SUMPAH PEMUDA BAGIKU


Sabtu, 28 Oktober 2017, bangsa Indonesia memperingati hari sumpah pemuda. Ini salah satu uniknya negeriku selalu, saja ada hari-hari special yang diperingati pada tanggal-tanggal tertentu. Baru kemarin kita peringati sebagai hari blogger nasional. Kedepan saya yakin bakal bermunculan hari-hari baru lainnya. Sungguh suatu tradisi yang menurut saya ada keunikan tersendiri jika dibedah.

Apakah kamu termasuk pemudah yang nasionalis ? atau, kamu tipe pemuda yang agamis ? atau mungkin saintis yang realistis ?. tidak. Sungguh pemuda bukan untuk memetakan dirinya ada dimana tapi ia haruslah menjadi pemuda yang mencakup semuanya. pemuda yang seutuhnya mencintai negeri ini, Indonesia dengan cinta yang sesungguhnya bukan cinta yang palsu penuh dengan semak yang mengharu biru.

Tak perlu kau wahai pemuda menjustifikasi ia yang suka dan rajin kemasjid adalah pemuda yang agamis, anti NKRI dan lain sebagainya, juga tak perlu kau yang dengan nyata kau yang menjujung tinggi agama diatas segalanya menjustifikasi mereka yang kadang agak bandel bersyiar secara nyata.
Pemuda, kau mempunyai tugas yang sangat besar. Dulu wakilmu sudah mengikrarkan diri untuk menumpahkan darah untuk bangsa ini, untuk sepenuhnya mencintai negeri tanah air ini, dan akan berbahasa yang satu yakni bahasa Indonesia. kita mesti berdamai, dengan diri sendiri dan dengan yang lain.

Sudah kah kau melakukan itu semua ?

Sungguh kita bisa memaknai itu semua dengan perspektif masing-masing. Akan ada banyak perubahan yang akan terjadi ketika memang masing-masing diantara individu melakukan itu khususnya kaum muda. Menurutku tak harus kau mengambil perspektif orang lain sekalipun itu orang yang benar-benar penting di negeri ini, yang terprnting semua makna itu satu, yakni untuk membuatperudbahan diri yang lebih baik kedepan. Sungguh itu akan sanagt indah, teratur dan menyenangkan.

Mencintai tanah air ini ada banyak cara, bahkan jika kita menilik dari kehidupan satu orang dan kita bisa mengambil bagaimana ia mencintai, ya itulah makna yang terurai dan aka ada banyak sekali yang memberikan tanggapan bahwa ia mencintai, sebegitu banyaklah kecintaan yang bisa diberikan terhadap bangsa ini oleh tiap-tiap orang.

Mari cintai negeri ini dengan karya dan keimanan pada Tuhan yang maha Esa, jaga alamnya. sampai Dia sang scenario alam terbaik mengatakan kamu harus pulang.
Selamat hari sumpah pemuda, 28 oktober 2017.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel