PROGRAM KERJA DAN PENGEMBANGANNYA (MADRASAH LDK UIN RIL)



Oleh : Istiqomah Yunus (sekum Hamas, Sekum Bapinda)

14 Oktober 2017, pukul 13.20 @MR.FU


Rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan, atau program kerja juga bisa disebut sebagai suatu rencana yang dibuat dalam jangka waktu tertentu yang disepakati oleh pengurus. Dalam menyusun sebuah program kerja harus jelas manfaatnya, jangan sampai menyusun sebuah program kerja tapi kebermanfaatan tidak sesuai dengan visi suatu organisasi/ bidang.

Dari segi manfaat program kerja haruslah :
1.    Efektif : sinkron, program kerja yang di buat haruslah sesuai dengan bidang-bidang lain dan keadaan yang sedang berlaku.
2.    Efesien : focus, agar dalam melaksanakan amanah dalam kepengurusan dengan baik.
Jenis-jenis program kerja  :
1.    Berdasarkan waktu perencanaan.
2.    Sifat progja : kontinyu, dadakan, tentative.
Target dan tujuan : harus jelas siapakah yang akan merasakan (peserta) dalam kegiatan yang kita laksanakan.

PENGEMBANGAN
Suatu proses yang meliputi rangkaian perencanaan yang sistematis dan terstruktur. Pengembangan adalah sebuah proses. Ketika kita memiliki progja tetapi tidak berikhtiar untuk meningkatkan kualitas dari progja tersebut maka tidak akan ada perbaikan.

Bagaimana pengembangan program kerja ?
dalam mengembangkan program kerja kita harus memiliki ide, dengan menganalisis keadaan sekitar. Untuk anggota baru, pasti belum memiliki gambaran bagaimana program kerja. Tahapan awal yang harus mereka lalui agar faham tentang keorganisasian khususnya program kerja wajib hadir dalam agenda raker (rapat kerja). Disinilah tempat kita mencurahkan segala ide kreatif yang bersifat membangun untuk perbaikan dalam sebuah orgaanisasi. Ketika kamu memiliki ide, maka keluarkan, jangan biarkan dia hilang begitu saja ditelan waktu. Ide itu bisa di umpakan buak yang masak. Ketika tidak kita manfaatkan/ ambil makan akan bususk begitu saja.

Belajar dari sejarah. Pastilah kamu bisa mengambil pelajaran dari yang sudah dilaksanakan oleh pengurus tahun lalu/demisioner. Dalam mengembangkan sebuah progja perlu kita  mengadopsi dan menggunakan rumus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

Program kerja bisa tergeserkan waktu dan kedudukannya apabila ada ilanat (perintah) wajib yang harus dikerjakan (secara kepentingan lebih penting).

Oke, saya pikir cukup sekian dulu materi yang  bisa saya share. Untuk manambah referensi silahkan teman-teman bisa baca materi-materi tentang management organisasi, etc.
Selamat berproses di organisasi masing. Berorganisasi nggak ada ruginya.
Semoga bermanfaat :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel