MAKNA LOGO KABUPATEN MESUJI

LOGO MESUJI
Mesuji merupakan kabupaten yang tergolong baru di Propinsi Lampung dengan usia yang masih belia, yakni 9 tahun tepat pada 26 november 2017 lalu. setiap kabupaten di Indonesia sudah pasti memiliki lambang dan slogan daerah untuk mencerminkan kekhasan daerahnya. begitupun dengan kabupaten Mesuji. Namun tahukah kalian bahwa lambang dan slogan Mesuji sudah mengalami perubahan saat ini. barangkali banyak diantara kita yang belum tahu akan perubahan ini tujuan dari tulisan ini adalah untuk menyampaikan pesan perubahan lambang dan slogan Mesuji kepada masyarakat pada umumnya.

Pada tanggal 26 Juli 2017 dalam rapat paripurna DPRD atau lebih tepatnya Raperda membahas tentang tentang perubahan perda nomor 5 tahun 2011 tentang Lambang Daerah. Kata Bapak Fuad Amrulloh, selaku ketua DPRD Mesuji, perubahan Lambang Daerah ini merupakan usulan pemerintah kabupaten Mesuji. Perubahan Lambang Daerah itu merupakan koreksi tokoh-tokoh masyarakat kabupaten Mesuji dan kajian dari para anggota DPRD Mesuji. 

Lambang Daerah yang lama yang dikoreksi ada di gambar pohon Sawit dan pohon Karet. Karena pohon Sawit dan pohon Karet tidak bisa dijadikan lambang, dikarenakan sifatnya berubah-rubah.Sebagai contoh jika dikemudian hari ketika pohon Sawit dan Karet sudah tidak ada lagi di kabupaten Mesuji, maka sudah tidak lagi relavan, dari itu tidak bisa dijadikan bentuk dari simbol budaya di kabupaten Mesuji. Sementara untuk air dan perahu itu tidak di hilangkan, karena itu merupakan simbol dari budaya.

Nah untuk slogan atau semboyan juga turut mengalami perubahan, yang semula Sai Bumi Serasan Segawe menjadi Bumi Ragam Begawe Caram.  kalimat ini diambil dari Bahasa Mesuji yang memiliki makna Kabupaten Mesuji yang dihuni oleh masyarakat yang bekerja cepat, damai, dalam kebersamaan dan gotong royong.


Dengan perubahan lambang daerah ini diharapkan semakin dapat mewakili kondisi Kabupaten Mesuji yang ada sesuai dengan potensi dan kekayaan alamnya, dan masyarakat yang beraneka ragam yang hidup harmonis, damai, dan penuh kegotong-royongan.

nama MESUJI sendiri memiliki kepanjang, saya juga belum tau pasti kepanjangan ini sudah ada sejak awal terplaning sebelum nama mesuji itu diketemukan atau dibuat setelah seudah ada nama mesuji. Tapi apapun kalau maknanya bagus tetao keren.

Mulia
Elok
Santun
Unggul
Jujur
Iman

Sekian. semoga postingan ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel