KERENNYA TALKSHOW JURNALISTIK DAN KEPENULISAN CO.ID TEAM BAPINDA UIN LAMPUNG

Assalamualaikum.wr.wb

Oke para pembaca yang budiman dan beriman  semoga rahmat serta hidayah Allah senantiasa tertuju kepada kita selaku hamba yang ingin senantiasa memperbaiki diri. Hari ini, sabtu 11 November 2017  bertempat di aula fakultas Ushuluddin baru saja dilaksanakan acara TALKSHOW JURNALISTIK DAN KEPENULISAN. Acara yang mengangkat tema “ satu goresan sejuta perubahan” ini dilaksanakan oleh media center LDK yang ada dikampus UIN Raden Intan Lampung. Suksesnya acara ini juga didukung oleh FSLDK Lampung, Daarut Tauhid, Kominat Tapis Bloger, dan jejamo.com.

Menulis, akhir-akhir ini menjadi trending di Negara Indonesia (dunia bahkan). Gerakan Literasi Nasional sedang digaungkan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan sejak 2016 lalu. Namun, pada tahun ini kembali di boomingkan oleh kemendikbud bersama duta baca Indonesia Najwa sihab dalam  peringatan hari sumpah pemuda kemarin. “Kemajuan sebuah bangsa, salah satunya ditentukan dengan budaya literat warganya” kata menteri pendidikan dan kebudayaan Muhadjir Efendi dalam sambutan di buku panduan GLN. Menumbuhkan minat baca bagi generasi muda menjadi PR besar kita semua. Tentunya tidak lain dan tidak bukan budaya literasi ini bertujuan untuk memperbaiki budi pekerti bangsa ini. Langkah berikutnya bagi yang sudah menyadari pentingnya membaca tentunya adalah menulis.

Semakin banyak penulis-penulis/ jurnalis maka akan semain mengangkat citra positif instansi juga. Banyak sekali beasiswa, melamar pekerjaan dan lain-lain membutuhkan karya tulisan. Maka penting sifatnya untuk mengikuti kegiatan-kegiatan edukatif seperti yang diselanggarakan tim media center (co.id team UKM Bapinda) dan jajarannya ini. saya jadi teringat kalimat penyesalan yang dilontarkan mahasiswi  exchange student yang diundang dalam acara kick Andy beberapa waktu lalu “saya menyesal selama saya kuliah S1 saya tidak mempunyai karya tulis berupa apapun, padahal itu bisa menjadi poin plus bagi pelamar beasiswa” katanya. Jadi ayo menulis, apapun.

Berangkat dari hal tersebut diatas, maka tepat sekali bapinda mengadakan agenda ini. Antusias peserta yang luar biasa, pukul 07.30 WIB ruangan sudah dipenuhi peserta, padahal pesertanya tidak hanya berasal dari kampus UIN Randen Intan saja. Beberapa siswa SMAN 4 Bandar Lampung, SMK BLK, mahasiswa UNILA, UTB dan umum juga turut berpartisipasi dalam agenda keren ini.

Dengan hanya membayar uang pendaftaran sebesar 10K peserta sudah bisa menikmati berbagai fasilitas berupa snack, sertifikat, gantungan kunci  dan tentunya ilmu yang sangat tak sebanding dengan fee yang dibayarkan. Panitia menghadirkan bang Adian saputra seorang junalis yang sudah aktif menulis sejak kuliah, punya pengalaman kerja di Lampost 10 tahun, 2 tahun di duajurai.co dan sekarang menjadi pimpinan redaksi  di jejamo.com portal berita online terupdate dan terpercaya Lampung sudah suangat banyak pengalaman dan ilmu dan benar-benar expert di dunia jurnalistik. Tidak hanya itu, ternyata pemateri yang satu ini juga merupakan salah satu dosen jurusan KPI FDIK UIN Raden Intan. Mantap dah.

Pemateri kedua Ummi Naqiyyah Syam seorang penulis buku, ketua komunitas tapis blogger Lampung dan smart mom dengan 3 orang anak ini sangat menginspirasi, menyampaikan materi dengan gaya ke ibuanya. Beliau mengisahkan tentang awal berdirinya komunitas blog terbesar di Lampung yakni tapis bloger  dari awal hingga dimasa keemasannya seperti sekarang ini. Sama seperti bang Adian, Ummi Naqiyyah Syam juga sudah aktif menulis sejak awal kuliah, dari sekedar hobi mencurahkan isi hati, sampai ke menulis sebagai bagian untuk mendapatkan uang. Blogger dengan nama asli Sri Rahayu ini juga seorang penulis buku antologi, salah satu karya terbaiknya adalah buku tentang 64 sahabat nabi yang beliau tulis bersama teman-temannya yang pemesan (PO) dari buku tu sampai saat ini sudah mencapai 4000an. Pasti teman-teman mau tau kan ya detil materi yang disampaikan oleh pemateri-pemateri kece ini ? Nantikan dipostingan saya berikutnya. InsyaAllah.

Acara-acara semacam ini memang berhasil menyedot perhatian orang-orang yang tertarik dalam dunia kepenulisan termasuk saya dan teman-teman yang hadir. “Memang tujuan ini diselenggarakan bermaksud untuk memfasilitasi teman-teman yang ingin belajar tentang jurnalistik dan kepenulisan, juga sebagai upaya untuk melahirkan penulis/jurnalis yang mempunyai loyalitas dan jujur, tidak menyebarkan berita hoax dan tindak tercela lainnya” kata Rivan Zainuri ketua pelaksana talkshow.

Amri diantoro selaku ketua umum UKM Bapinda dalam sambutannya memaparkan kepada 163 peserta bahwa agenda ini merupakan bagian dari rangkaian agenda LATANSA 2017 milad UKM Bapinda. “Setelah sukses menggelar seminar kewirausahaan daerah, minggu ini seminar jurnalistik dan kepenulisan, dan minggu depan bakal ada seminar kepribadian muslim untuk para muslimah” Terangnya.

Ricky Lendra Dinata peserta yang tercatat sebagai mahasiswa Farmasi UTB memaparkan bahwa dirinya juga merupakan member dari tapis bloger yang akhir-akhir ini bad mood untuk menulis akibat viewer blognya yang menurun. “ Dari kegiatan ini saya termotivasi kembali untuk menulis dan aktif nge-blog lagi, saya juga akan menuangkan ilmu kefarmasian saya dalam bentuk tulisan” paparnya saat saya Tanya kesan setelah mengikuti agenda via WhatsApp.

Apresiasi terbaik dari saya pribadi khususnya kepada segenap panitia yang berhasil dengan sukses menyelenggarakan agenda ini. kedepan akan lebih menarik jika dibuat pelatihan jurnalistik dan kepenulisan dengan mengajak peserta terjun langsung ke kantor-kantor madia di Lampung baik on line ataupun Off Line. Menulis bagi saya adalah kebutuhan, kita butuh menulis agar rekam jejak kita selama hidup didunia terlacak. Menulis juga upaya untuk menebar kebaikan. Writing is my choice. “Semua penulis akan mati, hanya karyanyalah yang akan abadi, maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakanmu di akhirat “ (Ali bin Abu Thalib)

Lalu, apa arti menulis buat kamu ?
[tulis pendapat kamu tentang menulis dikolom komentar dibawah. 2 komentar terbaik mendapatkan pulsa 10.000 GRATIS dari debipranata1.blogspot.co.id | DL 30 Desember 2017] KUY MENULIS. – ini serius.
Semoga bermanfaat. Salam literasi.

6 Responses to "KERENNYA TALKSHOW JURNALISTIK DAN KEPENULISAN CO.ID TEAM BAPINDA UIN LAMPUNG"

  1. Menurut saya menulis kegiatan menuangkan pikiran, gagasan, dan perasaan seseorang yang diungkapkan dalam selembaran kertas.
    Menulis menuangkan ggasan yg penuh makna dan terrencana dan sebuah kegiatan yg positif dengan melatih diri menjadi lebih istiqomah dan menjadi informsi baru bagiborang lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay anggun, mohon maaf atas keterlambatannya. sejak desember lalu tidak membuka blog. oiya. bisa kirim nomor telp kamu untuk mendapat pulasa yang dijanjikan diatas ? kirim nomor kamu ke DM ig @debi_pranata ya, aku tunggu. terimakasih.

      Delete
  2. Menulis adalah suatu cara kita mengungkap apa yang kita rasakan melalui tulisan diatas kertas, meluapkan ide, pikiran, gagasan yang kita punya agar abadi menjadi suatu karya tulisan agar setiap moment yang kita lalui akan terniang di dalam pikiran dan d tuangkan melalui tulisan, menulis adalah suatu kegiatan yang kita lakukan menjadi suatu kenangan yang suatu saat kejadian yang pernh kita lalui yang kita tulis dalam suatu tulisan dapat kita kenang dan kita lihat di tulisan yang pernh kita tulis agar menjadi suatu memori

    ReplyDelete
    Replies
    1. hay anita yulandarai, mohon maaf ya atas keterlambatannya. sudah lama tak membuka blog dan ini baru stalking lagi. selamat kamu mendapatkan pulasa seperti yang dijanjikan diatas. oiya silahkan kirimkan nomor telpon kamu yang akan di isikan pulsa ya, DM ke ig @debi_pranata. aku tunggu ya. terimakasih.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel