BAGAIMANA BISA ON TIME ?

Foto Pribadi (Sandi's clock)
Fajar pun semakin cepat bergulir ke atas tanpa permisi kepada sang bulan hingga mengalahkan cahayanya. Pagi menajajaki mimpi yang belum juga tercapai atau bahkan terancang dengan baik. Tanpa sadar kerinduan itu datang, rindu untuk menulis. Menarikan jari jemari diatas keyboard qwerty. Cling…

Ada apa dengan on time ?

On time kadang juga dibilang tepat waktu, satu kata yang kita semua sepakat akan kebenaran dan keberadaannya. Namun banyak diantara kita yang sengaja atau tanpa sengaja mengingkari kebenaran dan meniadakan keberadaanya dengan banyak dalih yang kadang kurang bisa diterima. Jika tak dikawal dengan aturan dan sanksi yang tegas kita sering menyepelekan dan menghiraukan begitu saja. Yang sangat disayangkan para penegak kedisiplinan juga sejauh ini banyak yang ingkar terhadapnya.

Tepat waktu merupakan salah satu cara Tuhan mengajarkan kepada diri kita untuk taat aturan yang telah kita buat sendiri, merupakan komitmen seseorang untuk menepati janji yang telah dibuatnya berdasarkan kesepakatan bersama. Tepat waktu tak melulu soal janji tapi lebih luas dari itu jika kita mau memandangnya dari segala sisi.

Mungkin kamu adalah salah seorang yang memperjuangkan on time, berjuang agar bisa memenuhi janji tepat waktu di antara sekian orang yang juga memiliki sikap yang sama sepertimu. Ah, rasanya sudah tak bisa lagi aku menghitung berapa pertemuan yang telah kubuat dan Alhamdulillah aku berhasil memenuhinya dengan tepat waktu. Nah sekarang aku tak akan bercerita panjang tentang kisahku untuk menggapai itu dalam segi orang lain terhadapku, akan kukemas dalam bentuk langkah-langkah jitu yang baik untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. LURUSKAN NIAT

PERTAMA, luruskan niat kita. Klasik ya … ya memang begini adanya, semua berawal dari niat kemudian turun kehati jadilah sebuah mahakarya indah yang penuh akan cinta. (#eh) niatmu bisa mempengaruhi semua lakon dan tingkahmu menjalani sesi hidup itu.  Datang on time dan tepat waktu niatkan  karena Allah semata, untuk beribadah kepadaNya. Toh apasih ruginya datang tepat waktu ?, rugi buang-buang waktu nungguin yang lain sering datang telat ? yah itu mah bisikan setan special buat kamu agar tidak datang tepat waktu. Sadari itu. Niat yang buruk terkait ontime miaslnya kamu datang tepat waktu karena ingin dipuji atasan atau di cap orang terdisiplin sedunia dan kamu bahagia dengan pujian-pujian itu, dan kamu bangga dengan diri kamu sendiri. Duh… meruginya jika kamu bertindak demikian.

Yang pasti tetapkan dalam hatimu terlebih dahulu, niatkan bahwa kamu akan bersikap on time dalam kondisi apapun itu. Pelan-pelan terus perjuangkan sampai sifat itu mendarah daging dalam jiwamu. Aku tahu itu berat, tapi aku tahu kita bisa. Maka mari lakukan. ontime.

2. ON TIME MENYANGKUT HARGA DIRI

KEDUA, kita harus sama-sama sepakat bahwa on time itu adalah sifat baik yang harus kita amalkan bukan sekedar kita benarkan keberadaannya. Disisi lain, kita juga harus sepakat dengan poin yang saya tuliskan bahwa on time menyangkut harga diri. Selebay itukah ? iya. Karena apapun jika tidak di lebihkan maka kita akan terbuai dengan tradisi yang notabene meyamar-nyamarkan yang baik dan membenarkan yang kurang baik. 

Harga dirimu ada pada dimana kamu meletakkan kata on time dalam benakmu. Hari ini orang pintar secara teoritis itu buanyak, tapi orang berkarakter itu terbatas. Dan salah satu karakter baik yang  wajib kita terapkan dalam hidup kita salah satunya yaitu on time. 

Menyangkut harga diri, ya… tentu kita tidak mau jika di cap seorang yang suka telat-an jika berkumpul dalam kepentingan apapun itu. Coba dimulai dari sekarang, sikap malu untuk datang terlambat, jika belum ada diada-adakan, paksakan ada. Walaupun sebenarnya rekan seperjuanganmu atau bahkan semesta menganggap hal itu biasa saja. Tapi kamu tidak boleh bersikap demikian. Inget sob, on time menyangkut hargadiri.

3. MERENCANAKAN ON TIME

KETIGA, setelah kamu meluruskan niat yang ada dalam hatimu, kemudian kamu meyakini bahwa ontime itu menyangkut harga diri, hal selanjutnya yang musti dilaksanakan adalah merencanakan niat baikmu itu (on time).

Hal sekecil apapun sejatinya perlu direncanakan, terlepas dari kamu adalah tipe orang yang kurang atau bahkan tidak suka berencana. Silahkan rencanakan ini sesuai dengan versimu sendiri, tidak harus tertulis rapi dalam catatan harian atau paper reminder lainnya. Yakinlah, bahwa segala sesuatu yang sudah di rencanakan akan berjalan sesuai rencana, bahwa gagal merencanakan sama saja merencanakan kegagalan.

Siapkan segala keperluanmu untuk hadir memenuhi janjimu itu sekurang-kurangnya 3 jam sebelum waktu pelaksaan. Pertimbangkan juga waktu tempuh yang kamu butuhkan untuk datang ketempat tujuan itu. Ijin dengan orang-orang yang bersangkutan jika diperlukan serta rencanakan apa-apa yang perlu kamu rencanakan  untuk menunjang ke on time-an mu itu.

4. BUAT CHALLENGE ON TIME

KEEMPAT, ini bagian untuk hiburan semata sebenarnya, tapi juga tak kalah penting untuk di terapkan. Ada beberapa orang yang suka sekali dengan persaingan, dilain sisi juga ada orang-orang sangat tidak menyukai persaingan. Bersaing itu menyangkut brand diri sindiri jika berhasil memenangkan challenge tersebut. Apapun itu bentuknya. Senang bukan rasanya kija kita berhasil memenangkan sebuah event perlombaan atau lolos seleksi misalnya. Itulah gambaran dari persaingan. Jika ada persaingan maka akan akan ada perjuangan. Disinilah poin pentingnya, perjuangan. Apapun harus kita perjuangkan dong termasuk on time ini. 

Coba sesekali kamu buat kesepakan bersama rekan kerja atau siapapun yang terlibat dalam janji pertemuan itu membuat sebuah challenge on time dan berika reward  bagi siapapun yang berhasil memenangkannya. Sederhana saja. Traktir makan siang misalnya. Hehe. Pasti pertemuanmu akan lebih berwarna dan ngangenin pastinya. Berlomba-lomba dalam kebaikan kan di anjurkan sob. Jadi mari kita berlomba.

Disamping keempat hal diatas yang bisa kamu lakukan, kamu juga bisa memodifikasi dan merekayasa hidupmu agar kamu lebih disiplin lagi dengan cara-cara humanis dan tentunya kamu sukai. Kamu juga bisa buat punishmen terhadap diri kamu sendiri jika kamu tidak datang tepat waktu, atau lain sebagainya. Yang jelas jangan takut untuk berubah menjadi lebih baik. Seberat apapun itu coba  lakukan dulu. Tidak ada yang lebih berat di dunia ini kecuali istiqomah sobat.

Terus berbuat kebaikan, memberikan sejuta inspirasi kepada orang-orang disekelilingmu. Jangan lemah, jangan lelah. Teruslah bergerak, merangkak, meski sedikit, yang penting kamu tidak diam. Ajak orang-orang disekelilingmu untuk bisa on time dengan sikapmu yang juga mengamalkan ke ontime an itu. Ajak terus. Maka secara tidak sadar kamu terbius dan terkekang untuk terus on time.

Bisa kita bayangkan bersama, betapa indahnya jika semua peserta atau kolega janji kita datang tepat waktu. Alangkah teraturnya hidup ini. yang aku tahu bahwa keteraturan akan menghasilkan hal yang baik. Mari mulai dari diri sendiri. Mari sama-sama belajar. Semoga Tuhan menganugerahkan komitmen dalam hati kita untuk bisa bersikap on time.

Sekian, semoga postingan bermanfaat.
Jika ada hal baik yang bisa dilakukan untuk menunjang ketepatan waktu, mohon kesediannya untuk ditambahkan dikolom komentar dibawah. Semoga menjadi amal jariah. Terimakasih. Salam hangat dari saya :)

0 Response to "BAGAIMANA BISA ON TIME ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel