulu awal-awal kuliah saya tidak tahu apa itu repository, karena tidak rajin membaca sehingga melewatkan salah satu sumber pengetahuan terbesar dikampus ini. saya katakan terbesar, karena repository kampus adalah sebuah portal online yang bersisi kumpulan penelitian seluruh civitas akademika yang ada di kampus tersebut. 

Hasil penelitian, yang pastinya memiliki proses panjang dan menghasilkan sebuah temuan, baik itu produk ataupun teori adalah karya besar dalam hidup seseorang. Dalam dunia kampus, repository diburu mahasiswa saat sedang mengajukan judul skripsi. Repository dari berbagai kampus dibuka mahasiswa untuk mencari inspirasi tentang topik penelitian yang akan diambil sesuai disiplin ilmu yang digelutinya.

Tidak berhenti sampai distu, setelah judul ada ditangan, biasanya untuk mempermudah pembuatan karya tulis dalam hal ini skripsi, seseorang akan mencari karya lain yang benar-benar mirip dengan penelitiannya untuk diikuti selingkungnya atau teori yang termuat didalamnya. Pun saat proses penelitian, repository juga membantu kita menemukan referensi terkait judul kita. Saat skripsi selesaipun kita akan masih tetap berinteraksi dengan repository. ya mempublikasikan karya tulis kita alias skripsi ke repository kampus.

Bagaimana? sudah ada gambarankan tentang repository? saya mengaku sangat terbantu dari repository ini. Repository UIN  Raden Intan Lampung bisa kita kunjungi dilaman resminya http://repository.radenintan.ac.id/. Lalu bagaiamana cara menggunakannya atau mencari penelitian yang kita inginkan. ikuti terus postingan ini ya.

***
Berikut adalah tampilan awal ketika kita membuka repository UIN Raden Intan Lampung.

 

Pada menu tersebut ada beberapa option yang bisa kita pilih.
  1. Home merupakan tampilan awal yang menyediakan berbagai submenu di repository.
  2. About merupakan informasi seputar repository UIN Raden Intan Lampung.
  3. Browse by year jika kita ingin mencari skripsi sesuai dengan tahun.
  4. Browse by Subject jika kita ingin mencari kumpulan skripsi dengan judul yang kita input.
  5. Browse by Division akan ditampilakn seuruh penelitian lengkap dengan fakultas dan prodinya.
  6. Browse by author jika kita ingin mencari skripsi dengan nama penulisnya.
Pada pojok kiri atas dibawah label repository ada menu log in dan register.
Log in jika kita sudah memiliki akun dan masuk keportal. sedang Register adalah menu jika kita belum memiliki akun dan ingin mendaftar. sampai saat saya ketik tulisan ini saya belum memilik akun repository. Tapi saya sudah sering keluar masuk repository UIN RIL untuk berbagai keperluan. perbedaanya adalah ketika kita menjadi member, kita bisa mendapatkan notif tentang penelitian-penelitian yang terupdate dan infi lainnya, untuk menguploud dan menyimpan kedalam wishlist bacaan. (InsyaAllah sebentar lagi buat, untuk publish skripsi).

Walaupun kita bukan member tenang saja. kita tetap bisa mendownload full skripsi secara geratis disini. terimaksih UIN RIL :)

Untuk mencari skripsi, tidak ada kewajiban bagi kita untuk masuk disalah satu submenu itu. kita bisa langsung memasukan kata kunci apa yang ingin kita cari pada kolom search yang ada di pojok kanan atas. itu yang biasanya saya lakukan. Misalnya saya masukkan kata kunci matematika, maka akan tampil  tampilan seperti dibawah.

 

Disana ditampilakan semua skripsi yang berkaitan dengan matematika. kita juga bisa memfilter daftar skripsi sesuai yang kita inginkan.

Selanjutnya kita akan coba buka salah satu skripsi. Sebagai contoh saya buka skripsi atas nama Ainul Marzukoh dengan penelitian yang berjudul OPTIMASI KEUNTUNGAN DALAM PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN LINEAR PROGRAMMING METODE SIMPLEKS (studi kasus UKM Fahmi Mandiri Lampung Selatan) tahun 2017. (mau kepoin orangnya, klik saja nama disamping, beliau adalah mastah matematika, ketua GenBi, dll dengan sejuta prestasinya, juga salah satu mbak terbaik yang mengajarkan banyak hal kepadaku sejak awal masuk di PSPM. hehe terimaksih mbak), maka akan tampil abstrak dari penelitian yang bisa kita baca langsung.


Dan untuk mendownloadnya, kita bisa langsung klik download di atas tulisan abstract. langsung save. selesai.

Bagaimana sangat mudah bukan untuk mencari kumpulan skripsi di UIN Raden Intan Lampung secara online? tanpa kita harus berpusing ria mencari di perpustakaan kampus. Dalam hal ini bukan berarti saya menekan untuk tidak keperpus lo ya. tetap, perpustakaan harus menjadi tongkrongan favoritnya mahasiswa. Perlu digarisbawahi, bisa jadi belum semua skripsi dari berbagai angkatan terpublish disini. tapi untuk skripsi-skripsi terbaru sudah ada dan InsyaAllah apa yang kita cari tersedia. Jika belum ada tugas kita mengadakan penelitian itu. hehe

Oiya jika kita ingin mencari skripsi dari kampus lain secara online, kita bisa langsung memasukkan nama kampus yang kita tuju didepan kata repository di mbah google. Sebagai contoh "Repository UIN Sunan Kalijaga".

Demikian tulisan ini dibuat untuk dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya. AYO MEMBACA. SUMBER DAYA ILMU PENGETAHUAN BERLIMPAH DISEKELILING KITA. Jika ada kritik atau perbaikan, atau ada yang salah dari tulisan ini mohon disampaikan.Terimakasih
Semoga bermanfaat.

2 Responses to "CARA MELIHAT KUMPULAN SKRIPSI UIN RADEN INTAN LAMPUNG SECARA ONLINE"

  1. Pas jadi mahasiswa tingkat akhir sih sering banget main2 ke repository kampus2. Nyari buat literatur yg terupdate. Tuntutannya begitu sekarang sih 😊

    ReplyDelete
  2. pihak univ memang harus memberikan fasilitas ini guna menunjang keperluan mahasiswa.. tidak sulit rasanya membangun database di era digital ini.. :)

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel