NOTULENSI DISKUSI ONLINE BIDIKMISI


DISKUSI ONLINE
INFO KULIAH | MESUJI
 

Hari/Tanggal       : Selasa, 6 Maret 2018
Pukul                    : 17.45 – 21.30 WIB
Tema                    : Kupas Tuntas Beasiswa Bidikmisi PTN/PTS
Fasilitator            : Siswati Arningtyas, Binti Listiani, Beni Primanto
Moderator           : Fajar Maulana
Notulen                : Debi Pranata



Overview
BEASISWA BIDIKMISI
Binti Listiani
UIN Raden Intan Lampung

Apa sih bidikmisi itu????
Bidikmisi adalah bantuan biaya dan kepada siswa yang kurang mampu dan berprestasi (memiliki potensi akademik yang baik). Ingat bidikmisi bukan merupakan beasiswa, ini anggapan salah yang beredar sampai saat ini.  Jika beasiswa itu merupakan hadiah/ penghargaan terhadap prestasi ( sesuatu yang bisa kita jual), sedangkan bidikmisi itu bantuan kepada siswa yang memiliki prestasi/ potensi akademik yang baik. Maksud prestasi / akademik yang baik adalah siswa dianggap mampu menyelesaikan studynya tepat pada waktunya yang dapat dilihat dari nilai raport.
So, ketentuan ini pasti semuanya memenuhi.
Khusus untuk kita siswa kabupaten Mesuji memiliki peluang yang sama dengan kabupaten-kabupaten lain karena bidikmisi bukan dibatasi kuota per kabupaten. Kesempatan kita lebih besar untuk bidikmisi, kenapa?? Kita liat kabupaten kita merupakan salah satu kabupaten baru dan banyak anggapan perekonomian juga belum mapan seperti kabupaten-kabupaten lain. Jadi peluangnya lebih besar.

Tunggu apa lagi, mikir apa lagi, ayoo pada daftar!!!!!

Untuk teknis pendaftaran bidikmisi terdapat perbedaan di tahun saya yaitu 2014 dengan tahun-tahun setelahnya. Di tahun 2014, pendaftran bidikmisi tidak melalui online tetapi langsung online ketika sudah dinyatakan ketrima di perguruan tinggi. Setelah berkas dikumpul, kita tinggal menunggu hasil pengumman saja, sekitar 2-3 bulan baru keluar pengumuman. Saat itu ada isu akan adanya survei rumah tetapi itu hanya isu saja dan tidak benar. Saat itu pendaftar sekitar 150 siswa dan ketrima 60 siswa. Bidikmisi ini dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan pendaftar dan kuota yang tersedia juga meningkat. Khusus untuk UIN di tahun 2017 ini diterima 144 siswa. Ini terbukti pemerintah sangat mendukung kita untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Hal ini berbeda sekali dengan tahun setelahnya sampai tahun 2017 kemaren, alur pendaftarannya khusus untuk perguruan Tinggi Agama. Langkah-langkah pendaftarannya : pilih perguruan tinggi Agama Yng diinginkan - Tentukan jalur masuk Universitas (misal SPANPTKIN / UMPTKIN) – pilih jalur bidikmisi – pendaftaran online – pemberkasan online sesuai yang di minta secara online – pemberkasan offline – wawancara – survey – pengumuman.

Dengan catatan ketika salah satu tahap gagal maka secara otomatis gagal diterima bidikmisi. Ketika kita gagal bidikmisi di jalur SPANPTKIN misal kita masih bisa daftar kembali melalui UMPTKIN.
Yang perlu digaris bawahi, khusu untuk Perguruan Tinggi Agama buka terlebih dahulu link pendaftaran masuk kuiahnya baru tersedia jalur bidikmisi atau regular, jika perguruan tinggi yang umum atau bukan agama buka link bidik misi langsung bisa.

TIPS AGAR DITERIMA BIDIKMISI
Siswati Arningtyas
Universitas Lampung

1. Kriteria harus terpenuhi

Pastikan adik-adik memenuhi kriteria utama, yakni kurang mampu dan berprestasi. Kalau adik-adik lari dari kedua kriteria ini, berarti adik-adik berambisi negatif. Meskipun niatnya tidak mau merepotkan orang tua dengan jalan mendapatkan beasiswa, banyak kok beasiswa di kampus yang cocok untuk semua mahasiswa yang mau mendapatkannya. Di semua jalur seleksi bidikmisi mengharuskan pendaftarnya untuk melengkapi borang di web beranda bidikmisi (kecuali bidikmisi pengganti on going). Nah di sana ada borang khusus untuk informasi ekonomi dan prestasi. Dalam pengisian ini, tidak menutup kemungkinan ada yang melakukan manipulasi. Contohnya ketika diminta mengupload foto rumah bagian depan, ada yang mengupload foto rumah bagian belakangnya sebagai foto rumah bagian depan. Contoh lain, ketika diminta untuk mengupload data prestasi non akademiknya, tidak menutup kemungkinan ada yang mengirimkan piagam yang bukan miliknya. Intinya harus jujur dan bisa dipertanggungjawabkan. Adik-adik bisa apply beasiswa ini ketika adik-adik masuk dalam kuota sekolah yang direkomendasikan. Kalau tidak yah, gak bisa daftar juga.

2. Persiapkan berkas

Sebelum mendaftar, adik-adik harus mempersiapkan beberapa item selain nilai raport. Seperti foto adik-adik, Kartu Indonesia Pintar, BSM, Surat Keterangan tidak mampu, tagihan rekening listrik, tagihan rekening air, sertifikat kegiatan, foto rumah, foto keluarga, tagihan Pajak Bumi Bangunan dan item lainnya. Pastikan semuanya lengkap dan jangan lupa diarsipkan. Karena setelah pengumuman bidikmisi, beberapa universitas meminta hardfile-nya bagi yang lolos.

3. Isi borang/formulir dengan teliti

Ketika mengisi borang/formulir isilah dengan seksama, jangan sampai ada yang terlupakan. Setelah diisi, pastikan dicek kembali sebelum disubmit. Setelah semua fiks, cetak data diri pendaftar dan kartu pendaftaran bidikmisi.

4. Pilih Jalur Masuk yang tepat

Jalur masuk perguruan tinggi untuk mendapatkan beasiswa bidikmisi pada umumnya ada 3, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan mandiri (setelah masuk kuliah) namun ada pula beberapa perguruan tinggi yang menerima mahasiswa bidikmisi melalui bidikmisi tambahan. Berikut penjelasannya:

SNMPTN merupakan jalur masuk Perguruan Tinggi tanpa tes secara nasional. Hanya melalui tahap penyeleksian berkas.

SBMPTN merupakan jalur masuk perguruan tinggi melalui tes tertulis secara nasional dan juga praktek untuk beberapa jurusan tertentu.

MANDIRI maksudnya bukan jalur mandiri masuk kampus akan tetapi jalur ini dibuka setelah siswa dinyatakan diterima oleh Perguruan Tinggi tersebut. Jalur ini dibuka ketika kuota bidikmisi belum terpenuhi dengan jalur SNMPTN dan SBMPTN.

5. Pilih Jurusan yang tepat

Saat memilih jurusan, adik-adik harus lihat background adik-adik. Kalau adik-adik dari jurusan IPS atau setara dengan IPS, adik-adik sebaiknya pilih jurusan yang tidak jauh dari bidangmu yaitu jurusan Soshum. Adik-adik juga sebaiknya memilih jurusan Saintek jika adik-adik berasal dari jurusan IPA. Sekedar info nih, di tahap seleksi ada 3 pilihan jurusan yaitu IPA, IPS dan IPC. Pada jurusan IPA, adik-adik hanya bisa memilih jurusan Saintek saja, pada jurusan IPS juga adik-adik hanya bisa memilih jurusan soshum dan pada jurusan IPC adik-adik bisa pilih semua jurusan yang adik-adik suka. Satu keunggulan buat adik-adik anak IPA, peluang adik-adik lolos ketika ambil IPC akan bagus, terlebih lagi jika pilihanmu jatuh di soshum. Dalam memilih Jurusan , usahakan adik-adik memilih jurusan lain yang juga adik-adik sukai yang menjadi cadangan. Perlu adik-adik ketahui, nilai mata pelajaran yang berkaitan dengan jurusan yang adik-adik pilih sangat berpengaruh dan juga kegiatan ekstrakurikuler dan perlombaan yang relevan.

6. Pilih Universitas/PT yang tepat

Universitas yang adik-adik pilih, usahakan Universitas terbaik yang adik-adik yakini dan sanggupi. Universitas yang baik dan bergengsi salah satunya bisa diketahui dari akreditasinya. Sekedar Informasi, Universitas Lampung  sendiri saat ini berakreditasi A. Tidak semua perguruan tinggi memiliki program beasiswa bidikmisi. Cari juga informasi kuota penerima bidikmisi universitas yang akan adik-adik tuju. Jika tidak ada perubahan, kuota Unila tahun ini sekitar 900 mahasiswa.

7. Banyak bertanya

Sudah tau kan jika malu bertanya maka akan sesat di jalan. Nah, bagi adik-adik sebaiknya sering bertanya, bisa ke kakak kelas yang menerima bidikmisi, guru, dan orang-orang yang paham dengan bidikmisi.

8. Berusaha

Saat pengurusan berkas, jangan pernah patah semangat. Usahakan apa yang sudah seharusnya adik-adik perjuangkan. Apabila adik-adik tidak lolos di tahap SNMPTN, jangan menyerah. Adik-adik masih bisa daftar di SBMPTN secara gratis, kalau belum paham caranya silahkan baca petunjuk teknis daftar SBMPTN. Jangan Cuma daftar yah, belajar ekstra untuk itu. Jangan meremehkan soal SBMPTN. Kalau tidak lolos adik-adik masih bisa ikut jalur mandiri kampus jika dibuka.

9. Restu Orang tua

Minta restu orangtua sangat penting, agar apa yang adik-adik lakukan mendapat ridho Allah.
10. Berdoa

Berdo’a dan terus mendekatkan diri kepada Allah, agar apa yang kau cita-citakan lebih mudah untuk tercapai.
________________
Sesi Tanya Jawab

Pertanyaan
Nama: Mefia Ginarti
Kelas: XII IPS
Asal sekolah: SMA N 1 TANJUNG RAYA

Pendaftaran bidikmisi terakhir pada tanggal berapa kak?
Jawaban: Terakhir pendaftaran bidikmisi itu ketika semua jalur pendaftaran ke universitasnya ditutup juga. Jadi selama masih ada jalur masuk ke universitas,  jalur bidikmisi masih bisa.

Pertanyaan
Nama: Ana Septia
Kelas: XII IPS
Asal sekolah: SMA N 1 TANJUNG RAYA

kak , bidikmisi itu, kan kita daftar SNMPTN misal di UNY dan di UNILA nah itu kalau kita ketrima SNMPTN nya di UNILA itu kita juga keterima di bidikmisi unila atau gimana si? Terimakasih
Jawaban: penerimaan bidikmisi ini akan mengikuti kampus yang menerimamu melalui SNMPTN atau pun SBMPTN. Akan tetapi, ketika kamu diterima di PTN sebagai mahasiswa belum menjamin diterima juga bidikmisinya. Seperti halnya di Unila ketika lolos SNMPTN/SBMPTN masih ada pemberkasan/daftar ulang terlebih dahulu. Setelah itu, baru pemberkasan dan wawancara bidikmisi. Tahap inilah yang menentukan diterima atau tidaknya sebagai mahasiswa bidikmisi.

Pertanyaan
Nama: Gilang hernando
Kelas: XII IPA
Asal sekolah:SMA MUHAMMADIYAH MT

Bagaimana jika salah satu berkas yaitu KIP dan KIS hilang kak?
Jawaban: Untuk mendapatkan kode dan no ada 3 cara dek, yang pertama melalui rekomendasi sekolah, melalui daftar sendiri (bisa menggunakan KIP, BSM, & KPS jika mempunyai tetapi jika tidak bisa daftar sendiri dengan hanya menggunakan NISN saja), yang terakhir melalui pembaruan akun.
Pertanyaan
Nama: RizkyAyu Widyasari
Kelas: XII IPS
Asal sekolah: SMAN 1 Mesuji Timur

Bidik misi itu gratis d kuliahnya apa d biaya hidupnya ka, apa dua2nya ?
Jawaban: Bisa untuk dua"nya dek, jika kamu mampu berhemat hehe
Di Unila setiap semesternya mendapatkan uang saku sebesar Rp.6.300.000. Dipotong untuk UKT (uang kuliah tunggal) 2.400.000 jadi sisa 3.900.000 ini untuk biaya hidup yang akan diberikan setiap tri wulan. Untuk mahasiswa baru biasanya akan mendapatkan uang makan dan transportasi tambahan juga (cuma mahasiswa baru loh ya), semakin jauh daerahnya maka semakin besar dana yang diterima :)
Bidikmisi membebaskan kita dari biaya kuliah (spp) dan biaya hidup.
Per kampus biasanya berbeda tahap pencairannya. Misal di UIN iti kotornya 6 juta, dipotong 2,1 juta untuk spp dan asrama. Tetapi jika kita tidak asrama maka boleh diambil kembali 900.
Jadi kita menyisakan uang bidimisi sebesar spp kita. Selebihnya bisa diambil untuk biaya hidup.

Pertanyaan
Nama: Anggi aditya putri
Kelas: XII ipa
Asal sekolah: SMA N1 Mesuji Timur

kak kalo udah daftar bidikmisi terus seandainya ga lulus snmptn/sbmptn terus kita mau daftar lagi di jalur umum/mandiri ptn kita harus daftar bidikmisinya lagi ngga kak?
Jawaban: Kalau di Unila tidak bisa dek. Di Unila hanya bisa melalui SNMPTN/SBMPTN. Jika kedua jalur tersebut belum terpenuhi kuotanya, maka akan ada pembukaan secara manual setelah masuk perkuliahan.

Pertanyaan
Nama: siti inayah
Kelas: XII IPA
Asal sekolah:SMA N 1 Tanjung raya

kak pengumuman ketrima atau enggaknya bidik misi itu kapan si?
Jawaban: Tergantung kebijakan kampus dek. Jika tahao demi tahap lolos maka finalnya pengumumannya berbeda2 per kampus.

Closing Statement
  1. Niat dulu kuliah, beasiswa tidak hanya bidikmisi. Kalau sudah msuk kampus akan banyak penawaran-penawaran beasiswa,
  2. Jangan malas, usaha semaksimal mungkin. Jika kamu mau lewat jalur beasiswa maka akan banyak langkah yang harus kamu tempuh menyiapkan berkasi dan sebagainya,
  3. Jangan lupa berdoa.
  4. Download pedoman dan petunjuk teknis bidikmisi di Website resmi bidikmisi 2018: https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
_Salam prestasi_
Semoga Bermanfaat :)

0 Response to "NOTULENSI DISKUSI ONLINE BIDIKMISI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel